bahaya makan tomat mentah

Apa Saja Bahaya Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan? Wajib Tahu!

Posted on

bahaya makan tomat mentah

Bahaya Makan Tomat Mentah – Tomat diketahui sebagai salah satu buah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tomat terbilang sangat komplit. Kandungan tersebut mulai dari protein, karbohidrat serta sejumlah vitamin dan mineral.

Nutrisi yang terkandung pada tomat yaitu, kalori, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (thiamin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin E, vitamin K, mangan, kalium, magnesium, dan tembaga.

Tomat juga mengandung beberapa vitamin dan mineral lainnya, seperti kalsium, kolin, vitamin B rumit, zat besi, fosfor, dan zinc. Selain itu, terdapat nutrisi pada tomat, seperti zeaxanthin, phenolic, lutein, karotenoid berupa likopen, dan lain-lain. Tidak heran seandainya buah berwarna merah ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, di antaranya menyehatkan jantung, meremajakan kulit, sampai meningkatkan metabolisme.

Namun, terlalu banyak makan tomat mentah ternyata dapat menimbulkan risiko efek samping bagi kesehatan. Terlebih pada sebagian orang dengan riwayat kondisi kesehatan tertentu. Bahaya makan tomat mentah ini mungkin terjadi pengaruh kandungan likopen pada tomat.

Beberapa Dampak Bahaya Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan yang Wajib Anda Ketahui!

Pada orang-orang yang mempunyai maag dan permasalahan perut lain, makan tomat mentah terlalu banyak dapat memperburuk kondisi gejala. Risiko tekanan darah rendah juga disebabkan senyawa likopen. Maka dari itu, orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat penurun tekanan darah ada baiknya menghindari likopen.

Baca juga  3 Efek samping masker tomat untuk wajah serta tips mencegahnya

Selain itu, likopen dapat meningkatkan risiko perdarahan sehingga patut dihindari oleh penderita gangguan perdarahan. Masih ada lagi beberapa resiko ketika kita mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan.

Apa saja reskionya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai bahaya makan tomat mentah secara berlebihan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

bahaya makan tomat mentah

Sumber: https://lifestyle.okezone.com

1. Menimbulkan Alergi

Salah satu bahaya makan tomat mentah yakni menimbulkan reaksi alergi. Histamin juga terkandung pada tomat, yakni suatu senyawa yang dapat menyerang ancaman dari luar dengan cara mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, bahaya makan tomat mentah secara berlebihan dapat menimbulkan ruam dan menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang, terutama bagi orang yang rentan mengalami alergi.

Bahaya makan tomat mentah secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti batuk, bersin, kulit gatal, timbul ruam kulit, sensasi gatal di tenggorokan, pembengkakan pada wajah, mulut, dan lidah, sampai sesak napas. Berbagai gejala tersebut mungkin dapat timbul sesaat sesudah Anda makan tomat mentah.

2. Menyebabkan Diare

Bagi penderita intoleransi tomat dapat berdampak bahaya jika makan tomat mentah. Menurut sebuah laporan ilmiah yang dilakukan oleh University of Minnesota, hal ini dikarenakan beberapa tomat mentah rentan terhadap kontaminasi bakteri Salmonella sehingga menyebabkan diare. Risiko gangguan pencernaan menjadi tinggi bagi orang yang mengalami intoleransi tomat.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Mau Tahu? Yuk, Intip Ulasannya!

3. Acid Reflux atau Gejala Asam Lambung Naik

Tomat yakni salah satu buah yang kaya akan asam sitrat dan asam malat. Hal tersebutlah yang dapat menimbulkan bahaya makan tomat mentah secara berlebihan pada penderita asam lambung naik.

Asam sitrat dan asam malat akan menumpuk terlalu banyak di dalam perut ketika Anda makan tomat makan mentah secara berlebihan, sehingga lambung akan memproduksi asam secara berlebihan.

Baca juga  Bahaya Vape Atau Rokok

Kondisi volume asam lambung meningkat, ia akan naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan gejala heartburn. Hal ini juga berlaku bila Anda mengkonsumsi tomat yang telah dimasak secara berlebihan.

