20 Cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat

Cara menghilangkan mata panda
Cara menghilangkan mata panda secara alami
image from wikimedia.org

Cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman dan memiliki tingkat keefektifan cukup baik. Munculnya mata panda atau lingkaran hitam bawah mata terkadang membuat kita tidak percaya diri. Selain akan membuat kita tampak lelah, mata panda ini juga sangat terlihat tidak enak dipandang. Mata panda biasanya mudah sekali muncul ketika seseorang banyak kehilangan kolagen sehingga akumulasi pembuluh darah di bawah mata akan menyebabkan munculnya mata panda.

Orang yang memiliki usia di atas 40 tahun secara umum memiliki resiko lebih besar mengalami mata panda dibandingkan orang yang lebih muda. Selain kelompok usia, kurang tidur, faktor keturunan, dan juga kelelahan yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya mata panda. Menjaga pola makan yang sehat sekaligus mendapatkan waktu istirahat yang cukup menjadi cara yang cukup efektif untuk mencegah dan mengurangi munculnya mata panda tersebut.

 

Cara menghilangkan mata panda

Berikut beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat tanpa menggunakan bahan kimia:

1. Minyak almond

Minyak almond diperkaya dengan vitamin, asam lemak tak jenuh, dan juga mineral yang sangat baik untuk menghilangkan mata panda. Selain itu minyak almond juga dapat mencerahkan kulit terutama bagian bawah mata sehingga akan mengurangi mata panda. Oleskan minyak almond di sekitar mata anda kemudian pijatkan beberapa saat. Jika sudah selesai, didiamkan selama kurang lebih 30 menit setelah itu bersihkan wajah anda menggunakan air.

2. Minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat mengurangi keriput, garis-garis halus, dan mata panda yang sangat mengganggu. Selain cukup efektif, penggunaan minyak kelapa juga relatif lebih ramah sehingga tidak menimbulkan efek samping berarti. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan mata panda adalah: oleskan minyak kelapa pada bagian mata yang terdapat lingkaran hitam setelah itu pijat dengan lembut. Biarkan selama kurang lebih 30 sampai 60 menit sebelum akhirnya dibersihkan menggunakan air. Ulangi langkah di atas sampai mata panda anda mulai hilang.

3. Menggunakan mentimun

Mentimun mengandung asam askorbat dan asam kafein yang dapat mengurangi pigmentasi kulit sekaligus mencerahkan nya terutama pada area mata panda. Dengan adanya fakta tersebut membuat mentimun menjadi salah satu bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan lingkar hitam bawah mata atau yang sering dikenal sebagai mata panda.

Untuk menghilangkan mata panda ini yang perlu anda lakukan adalah: potong mentimun menjadi bagian yang tipis. Setelah itu tempelkan pada mata anda selama kurang lebih 10 menit. Jika mentimun sudah mulai hangat maka gantikan dengan irisan mentimun yang lain. Ulangi cara ini dua kali sehari selama seminggu atau sampai mata panda anda hilang.

4. Menggunakan kentang

Kentang merupakan salah satu bahan pemutih alami kulit yang sangat praktis dan alami. Kemampuan kentang ini didapat dari beberapa bahan alami yang diketahui dapat meringankan warna gelap pada kulit tidak terkecuali mata panda. Cara menghilangkan mata panda secara alami menggunakan kentang cukup mudah, berikut langkah yang harus anda lakukan:

Pertama parut kentang berukuran sedang kemudian peras airnya. Celupkan bola kapas ke dalam air kentang tersebut dengan lembut, setelah itu terapkan pada mata panda anda. Lakukan proses yang sama selama kurang lebih 2 kali sehari selama beberapa minggu untuk menghilangkan lingkar hitam bawah mata.

5. Air mawar

Air mawar merupakan salah satu toner kulit yang sangat baik karena selain efektif juga memiliki tingkat keamanan yang tidak dilakukan. Menggunakan air mawar untuk menghilangkan mata panda bisa menggantikan penggunaan krim berbahan kimia yang tentunya memiliki efek samping. Selain menghilangkan mata panda, penggunaan air mawar juga mengurangi keriput dan juga penuaan pada kulit termasuk di area sekitar bawah mata.

Cara menghilangkan mata panda secara alami menggunakan air mawar: pertama ambil 2 bola kapas kemudian rendam ke dalam air mawar murni. Letakkan bola kapas tersebut di atas mata anda dalam posisi tertutup selama sekitar 15 menit. Ulangi langkah di atas dua kali sehari sampai lingkar hitam bawah mata mulai memudar.

6. Menggunakan tomat

Tomat dianggap sebagai salah satu makanan super yang memiliki banyak khasiat karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Diantara kandungan nutrisinya disebut juga membuat tomat bisa dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan. Tomat memiliki sifat astringent dan pendingin alami yang membantu menghilangkan mata panda. Tomat bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami yang cukup efektif untuk memudarkan mata panda.

Cara menggunakan tomat adalah: ambil satu sendok teh jus tomat kemudian campur dengan jus lemon dengan jumlah setengah sendok teh. Aduk campuran ini hingga merata kemudian terapkan pada lingkaran hitam di bawah mata. Biarkan selama 10 menit setelah itu bilas menggunakan air. Lakukan cara ini setidaknya 1 kali sehari untuk mengurangi mata panda.

7. Lemon

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam lemon menjadikannya salah satu bahan alami untuk menghilangkan mata panda. Lemon bahkan telah lama digunakan sebagai pencerah alami kulit. Jika anda tertarik untuk menggunakan lemon berikut caranya:

Pertama potong lemon menjadi dua bagian kemudian ambil airnya oleskan air dari lemon tersebut menggunakan bola kapas ke area mata panda hingga merata, biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan air.

