Apakah Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh? Berikut Penjelasannya!

Apakah Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh? – Apakah hoby Anda renang? Renang adalah salah satu olahraga air yang gerakannya berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki.

Renang memang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Karena, dengan olahraga renang, seluruh bagian tubuh bergerak. Olahraga renang telah diperlombakan semenjak tahun 1800 di Eropa. Renang juga mempunyai beberapa gaya, seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.

Renang bagi tubuh terbukti juga berguna bagi organ-organ dalam, serta sangat bagus bagi para penderita sakit jantung dan terapi para lansia. Memang tidak seluruh olahraga bisa diperuntukkan bagi seluruh kalangan.

Lalu, apakah manfaat olahraga renang bagi tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Lalu, Apakah Manfaat Renang Bagi Tubuh Kita? Yuk, Temukan Jawabannya Berikut Ini!

1. Badan Lebih Mudah Tinggi

Bagi anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, umumnya telah mulai banyak dilatih olahraga air ini. Renang adalah salah satu jenis olahraga air dengan aktivitas fisik yang mengandalkan tulang dan otot di seluruh tubuh.

Hal tersebut tetap berlaku meski Anda tidak banyak bergerak di dalam kolam sekalipun. Manfaat renang bagi tubuh untuk meninggikan badan akan lebih nampak pada anak.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Membantu menjaga kesehatan jantung adalah manfaat renang bagi tubuh selanjutnya sangatlah penting. Oksigen dalam tubuh bisa tercukupi, jika darah yang lebih lancar mengalir di seluruh tubuh dan sistem pernapasan baik.

Sumber: https://bp-guide.id

3. Melatih Pernafasan

Renang tentunya mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Beberapa gerakan renang dan tekanan air sangat baik dalam melatih pernapasan Anda. Renang dengan mengandalkan otot tubuh akan mengasah aliran darah ke jantung dan paru-paru.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Membantu Anda mendapatkan otot yang kuat adalah manfaat renang bagi tubuh selanjutnya. Prosesnya cukup panjang, sehingga tidak akan langsung nampak dengan sekali berenang. Tubuh perlahan Anda akan nampak lebih atletis dan proporsional dari sebelumnya.

5. Mengurangi Stres

Siapa sangka, renang juga terbukti bisa mengurangi stres. Manusia terdiri dari sekitar 60 sampai 70 persen air dari berat tubuh. Bersentuhan dengan air saja bisa membuat tubuh lebih nyaman dari sebelumnya.

Kemudian banyaknya gerakan akan merangsang hormon endorphin yang mampu memperbaiki suasana hati untuk menghilangkan stres, serta kembali berbahagia.

6. Meringankan Radang Sendi

Beberapa olahraga memang bisa membuat tubuh mengalami cidera dan nyeri sendi. Lain halnya dengan berenang, salah satu olahraga yang unsur risiko cidera paling ringan. Selain itu postur tubuh dari renang bisa lebih ideal dan posisi tulang belakang bisa kembali normal, sehingga nyeri sendi bisa terhindar.

7. Mengurangi Risiko Gula

Menginformasikannya dari bola.com, bahwa tulisan dari Berkeley Wellness dari University of California mengungkapkan bahwa berenang bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga kadar gula darah bisa terjaga.

Baca Juga: Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat yang Perlu Bunda Ketahui!

8. Renang Sebagai Terapi

Manfaat renang bagi tubuh terbukti juga sangat baik dalam proses terapi. Berbagai jenis terapi terbagi untuk semua kalangan usia. Salah satunya sebagai terapi cidera, karena berenang dipercaya sangat sesuai digunakan sebagai pemulihan. Metode ini juga kerap kali dilakukan oleh para atlet.

Salah satu jenis olahraga selain yoga yang boleh dilakukan oleh penderita sakit jantung adalah renang. Karena ada riwayat lemah jantung dalam keluarga, buah ini dalam masa pemulihan maupun pencegahan.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya yakni mampu mengatur tekanan darah. Melalui proses lancarnya pemompaan darah ke seluruh tubuh, yang baik bagi jantung dan sesuai bagi penderita hipertensi.

Sumber: https://today.line.me

10. Menguatkan Tulang

Manfaat renang bagi tubuh untuk menguatkan tulang telah pasti bisa dirasakan sejak awal. Menggerakkan otot dan tulang di seluruh tubuh secara rutin akan mempertahankan kekuatannya, sampai mencegah terjadinya osteoporosis di masa tua.

11. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Dikutip dari hellosehat.com, bahwa sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia, bahwa para perenang cenderung mempunyai paru-paru lebih kuat daripada yang lain.

Baca Juga: Ciri Ciri Batu Ginjal yang Dialami oleh Penderita, Perlu Anda Waspadai!

12. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya telah terbukti berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat atau LDL, serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Sehingga kegiatan berenang yang tidak terlalu menguras energi dan keringat ini, perlu Anda lakukan demi menjaga kesehatan organ dalam.

13. Membakar Lemak Jahat

Aktivitas berenang tentunya juga sesuai bagi Anda yang ingin melakukan program diet. Tetapi tetap perlu dilihat, bahwa renang hal tersebut mesti dilakukan teratur dan rajin dengan ditemani pola makan sehat.

14. Membuat Tubuh Ideal

Cadangan karbohidrat atau lemak akan dibakar dengan olahraga berenang sebagai sumber energi Anda. Menginformasikannya dari bola.com, bahwa melakukan renang santai selama 30 menit telah bisa membakar sekitar 200 kalori tubuh Anda.

Anda bisa dengan rutin berenang setiap hari minimal 30 menit, jika Anda ingin program menurunkan berat badan. Luangkanlah waktu seminggu sekali untuk olahraga air ini, bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh idea. Jika Anda lelah, dengan 10 menit renang saja telah bisa membakar 60 kalori.

Itulah beberapa manfaat renang bagi tubuh, serta begitu luar biasa dan bisa digunakan bagi semua kalangan usia. Sebagai pemula, memperbanyak kegiatan di dalam air saja telah bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Apa Benar Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet? Yuk, Intip Ulasannya!