Manfaat dan Bahaya Buah Nanas untuk Tubuh Saat Dikonsumsi!

Manfaat dan bahaya buah nanasBuah nanas menawarkan kekayaan gizi dan manfaat yang bagus bagi kesehatan. Di sisi lain, buah ini juga sering mendapat perhatian karena bahaya yang bisa saja ditimbulkan oleh buah nanas. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja manfaat buah nanas beserta bahayanya yang semestinya kita ketahui.

Manfaat dan Bahaya Buah Nanas

manfaat dan bahaya buah nanas

1. Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Inflamasi

Buah nanas mempunyai keistimewaan dari enzim di dalamnya yang bernama bromelain. Kandungan hal yang demikian banyak diteliti dan disimpulkan sebagai agen anti-inflamasi alami. Enzim ini disebut-ucap tepat sasaran dalam melawan radang sendi. Bromelain juga punya ciri menyembuhkan yang bisa diperkuat dengan tambahan kunyit.

Baca juga: Manfaat madu untuk anak

2. Mengatasi Sulit Pencernaan

manfaat dan bahaya buah nanas

Bromelain mempunyai peranan penting dalam memecah protein. Protein adalah salah satu gizi yang susah dicerna. Seringkali protein jadi penyebab sakit perut dan situasi sulit pencernaan lainnya. Kandungan serat yang ada pada buah nanas tergolong sedikit yang dapat merawat saluran pencernaan dan juga usus. Jus buah nanas bisa jadi pilihan obat sakit perut dan pereda penumpukan asam atau antasida.

3. Obat Diuretik Alami

Buah nanas mempunyai sifat diuretik alami. Dengan kata lain, buah tropis ini bisa memelihara kesehatan sekalian membantu ginjal sebagai organ yang bekerja dalam mengeluarkan racun di tubuh. Selain itu, buah nanas juga bisa membantu mengurangi tekanan darah dan juga menekan penumpukan plak yang ada di pembuluh arteri.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

manfaat dan bahaya buah nanas

Vitamin C, beta karoten, dan antioksidan di dalam jus buah nanas berguna untuk mengurangi tekanan darah dan tentunya akan sangat efektif dalam menangkal hipertensi. Masalah kesehatan yang satu ini adalah salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit jantung.

5. Memulihkan Masalah Haid

Kandungan bromelain yang terkandung dalam buah nanas menawarkan efek analgesik yang dipercaya dapat membantu perempuan dalam pemulihan rasa yang tidak nyaman dan bahkan perih saat masa menstruasi. Oleh karena itu, buah ini jadi santapan yang manjur untuk menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi ketika haid.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Bahaya Buah Nanas

Untuk tau tentang buah nanas dengan lebih jauh, kamu juga perlu untuk tau apa saja manfaat dan juga bahaya yang disebabkan dari buah dengan nama latin Ananas comosus ini. Memahami bahaya yang diakibatkan buah nanas dapat membuatmu lebih bisa mengontrol bagaimana cara mengkonsumsi nanas dengan baik.

1. Bahaya Buah Nanas Dapat Menyebabkan Respons Alergi

Sebagian orang mungkin mengalami alergi saat sedang memakan nanas, khususnya bagi orang yang alergi serbuk sari. Respons hal yang demikian ditandai dengan bibir bengkak, sensasi menusuk di tenggorokan, dan sebagainya. Enzim-enzim di dalam nanas memengaruhi alergi hal yang demikian. Dan oleh karena itu, direkomendasikan untuk mencuci terlebih dahulu nanas yang sudah dipotong dengan air garam agar enzim-enzim tersebut bisa untuk disingkirkan.

2. Bahaya Buah Nanas Dapat Meningkatkan Risiko Keguguran

Buah nanas menawarkan efek yang bagus dan buruk sekiranya dikonsumsi ibu hamil. Nanas memang bisa memulihkan ibu hamil dari morning sickness. Melainkan di sisi lain, ia punya pengaruh berbahaya bagi ibu dan kandungannya. Sebagian enzim di buah nanas bisa meningkatkan kontraksi uterus pada masa awal kehamilan. Maka inilah yang jadi penyebab naiknya risiko pengguguran dan berujung pada keguguran.

3. Dosis Tinggi Tidak Baik untuk Radang Sendi dan Rematik

Meskipun nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang meredakan peradangan pada sendi, buah orisinil Brazil dan Paraguay tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita radang sendi dan rematik. Penyebabnya adalah karena nanas diubah menjadi alkohol saat berada di saluran pencernaan. Alkohol ini bisa membawa pengaruh negatif bagi para penderita radang sendi dan rematik hal yang demikian juga dapat meningkatkan risiko patah tulang.

4. Meningkatkan Gula darah

Meskipun buah nanas bisa disantap oleh para penderita diabetes, konsumsi yang berlebihan juga bisa meningkatkan gula darah para pengidap. Padahal nanas menawarkan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa, penderita diabetes sebaiknya hanya memakan satu hingga dua nanas saja per harinya.

5. Nanas yang Mentah Menyebabkan Mual

Entah kamu mengonsumsinya secara langsung atau sudah diolah dalam bentuk jus, pastikan buah yang kau konsumsi sudah matang. Nanas yang masih muda mengandung racun dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Gejala yang mudah dialami ketika menyantap buah nanas yang masih mentah adalah mual hingga muntah.

Baca juga: Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil yang Perlu Bunda Ketahui, Yuk, Intip!