Apa Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan? Yuk, Cari Tahu Disini!

Apa Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan? – Senam irama adalah termasuk salah satu cabang olahraga senam yang memadukan gerakan balet dan tarian. Senam irama atau disebut juga dengan senam ritmik. Untuk senam ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan.

Adapun faktor-faktor yang terdapat dalam senam irama mencakup keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Senam irama yaitu senam yang gerakan-gerakannya bisa melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh.

Manfaat senam irama bagi kesehatan tidak hanya bisa menghilangkan lemak dan kalori. Namun, bisa juga untuk menurunkan berat badan dengan optimal. Satu hal yang pasti, senam irama menuntut ketangkasan, kelenturan dan daya tahan.

Salah satu senam irama yang banyak dikenal yaitu senam dengan menggunakan pita seperti yang acap kali dilaksanakan pada laga Olimpiade. Komposisi gerakan senam ini umumnya mencontoh lantunan irama musik dan menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada.

Senam irama yang mengombinasikan lentur, tangkas, dan daya tahan. Sehingga, membuat berbagai jenis masalah penyakit mudah dipangkas. Mulai dari masalah jantung, otak, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu manfaat senam irama bagi kesehatan ini berasal dari setiap gerakan yang dilakukan.

Lalu apa manfaat senam irama bagi kesehatan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Apa Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh? Yuk, Simak Ulasannya Berikut Ini!

1. Membakar Lemak

Manfaat yang ada pada senam irama sama seperti senam pada umumnya, yaitu bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebih. Di setiap gerakannya memerlukan keluwesan, keseimbangan fisik, serta kelincahan para pesenam supaya cocok dengan irama nyanyian yang mengirinya.

Mulai dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya, fisik selalu bergerak dan hampir tidak terputus ketika melakukan senam irama ini.

2. Menguatkan Otot

Senam irama bisa menguatkan jaringan otot pada tubuh. Melakukan senam irama, secara otomatis bisa membuat otot-otot menjadi lebih lentur dan kuat.

Ketika otot menjadi lentur dan kuat, bisa meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cidera ketika melakukan aktivitas berat.

Sumber: https://id.berita.yahoo.com

3. Melatih Keseimbangan

Senam irama memiliki beberapa yang memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Untuk memperbaiki postur tubuh, berlatih keseimbangan ini penting sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

4. Menurunkan Berat Badan

Mempunyai berat badan ideal bisa didapatkan dari manfaat senam irama. Selain bisa membakar lemak dan kalori, senam ini membuat berat badan turun dengan sehat.

Bagi yang sedang melaksanakan program diet, cobalah sertakan senam irama sebagai penunjangnya. Daripada melakukan olahraga berat, Anda bisa menurunkan berat badan dengan senam irama.

Lebih menyehatkan dan membuat pikiran tenang. Berat badan menjadi ideal tanpa perlu merasa stres karena tidak bisa makan enak.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kuning Telur Bebek Bagi Kesehatan? Simak Ulasannya!

5. Memaksimalkan Fungsi Otak

Senam irama bisa mengembangkan dan merawat fungsi otak. Gerakannya yang diiringi dengan alunan nyanyian diklaim efektif menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol.

Kedua hormon ini yaitu penyebab pemicu timbulnya stres untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin. Selain itu, Anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

6. Mencegah Cedera

Manfaat senam irama berhubungan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika Anda melakukan gerakan senam. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuh Anda dan Anda pun akan jarang mengalami cidera walaupun melakukan aktivitas berat.

Sumber: https://www.maxmanroe.com

7. Mengatasi Stres

Stres yaitu kondisi alamiah, namun bisa memunculkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Semua orang pasti pernah mengalami stres yang tidak bisa dihindari.

Penyebab stres cukup berbagai jenis, entah karena urusan pekerjaan, keluarga, percintaan, dan sebagainya. Jika Anda mengalami stres berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan.

Melakukan senam irama bisa menjadi alternatif mengatasi stres. Ketika menjalankannya, Anda akan mendapatkan suasana ceria dan penuh energi yang dihasilkan dari aktivitas senam irama sehingga stres yang dialami mereda.

8. Menyehatkan Tulang

Ketika Anda melakukan senam irama, secara langsung akan melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Mempunyai tulang yang kuat dan sehat berguna untuk menyangga bobot berat Anda dalam menjalani aktivitas harian.

Jika Anda memiliki masalah pada tulang, kemungkinan di masa yang akan datang Anda akan mendapatkan sejumlah masalah kesehatan. Ketika Anda melakukan gerakan senam irama, Anda bisa terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Baca Juga: Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat yang Perlu Bunda Ketahui!

9. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan mencontoh alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya nyanyian berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut serta melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, ketika musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara perlahan dan cepat.

Pasalnya, jantung akan memompa darah lebih cepat seandainya gerakan senam lincah, dan sebaliknya. Itulah mengapa, umumnya orang yang melakukan senam irama untuk fisik, mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

10. Mengencangkan Tubuh

Senam irama ini selain menurunkan berat badan, ternyata juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah dengan bagian tubuh kendur atau bergelampir, seperti paha, lengan dan betis.

Jika Anda menjalankannya secara rutin, maka bagian paha, betis dan lengan yang menggelambir akan hilang, sehingga kulit menjadi kencang. Hal ini dikarenakan lemak dalam tubuh akan diolah menjadi tenaga, sehingga bagian yang bergelambir akan hilang dengan sendirinya.

Sumber: https://review.bukalapak.com

11. Menyehatkan Mental

Tentu saja manfaat senam irama tidak hanya dirasakan oleh tubuh, namun juga menyehatkan mental. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang seringkali melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan mengatasi masalah dan konsentrasi lebih baik.

Fokus dan kemampuan menyelesaikan masalah ini akan membuat poin akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam.

Bagaiman Gerakan Senam Irama yang Bisa Dijalankan?

Senam irama yaitu jenis senam yang menekankan pada kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. Jenis gerakan senam irama yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, gerakan senam irama yaitu tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.
  • Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan menyusun angka 8.
  • Ketiga, senam menggunakan simpai yang yaitu lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.
  • Keempat, senam irama dengan menggunakan bola karet yang memiliki diameter 18-20 cm.
  • Kelima, senam irama dengan tongkat dengan melempar tongkat, menghentak-hentakkan dan menangkap.
  • Gerakan senam irama yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti spiral, berayun dan lingkaran.

Baca Juga: Apakah Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh? Berikut Penjelasannya!