manfaat energi matahari bagi manusia

Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

Posted on

manfaat energi matahari bagi manusia

Manfaat Energi Matahari bagi Manusia – Matahari adalah salah satu sumber kehidupan bagi umat manusia. Meskipun sering kali dianggap bisa membuat kulit hitam dan terbakar, cahaya matahari mempunyai segudang manfaat bagi makhluk hidup.

Tidak hanya bisa meningkatkan produksi vitamin D, energi matahari juga diandalkan bisa mencegah berbagai jenis penyakit. Matahari adalah sumber cahaya serta sumber energi bagi bumi yang bersifat panas. Sebagai bola gas yang berukuran besar, matahari bisa memberi cahaya terang untuk bumi.

Meskipun mempunyai suhu yang panas, energi matahari sangat berguna bagi seluruh makhluk hidup. Ada berbagai manfaat energi matahari untuk manusia, tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Hal ini karena cahaya matahari menjadi sumber terbaik untuk meningkatkan vitamin D, bisa menjaga daya tahan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat energi matahari bagi manusia? Yuk, simak ulasan artikel mengenai manfaat energi bagi manusia yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Perlu Anda Ketahui!

1. Sebagai Sumber Vitamin D

Setiap orang memerlukan zat nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Vitamin D adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi vitamin D bagi tubuh secara umum berguna untuk membantu proses peresapan kalsium ke dalam tubuh, yang nantinya turut membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Melansir dari Healthline, vitamin D adalah nutrisi yang berguna untuk pembentukan tulang. Selain itu, vitamin D juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Pada umumnya, vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena cahaya matahari langsung.

Baca juga  Likuiditas Adalah

manfaat energi matahari bagi manusia

Sumber: https://kabarin.co.id

2. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat energi matahari selanjutnya adalah bisa memperbaiki suasana hati. Jika seseorang mendapatkan cahaya matahari secara cukup, bisa memperbaiki suasana hati.

Pasalnya, penurunan paparan cahaya sang surya telah dikaitkan dengan penurunan serotonin yang bisa menyebabkan Seasonal Affective Disorder (SAD) atau bentuk depresi yang dipicu akibat perubahan musim.

Selain itu, meningkatnya hormon serotonin juga berfungsi efektif meningkatkan perasaan bahagia, tenang, dan konsentrasi. Oleh karena itu, paparan cahaya matahari mempunyai manfaat yang baik bagi penderita gangguan jiwa atau depresi.

Baca Juga: Manfaat Air bagi Manusia yang Harus Diketahui. Simak Ulasannya!

3. Mencegah Kanker

Kenker adalah salah satu penyakit paling mematikan dunia. Oleh karena itu, sejak dini kita semestinya melakukan upaya pencegahan penyakit kanker. Terkena paparan cahaya matahari yang cukup dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, prostat, dan pankreas.

Selain itu, hormon aktif vitamin D yang bernama calcitriol bisa mengurangi perkembangan dan penyebaran sel kanker. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D bisa mencegah berbagai macam kanker di dalam tubuh.

manfaat energi matahari bagi manusia

Sumber: https://belajarsemua.github.io

4. Mencegah Penyakit Kulit

Manfaat energi matahari bagi manusia selanjutnya adalah mencegah penyakit kulit. Mendapatkan paparan cahaya matahari cukup, bisa membantu mencegah berbagai jenis penyakit kulit seperti jerawat, eksim, proriasis, dan penyakit kuning.

Meskipun begitu, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter, karena tidak semua orang bisa memakai matahari untuk mengobati penyakit kulit.

5. Mengatasi Insomnia

Selain dapat menghindari penyakit kulit, kualitas tidur juga bisa diperbaiki dengan manfaat dari energi matahari ini. Kegelapan di malam hari dan paparan cahaya matahari pada siang hari berperan penting untuk membantu mempertahankan melodi sirkadian yang sehat. Pada akhirnya, tubuh akan merasa lelah menjelang tidur dan tetap terjaga di siang hari.

Baca juga  Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya!

Baca Juga: Jelaskan Pengertian Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global!