Maka dari itu, penderita gangguan pencernaan akut dan penderita asam lambung naik sebaiknya menghindari konsumsi tomat agar tidak mengalami bahaya makan tomat mentah satu ini.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Iritasi dapat ditimbulkan dari kulit dan biji tomat sehingga menjadi salah satu penyebab irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar. Bagi seseorang yang telah menderita IBS, bahaya makan tomat mentah dapat memicu gejala perut kembung meningkat.

Selain itu, tomat yakni salah satu jenis makanan penyebab alergi paling umum yang dapat meningkatkan risiko permasalahan pada usus.

bahaya makan tomat mentah

Sumber: http://blog.duniamasak.com

5. Menyebabkan Nyeri Sendi

Tomat merupakan jenis tanaman nightshade yang mengandung senyawa glikoalkaloid. Senyawa glikoalkaloid ini dapat ditemukan pada jenis tomat hijau.

Senyawa glikoalkaloid, seperti solanin, a-tomatine, dan dehydrotomatin, ternyata dapat menyebabkan nyeri sendi dengan cara memperparah kondisi peradangan bila makan tomat mentah dalam jumlah banyak.

Hal tersebut artinya, bahaya makan tomat mentah atau yang telah dimasak secara berlebihan dapat memperburuk rasa nyeri dan peradangan, terutama pada penderita arthritis atau radang sendi.

6. Menyebabkan Batu Ginjal

Ternyata, makan tomat mentah secara berlebihan sangat berbahaya, karena dapat membentuk batu ginjal dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan asam oksalat dan kalsium sehingga tubuh tidak dapat memecah banyaknya nutrisi yang masuk.

Sehingga, nutrisi tambahan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan pembentukan batu ginjal. Maka dari itu, alangkah baiknya bagi penderita gangguan ginjal untuk menghindari konsumsi tomat dan olahan lainnya, termasuk saus tomat.

Selain itu, membatasi konsumsi tomat juga perlu dilakukan oleh penderita gangguan ginjal karena kandungan kalium dan air yang banyak di dalamnya.

Baca juga  Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Wajib Baca!

Baca Juga: Manfaat Perasan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

7. Masalah pada Kandung Kemih

Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, bahaya makan tomat mentah dapat mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan inkontinensia air kemih pada sebagian orang.

Hasil tersebut juga mengemukakan bahwa makanan yang mengandung vitamin C, buah-buahan yang mengandung asam, serta tomat dapat memperburuk gejala permasalahan kandung kemih.

8. Likopenodermia

Kandungan senyawa likopen pada tomat memberikan manfaat untuk kesehatan, yaitu dapat melindungi tubuh dari risiko kanker kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, saat tubuh terlalu berlebihan mengkonsumsi tomat, banyaknya likopen yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan perubahan pada warna kulit menjadi orange tua atau diketahui dengan istilah likopenodermia.

Meskipun tidak terlalu mengancam kesehatan, dampak negatif makan tomat mentah ini dapat mengganggu penampilan orang yang mengalaminya. Oleh sebab itu, Anda direkomendasikan untuk makan tomat tidak lebih dari 75 miligram setiap harinya.

bahaya makan tomat mentah

Sumber: https://parenting.dream.co.id

Apakah Ada Dampak Negatif Konsumsi Tomat Mentah bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

Walaupun dikonsumsi dalam batas yang wajar, makan tomat mentah atau yang telah dimasak cenderung aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Hal ini dikarenakan belum ada hasil penelitian yang menyebutkan dampak negatif makan tomat mentah untuk ibu hamil dan menyusui bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Begitu pula dengan kandungan senyawa likopen dalam tomat.

Sebaiknya, Anda berkonsultasi terutama dulu dengan dokter guna mendapatkan saran jumlah asupan tomat untuk menu harian bagi ibu hamil dan menyusui yang ideal. Makan tomat mentah dalam batas yang wajar sebetulnya aman-aman saja bagi tubuh.

Meskipun begitu, bahaya makan tomat mentah mungkin dapat dialami oleh sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu bila dikonsumsi secara berlebihan.

Maka dari itu, sebaiknya senantiasa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengenal jumlah wajar makan tomat mentah atau yang telah dimasak beserta olahannya yang sesuai dengan kondisi Anda.
Dengan ini, Anda dapat terhindar dari bahaya makan tomat mentah yang mungkin mengintai.

Baca Juga: Manfaat Makan Tomat Mentah yang Khasiatnya Sayang Jika Dilewatkan!