Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Cek Apasaja Manfaatnya!

Sumber : https://i0.wp.com/

Manfaat pemanasan sebelum olahraga– Olahraga merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Berbagai jenis olahraga dapat kita lakukan untuk melatih daya tahan tubuh. Sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga ada satu hal yang wajib Anda lakukan, yakni pemanasan.

Pemanasan sebelum berolahraga merupakan hal yang penting. Dengan adanya pemanasan sebelum berolahraga, tubuh dapat semakin memaksimallkan latihan dan juga meminimalisir risiko terjadinya cedera.

Melakukan pemanasan bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mempersiapkan organ dalam seperti fungsi jantung, paru-paru, serta otot Anda untuk fase yang lebih berat serta menguras tenaga.

Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan hal ini. Meskipun, mereka tahu pemanasan sebelum berolahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh saat melakukan olahraga.

Berikut ini, beberapa manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang wajib kamu ketahui, simak hingga akhir ulasan berikut ya!

Baca Juga : Apa Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan? Yuk, Cari Tahu Disini!

 

Meningkatkan suhu otot tubuh

Sumber : https://s2.bukalapak.com/

Manfaat pertama yang akan Anda dapat yakni membantu dalam meningkatkan suhu otot. Suhu otot yang mengalami peningkat dapat bekerja lebih kuat dan lebih mudah dirilekskan.

Hal ini lah yang dipercaya dapat mengurangi risiko otot meregang berlebihan. Temperatur dalam tubuh secara keseluruhan juga akan meningkat, sehingga akan meningkatkan keelastisan otot.

Hal ini dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Kuning Telur Bebek Bagi Kesehatan, Yuk, Simak Ulasannya!

 

Manfaat pemanasan sebelum olahraga, kurangi risiko cedera

Manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya cedera. Mungkin manfaat dari pemanasan yang satu ini sudah banyak diketahui banyak orang dari berbagai kalangan.

Pemanasan yang Anda lakukan sebelum olahraga mampu meningkatkan elastisitas otot, sehingga memungkinkan otot untuk melakukan pendinginan yang lebih efisien.

Berarti hal ini memungkinkan untuk meminimkan resiko cedera serta terkena overheating selama latihan berlangsung.

 

Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat yang akan kamu dapat selanjutnya yakni pemanasan dapat bantu dalam meningkatkan kelenturan tubuh. Peregangan merupakan hal yang wajib dijalankan selama pemanasan.

Ternyata hal ini dipercaya dapat bantu dalam meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga memungkinkan tubuh agar semakin lentur, baik dalam jangka waktu pendek ataupun jangka panjang.

Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan setelah Anda selesai melakukan pemanasan, karena jika Anda melakukan peregangan saat otot tak cukup hangat, dapat menyebabkan cedera.

Baca Juga : Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

 

Menyiapkan diri untuk mengangkat beban berat di Gym

Sumber : https://economictimes.indiatimes.com/

Mempersiapkan diri untuk memakai alat-alat berat yang ada di gym memang harus selalu dibarengi dengan kesiapan mental dan melakukan pemanasan tertentu yang dapat bantu menunjang kesiapan otot.

Apalagi jika Anda hendak menggunakan mesin untuk membantu dalam membentuk otot, kegiatan inilah yang sering kali menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di gym.

Namun perlu Anda ingat, sebelum menggunakan mesin berat tersebut, Anda harus selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebagai cara meregangkan persendian.

 

Manfaat pemanasan sebelum olahraga, mencegah overheating

Manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang satu ini juga tak kalah penting, yaitu dapat menghindarkan tubuh dari overheating.

Dengan mengaktifkan mekanisme tubuh dalam proses pembuangan panas, tubuh Anda dapat melakukan pendinginan secara mudah dan sebagai pencegah terjadinya kepanasan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

 

Terjadi perubahan hormonal

Sumber : https://e3.365dm.com/

Siapa sangka melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat membantu proses perubahan hormon dalam tubuh.

Hal ini terjadi karena tubuh mengalami peningkatan produksi hormon, termasuk salah satunya hormon kortisol dan epinefrin, yang bertanggung jawab dalam mengatur produksi tenaga.

Ketika melakukan pemanasan, keseimbangan kedua hormon ini menghasilkan lebih banyak karbohidrat dan asam lemak, sehingga menjadi sumber produksi tenaga saat berolahraga.

 

Manfaat pemanasan sebelum olahraga bantu siapkan mental

Manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang berikutnya yaitu sebagai cara untuk mempersiapkan mental Anda untuk melakukan suatu olah raga baik dalam kompetisi ataupun tidak.

Pemanasan juga termasuk kedalam sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan proses menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan meninjau keterampilan serta taktik di depan banyak orang.

Kegiatan positif juga dapat membuat Anda merasa semakin rileks dan membantu dalam membangun konsentrasi untuk melaksanakan persaingan.

Baca Juga : Apakah Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh? Berikut Penjelasannya!

 

Bantu tingkatkan temperatur darah

Pemanasan ternyata juga bantu dalam meningkatkan suhu darah dalam tubuh. Saat melakukan pemanasan temperatur darah akan meningkat saat mengalir melalui otot otot.

Ketika suhu darah naik ikatan oksigen di dalam hemoglobin melemah, sehingga oksigen untuk otot tersedia lebih banyak, hal inilah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan olahraga.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Sebaiknya rutinlah untuk selalu lakukan pemanasan secara ringan sebelum menerapkan olahraga yang berat agar tubuhmu tidak mudah terkena cedera.