minyak esensial
image from pixabay.com

5 minyak esensial untuk mengobati sakit tenggorokan

Posted on
minyak esensial
image from pixabay.com

5 Jenis minyak esensial untuk mengobati sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan meskipun bukan penyakit berbahaya terkadang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain karena rasa sakit yang ditimbulkannya tidak nyaman juga membuat suara kita menjadi serak. Ada banyak ramuan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau meringankan sakit tenggorokan disebut salah satu diantaranya adalah memanfaatkan minyak esensial.

Selama ratusan tahun minyak esensial telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk untuk menyembuhkan luka dan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Meskipun minyak esensial memiliki banyak manfaat akan tetapi kadang bagi sebagian orang memiliki reaksi yang tidak sama tergantung dari jenis minyak esensial tersebut.

Berikut beberapa daftar minyak esensial yang baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan:

1. Minyak kemangi

Minyak esensial pertama yang memiliki banyak manfaat untuk mengobati sakit tenggorokan adalah minyak kemangi. Minyak ini dapat menenangkan peradangan di dalam tenggorokan saat digunakan seharian karena memiliki kemampuan dalam melawan virus dan bakteri. Selain itu minyak kemangi juga bekerja sebagai adaptogen untuk mendukung kemampuan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit.

2. Minyak kayu manis

Minyak atsiri yang berasal dari kayu manis juga dikenal sebagai salah satu minyak esensial yang baik untuk mengobati radang tenggorokan. Hampir memiliki kemampuan yang sama minyak kayu manis juga mengandung sifat antibakteri yang telah diketahui sangat baik untuk membunuh streptococcus. Mengobati radang tenggorokan anda bisa mencampur minyak kayu manis dengan madu.

3. Minyak cengkeh

Minyak esensial yang berasal dari cengkeh merupakan salah satu jenis minyak yang juga baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Minyak cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri, dan antimikroba. Dimana kombinasi dari keempat sifat tersebut memiliki manfaat yang cukup besar untuk melawan sakit tenggorokan. Untuk mengobati sakit tenggorokan anda bisa mencampur minyak esensial ini dengan minyak kelapa.

Baca juga  Kayu Manis untuk Diabetes

4. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih mungkin adalah salah satu minyak esensial yang paling terkenal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat mengobati gigitan nyamuk dan serangga minyak kayu putih ternyata juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Minyak kayu putih memiliki kemampuan dalam mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan sehingga sangat baik sekali untuk mengobati sakit atau radang tenggorokan. Cara menggunakan minyak kayu putih adalah dengan cara memasukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke bak mandi air hangat, setelah itu hirup uapnya. Selain menghirup uapnya anda juga bisa mengoleskan minyak ke tenggorokan.

5. Minyak lavender

Minyak lavender juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan termasuk sakit tenggorokan yang anda alami. Minyak esensial ini juga cukup terkenal terutama dalam mengobati berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan saluran pernapasan termasuk tenggorokan dan paru-paru.

Demikian tadi daftar 5 minyak esensial untuk mengobati sakit tenggorokan.