Manfaat Madu Untuk Anak, Bantu Jaga Imunitas Tubuh!

Sumber : https://cdn-asset.jawapos.com/

Manfaat madu untuk anak- Orang Indonesia masih banyak yang mempercayai khasiat pengobatan tradisional yang sederhana. Termasuk salah satunya menggunakan madu, baik sebagai obat minum, oles serta sebagai aroma terapy. Selain sering dimanfaatkan sebagai campuran jamu atau minuman herbal lain, madu juga dapat digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula. Madu juga merupakan minuman herbal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi bagi buah hati Anda.

 

Manfaat Madu untuk Anak yang Wajib Diketahui Para Orang Tua!

Sumber : https://img.okezone.com/

Bagi buah hati Anda yang gemar mengonsumsi madu, bersyukurlah, karna anak anda akan mendapatkan banyak khasiat dari minuman satu ini. Dari pada penasaran, yuk simak informasi lengkap tentang manfaat madu untuk anak dalam ulasan berikut.

 

1. Meredakan Sakit Batuk dan Flu

Manfaat madu untuk anak yang pertama adalah mampu meredakan penyakit batuk dan juga gejala flu,  Anda cukup memberikannya madu dengan dosis 1 sendok makan sebelum buah hati tidur. Kandungan gula alami yang terdapat pada madu dapat menolong membersihkan sistem pernafasan anak dari infeksi serta dahak penyebab batuk.

Jika buah hati Anda terkena flu, Anda dapat memberinya madu (1-2 sendok) yang kemudian larutkan dengan air hangat. Kemudian, biarkan si kecil menghirup uap dari campuran madu tersebut, agar saluran pernafasannya menjadi lebih lancar.

Anda juga harus tahu, apakah buah hati Anda memiliki alergi terhadap madu atau mempunyai tenggorokan yang sangat sensitif, jika anak Anda memiliki salah satu masalah tersebut, sebaiknya hindari mengonsumsi madu secara langsung.  Sebab hal tersebut pasti akan membuat buah hati anda merasa tak nyaman akibat tekstur madu yang lengket di tenggorokan.

 

2. Mengoptimalkan Proses Tumbuh Kembang Anak

Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Pada saat usia anak-anak, pertumbuhan sel-sel dan organ tubuhnya akan terjadi secara pesat untuk membuatnya siap seiring dengan pertambahan usianya. Memberikan madu pada buah hati Anda ternyata dipercaya dapat membantu menunjang pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh lainnya menjadi lebih maksimal.

Untuk itu, Anda dapat memberikan si kecil madu secara rutin mulai dari sekarang. Dosis yang dapat Anda beri yaitu 1 sendok makan setiap harinya untuk mengoptimalkan pengerjaan tumbuh kembangnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel Merah Tanpa Dikupas Kulitnya. Yuk, Intip Ulasannya!

 

3. Membantu Menyembuhkan Luka

Sudah hal yang wajar apabila si kecil mengalami luka dikala ia sedang bermain. Namun tahukah Anda manfaat lainnya dari madu? Ternyata selain diminum, madu juga dapat digunakan sebagai obat oles untuk membantu merawat luka.

Caranya Anda hanya perlu mengoleskan madu pada luka yang buah hati Anada miliki. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Sebab dari situlah, madu juga dipercaya memiliki fungsi lain yaitu dapat mencegah infeksi yang dimunculkan dari sebuah luka.

 

4. Melawan Alergi

Manfaat madu yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, yaitu dapat membantu melawan sumber penyebab alergi atau histamin yang menyebabkan reaksi alergi terhadap suatu makanan.

Alergi yang di alami si kecil kadang membuat si kecil merasa tak nyaman, gejalanya juga berbeda-beda seperti gatal, biduran, mata membengkak dan efek alergi lainnya. Namun tak perlu khawatir lagi, ternyata madu dapat dijadikan cara alternatif untuk obat penawar dari gejala alergi yang dialami anak Anda.

Baca Juga : Manfaat Minum Susu Kedelai untuk Kesehatan. Yuk, Simak Ulasannya!

 

5. Sumber Energi dan Dapat Meningkatkan Imunitas

Mengonsumsi madu dipercaya dapat menambah tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Gula alami yang terdapat di dalam madu, dapat membuat si kecil lebih lincah dalam melakukan segala kegiatannya. Selain itu adanya kandungan zat besi dan vitamin kompleks pada madu yang berkontribusi kuat dalam perlindungan sistem kekebalan tubuh si kecil-si kecil.

Pemberian madu secara rutin tentunya juga dapat membuat si kecil tidak mudah terkena penyakit dan dapat membuatnya lebih berenergi dalam menjalani semua aktivitasnya. Jadi para ibu tak perlu khawatir lagi dengan kekebalan tubuh si kecil.

 

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan Anak

Sumber : https://cdn-2.tstatic.net/

Usia anak-anak adalah usia dimana si kecil sedang gemar untuk bermain bersama teman sebayanya. Sehingga terkadang, saking asyiknya bermain mereka tak sadar jika memasukkan benda-benda asing ke dalam mulut sehingga kuman jahat dapat masuk ke dalam tubuhnya dengan tak terduga.

Untuk pencegahannya, para orang tua dapat memberikan madu untuk menjaga kekebalan tubuh anak. Madu sendiri sebenarnya mengandung sejumlah kuman baik seperti laktobasilus dan bifidobacteria yang dapat melawan kuman jahat yang masuk ke dalam usus manusia.

Sehingga berkhasiat menetralkan dan dapat membersihkan sistem pencernaan agar sistem metabolisme tubuh si kecil tak terganggu.

Baca Juga : Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

 

7. Menjadi Sumber Vitamin

Madu mengandung banyak vitamin yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan si kecil. Seperti adanya vitamin B1, B2, B3, D, K, E, B5, asam nikotinat dan urin acid. Pemberian madu juga dipercaya dapat memenuhi seluruh kebutuhan vitamin yang dibutukhan untuk tumbuh kembang buah hati.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa pemberian madu baru dapat diberikan ke buah hati, setelah berusia sekitar 1 tahun. Hal ini disebabkan karena, sistem pencernaan pada bayi yang berumur dibawah 1 tahun masih belum terbentuk secara sempurna. Sehinggga dapat memicu munculnya alergi pada madu.

Untuk memudahkan proses penyerapan madu sebagai obat, Anda dapat mencampurnya dengan air sebelum kemudian memberikannya kepada buah hati. Pemberiannya juga harus diberi jangka waktu, seperti misalnya 2-3 jam sebelum makan, agar madu dapat terserap baik oleh tubuh.

Nah itu tadi beberapa manfaat madu untuk anak yang wajib para orang tua tahu. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat membantu menjaga kesehatan sang buah hati.

Baca Juga : Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!