Penyebab suara hilang
image from hackernoon.com

Penyebab suara hilang dan cara mengembalikannya secara alami

Posted on
Penyebab suara hilang
image from hackernoon.com

Penyebab suara hilang sekaligus cara mengembalikannya secara alami menggunakan bahan-bahan yang ramah sekaligus mudah didapat seperti jahe, lemon, dan minyak peppermint.

Suara yang hilang secara tiba-tiba biasanya ditandai dengan menurunnya volume terlebih dahulu. لعبة فلوس Suara yang hilang biasanya ditandai dengan serak dan juga lemah bahkan menyakitkan saat digunakan untuk berbicara. Suara yang hilang biasanya berasal dari lipatan vokal Laring (kotak suara) ketika terlalu sering digunakan. Infeksi atau penyakit tertentu dapat menyebabkan suara menjadi serak dan hilang. Flu atau laringitis merupakan diantara penyebab umum suara hilang. Akan tetapi jika suara Anda tidak kembali dalam waktu yang lama mungkin anda perlu melihatnya ke dokter.

 

Penyebab suara hilang

Hilangnya suara merupakan sebuah kondisi multifaktor. Jadi, penyebab suara hilang bukan berasal dari 1 faktor saja akan tetapi lebih kepada banyak faktor. Di bawah ini beberapa penyebab suara hilang yang paling umum terjadi:

1. Laringitis akut

Laringitis akut merupakan penyebab suara hilang yang yang biasanya terjadi secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena peradangan pita suara akibat infeksi. Jika gejala Laringitis akut bertahan selama 2 sampai 3 minggu biasanya akan berubah menjadi laringitis kronis. Jika sudah demikian biasanya kehilangan suara tidak terjadi secara mendadak, tetapi bertahap seiring berjalannya waktu.

2. Alkohol dan rokok

Penyebab suara hilang yang kedua adalah terlalu banyak mengkonsumsi alkohol atau merokok. 2 faktor tersebut merupakan penyebab yang dapat membuat suara kita menjadi serak setelah itu mulai kehilangan volume. Jika anda pernah memiliki riwayat mengalami suara hilang Anda wajib menghindari keduanya. Bahkan jika anda tidak pernah mengalami kehilangan suara sebelumnya, keduanya menjadi barang yang harus anda hindari. Selain diharamkan dalam Islam, Alkohol dan rokok juga memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. العب واربح فلوس

3. Penggunaan suara yang salah

Maksud dari penggunaan suara yang salah adalah berteriak atau menjerit secara konstan sehingga merusak pita suara. Penyebab suara hilang yang satu ini biasanya terjadi secara spontan dan mendadak. Untuk itu sebaiknya kontrol suara Anda terutama saat berteriak atau menjerit.

Baca juga  Bagaimana Cara Membudidayakan Tanaman Buah Pala?

4. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD merupakan penyebab suara hilang yang diakibatkan oleh suatu kondisi dimana refluks asam lambung melonjak naik dari perut ke esophagus. Asam dapat merusak pita suara sehingga menyebabkan suara anda menjadi hilang.

5. Polip

Polip merupakan pertumbuhan abnormal pada pita suara yang dapat menyebabkan melemahnya otot kotak suara. Hal ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya suara secara tiba-tiba.

6. Paralisis dari pita suara

Paralisis dari pita suara atau karsinoma laring merupakan penyebab suara hilang dan serak yang kurang begitu umum. Jadi kondisi ini sedikit jarang terjadi.

 

Cara mengembalikan suara yang hilang

Setelah anda mengetahui penyebab suara hilang sekaang kita akan mencari tahu cara mengembalikan suara yang hilang secara alami menggunakan bahan-bahan herbal. Berikut tipsnya untuk anda:

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan suara yang hilang. Jahe memiliki efek menenangkan pada selaput lendir yang mengelilingi kotak suara. Selain itu, jahe juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meringankan pita suara yang bengkak. موقع بيت 365 لكرة القدم Tidak berhenti sampai di situ, mengkonsumsi jahe secara rutin juga membantu memperpanjang kemampuan pernapasan sekaligus mencegah infeksi saluran pernapasan.

2. Madu

Teksturnya yang lembut akan membantu menenangkan pita suara dan mengembalikan suara yang hilang. Madu bisa mengatasi iritasi yang terjadi pada tenggorokan sekaligus mengurangi peradangan yang menjadi penyebab suara hilang. Untuk melakukannya Anda bisa menambahkan 2 sendok makan madu ke dalam 1 cangkir air hangat kemudian minum sebelum makan. Lakukan setidaknya dua kali sehari untuk membantu mengembalikan suara yang hilang.

3. Cuka Sari apel

Untuk mengurangi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh suara yang hilang Anda bisa memanfaatkan cuka sari apel. Efek antimikroba yang dimiliki cuka sari apel dapat mengurangi infeksi yang menjadi penyebab suara hilang. Caranya: tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air kemudian minum setiap hari. Lakukan secara rutin hingga suara anda kembali seperti sedia kala.

