manfaat kuning telur bebek

Manfaat Kuning Telur Bebek Bagi Kesehatan, Yuk, Simak Ulasannya!

Posted on

manfaat kuning telur bebek

Manfaat Kuning Telur Bebek – Apakah Anda suka mengonsumsi telur bebek? Telur bebek adalah salah satu jenis telur yang memiliki rasa yang lezat. Telur bebek ini biasanya diolah menjadi telur asin, telur rebus, telur goreng, ataupun kadang juga diolah menjadi kuliner masakan yang menggugah selera.

Namun, dibalik rasanya yang lezat, ada banyak manfaat kuning telur bebek yang bisa kita dapatkan ketika mengonsumsinya. Manfaatnya yaitu mulai dari menjaga kesehatan mata hingga menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Manfaat kuning telur bebek bisa didapatkan dari berbagai jenis nutrisi yang dikandungnya. Kuning telur bebek mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat dan lesitin (lipoprotein), asam amino esensial dan non esensial (kolin) dan berbagai jenis mineral, seperti kalsium dan kalium.

Selain itu, pada kuning telur bebek juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti zeaxanthin, lutein dan karoten. Berbagai jenis nutrisi yang terkandung pada kuning telur bebek bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat kuning telur bebek yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Kuning Telur Bebek Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui!

1. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Kolin yang terkandung dalam kuning telur bebek sangat berkhasiat bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Nutrisi ini bisa melindungi Anda dari gangguan daya ingat atau gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, di masa tua nanti.

Baca juga  6 Manfaat niacin (vitamin B3) untuk kesehatan Anda

Manfaat kuning telur bebek juga bisa didapatkan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Hal ini dikarenakan kolin yang terkandung pada kuning telur bebek sangat berkhasiat bagi perkembangan otak bayi dalam kandungan yang sehat.

manfaat kuning telur bebek

Sumber: https://health.kompas.com

2. Menjaga Kesehatan Mata

Adanya kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin adalah asal dari manfaat kuning telur bebek ini untuk kesehatan mata. Kedua antioksidan ini bisa melindungi mata dari berbagai jenis penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula, yang banyak terjadi terutama pada orang lanjut usia.

3. Mendukung Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B12 pada kuning telur bebek tergolong cukup tinggi, bahkan 1 kuning telur hampir bisa memenuhi keperluan harian vitamin ini. Vitamin B12 yang terkandung pada kuning telur bebek mempunyai peranan penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat.

Selain itu, vitamin ini dalam proses produksi energi tubuh juga berperan penting. Mencukupi keperluan vitamin B12 dalam sehari diduga bisa memberikan Anda tambahan tenaga untuk beraktivitas.

Baca Juga: Manfaat Nanas Bagi Rahim Wanita dan Kesuburan Laki-laki, Wajib Baca!

4. Terhindar dari Penyakit Kronis

Warna orange pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami yang disebut karoten. Karoten adalah senyawa antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, manfaat kuning telur dalam mencegah penyakit kronis juga datang dari kandungan asam oleat yang berkhasiat untuk menekan peradangan, mengurangi pengentalan darah, serta memperbaiki keseimbangan gula darah dan tekanan darah.

manfaat kuning telur bebek

Sumber: https://hot.liputan6.com

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kuning telur bebek memang mengandung banyak kolesterol. Namun, ditunjukkan beberapa penelitian bahwa kuning telur memiliki kolesterol yang tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga  Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!

Kuning telur bebek justru mengandung lesitin dan asam oleat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga tubuh terhindar dari penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer. Meskipun begitu, konsumsi kuning telur bebek tetap mesti dibatasi.

Agar manfaat kuning telor bebek bisa dinikmati secara optimal, Anda juga mesti mengamati cara menyimpan dan menyajikannya. Telur bebek bisa disimpan di dalam kulkas hingga 3 pekan setelah pembelian.

Hal ini dikarenakan risiko infeksi kuman Salmonella, telur bebek lebih baik untuk dimasak hingga matang, bagaimanapun cara memasaknya. Pada bagian kuning dan putih telur pastikan sudah benar-benar memadat dan tidak cair.

Jika Anda mempunyai alergi terhadap telur ayam, ada kemungkinan Anda juga alergi terhadap telur bebek. Jadi, sebelum mengkonsumsi telur bebek untuk mendapatkan manfaat kuning telurnya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Manfaat Putih Telur untuk Wajah sebagai Masker Kecantikan. Check It!