Baca juga  Judul Skripsi Manajemen Bisnis Syariah

4. Air garam

Nah, salah satu bahan alami yang dapat dengan praktis mengembalikan suara Anda yang hilang adalah menggunakan air garam. Caranya cukup mudah anda tinggal berkumur menggunakan air garam untuk membunuh bakteri yang berada di sekitar tenggorokan. Lakukan secara rutin untuk mengembalikan suara Anda yang hilang. Garam dapat mengembalikan suara yang hilang karena memiliki sifat antiseptik. Sehingga sangat membantu dalam memulihkan infeksi yang menjadi penyebab hilangnya suara Anda.

5. Terapi uap

Terapi uap bisa anda jadikan cara yang praktis untuk mengembalikan suara yang hilang. Bukan hanya mengatasi masalah hilangnya suara, terapi uap ini juga bisa membantu menyembuhkan serak secara alami. Untuk melakukannya, pertama panaskan panci yang berisi air sampai mendidih. Tambahkan beberapa tetes minyak chamomile atau lavender di dalamnya. Tutup kepala anda menggunakan handuk dan hirup uap dari air tadi. Ulangi langkah ini setidaknya 2 kali setiap hari.

6. Cabe rawit

Obat alami yang bisa Anda coba untuk mengembalikan suara yang hilang adalah cabe rawit. Cabe rawit dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Selain kemampuannya tersebut, cabe rawit juga berguna menurunkan pembengkakan pita suara yang menjadi penyebab hilangnya suara. Bahkan, cabe rawit juga dapat mengobati infeksi yang biasanya dialami oleh seseorang yang mengalami kehilangan suara.

Cara menggunakan cabe rawit untuk mengatasi suara hilang: Pertama campur setengah sampai satu sendok teh cabe rawit dengan madu. Konsumsi secara perlahan menggunakan sendok. Jika anda tidak tahan dengan rasa pedasnya sebaiknya pilih metode lain yang menurut anda lebih mudah untuk dijalankan.

7. Lemon

Anda bisa memanfaatkan lemon untuk berbagai macam kondisi tidak terkecuali untuk menghilangkan suara yang hilang atau serak. Lemon dapat meningkatkan kelembapan ditenggorokan sekaligus mengurangi rasa sakit yang menjadi penyebab suara hilang. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang membantu mengurangi infeksi di tenggorokan.

Cara mengembalikan suara menggunakan lemon: campur lemon dengan air secukupnya. Jika anda tidak suka dengan rasa lemon yang asam Anda bisa mencampurnya dengan madu untuk menambah cita rasa. Minum setidaknya 1 kali sehari di pagi hari untuk mengembalikan suara Anda yang hilang.

Baca juga  4 Jenis Makanan Wajib Saat Mendaki Gunung

8. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Rasa sakit ini dapat menyebabkan hilangnya suara dan juga masalah tenggorokan lainnya.
Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengembalikan suara yang hilang: ambil satu siung bawang putih kemudian potong menjadi 2 bagian. Letakkan masing-masing potongan pada kedua sisi mulut kemudian gigit untuk mengambil sarinya. Cara ini dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan hilangnya suara Anda.

9. Minyak peppermint

Minyak peppermint sangat baik sekali terutama digunakan untuk mengatasi alergi yang dapat menyebabkan hilangnya suara. Minyak peppermint dapat meredakan gatal pada tenggorokan dan mengurangi ketidaknyamanan yang dapat mengakibatkan serak. Selain itu, minyak peppermint juga bertindak sebagai ekspektoran yang memberikan kelegaan pada tenggorokan, sehingga bisa dengan mudah mengembalikan suara Anda yang hilang.

10. Akar marshmallow

Akar marsmello telah lama digunakan sejak zaman dulu sebagai salah satu ramuan untuk memperbaiki suara. Akar marsmellow terdiri dari lendir yang dapat melapisi tenggorokan untuk membantu mengurangi iritasi. Akar marshmello juga berguna mengobati pembengkakan kelenjar getah bening sekaligus mempercepat proses pengembalian suara yang hilang. Ramuan ini juga cukup efektif untuk mengobati batuk dan merupakan salah satu obat pelega tenggorokan yang baik.

 

Tips mencegah hilangnya suara

#Disarankan

  • Gunakan sayuran dan buah-buahan beku untuk menenangkan tenggorokan Anda.
  • Simpan humidifier di rumah Anda.
  • Cobalah lakukan latihan pernapasan untuk mengembalikan suara anda yang hilang.

#Sebaiknya dihindari

  • Jangan membersihkan tenggorokan Anda kecuali Anda benar-benar perlu.
  • Jangan berteriak atau menjerit secara berlebihan jika tidak benar-benar butuh.
  • Jangan gunakan dekongestan karena bisa lebih berbahaya.

Demikian tadi informasi terkait penyebab suara hilang sekaligus cara untuk mengembalikannya yang mudah dan praktis sekaligus bekerja cukup efektif. Semoga informasi di atas bisa membantu mengembalikan suara yang hilang atau serak. Lakukan secara rutin maka In Syaa Allah suara anda akan segera kembali.



Pencarian terkait:

  • pot bonsai penjing
  • omg lip cream