Selain menerapkannya secara langsung anda juga bisa mengkombinasikan lemon dengan beberapa bahan lainnya seperti tomat, kunyit dan juga tepung untuk menghilangkan mata panda. Campurkan ke semua bahan tersebut sampai benar-benar merata. Jika campuran ke semua bahan tersebut sudah berbentuk seperti pasta maka anda tinggal menerapkannya pada bagian mata panda.

8. Kantong teh bekas

Mungkin kita menganggap bahwa kantong teh yang sudah digunakan tidak memiliki manfaat sama sekali dan kebanyakan orang pasti akan langsung membuangnya. Akan tetapi ternyata kantong teh bekas ini memiliki manfaat yaitu menghilangkan mata panda. Kemampuan kantong teh bekas ini didapat dari kandungan antioksidan dan kafein yang terdapat dalam teh. Antioksidan tersebut berguna menekan pembuluh darah sehingga akan mengurangi lingkar hitam bawah mata secara perlahan.

Cara menghilangkan mata panda secara alami menggunakan sisa kantong teh: pertama-tama ambil dua kantong teh bekas teh hijau atau teh hitam kemudian masukkan ke dalam kulkas selama setengah jam. Jika dirasa sudah dingin letakkan di mata anda selama beberapa menit. Lakukan secara rutin sampai mata panda anda hilang.

9. Menggunakan kompres dingin

Penggunaan kompres dingin bertujuan untuk mengkontraksi pembuluh darah di area mata panda sehingga mengurangi bengkak atau lingkar hitam bawah mata. Untuk melakukannya, yang perlu anda persiapkan adalah air es dan kain lap. Masukkan kain lap ke dalam air es sampai bener-bener dingin, setelah itu peras dan tempelkan kain lap tersebut ke mata panda anda. Biarkan selama beberapa menit untuk merelaksasi mata anda.

Cara lain yang bisa anda coba yaitu mengambil beberapa es batu kemudian membungkusnya dengan es. Setelah selesai terapkan ke area mata panda.

10. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi alami yang sangat baik untuk menghilangkan mata panda. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan sehingga membuatnya menjadi bahan alami yang sangat berkualitas. Untuk mengurangi lingkar hitam bawah mata menggunakan kunyit berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Pertama campur 2 sendok bubuk kunyit dengan jus nanas. Aduk kedua bahan tadi hingga merata setelah itu oleskan pada mata panda anda. Diamkan beberapa saat sekitar 15 sampai 20 menit. Jika sudah selesai anda bisa membilasnya dengan air.

11. Susu dingin

Susu memiliki banyak sekali kegunaan terutama sebagai bahan perawatan wajah. Selain dapat menghilangkan mata panda, susu juga berguna mengurangi iritasi pada kulit, menghilangkan garis-garis halus, sekaligus meremajakan kulit secara alami. Jika anda tertarik menggunakan susu sebagai bahan alami untuk menghilangkan mata panda berikut caranya:

Pertama masukkan susu ke dalam kulkas tetapi tidak sampai menjadi es. Setelah dirasa cukup dingin memasukkan bola kapas ke dalam susu tadi kemudian oleskan ke mata panda anda hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit setelah itu bersihkan seperti biasa. Lakukan dengan konsisten sampai mata panda anda benar-benar hilang.

12. Buah jeruk

Seperti halnya dengan lemon buah jeruk juga diperkaya dengan vitamin C yang juga berfungsi sebagai agen pencerah kulit. Penggunaan jus jeruk secara rutin pada mata panda akan membantu menyamarkan nya sekaligus menghilangkan nya, tentunya secara alami dan aman. Untuk memanfaatkan buah jeruk tersebut anda hanya perlu mengambil airnya kemudian mengoleskannya pada mata panda secara merata.

13. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup

Munculnya mata panda biasanya dipicu oleh depresi, stres, kecemasan berlebih dan kurangnya waktu tidur seseorang. Jadi untuk menghilangkan mata panda anda perlu mengontrol faktor-faktor penyebab tersebut. Di antara ke semua faktor tersebut kurangnya waktu istirahat terutama di malam hari menjadi salah satu yang paling utama. Untuk itu mencukupi waktu istirahat di malam hari menjadi sangat penting untuk mencegah munculnya lingkar hitam bawah mata atau yang sering dikenal sebagai mata panda.

14. Menggunakan putih telur

Putih telur berguna mengencangkan kulit terutama di bagian bawah mata secara alami dan pastinya tanpa efek samping. Cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat menggunakan putih telur adalah:

Kocok putih telur hingga berbusa setelah itu terapkan pada bagian mata panda anda. Diamkan beberapa menit sampai putih telur mengering. Setelah itu anda bisa membersihkannya dengan air.

15. Buah pisang

Buah pisang merupakan salah satu solusi rumahan yang memiliki tingkat keefektifan cukup baik dalam menghilangkan mata panda. Buah pisang mengandung vitamin E yang diperlukan untuk mengurangi bintik-bintik hitam yang menjadi tanda-tanda penuaan sekaligus menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Cara menggunakan pisang untuk menghilangkan mata panda adalah: potong pisang menjadi beberapa bagian kemudian haluskan menggunakan blender. Oleskan bubur pisang pada daerah mata panda untuk mencerahkannya kembali.

16. Buah alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi melimpah yang berguna mengatasi masalah kulit kering penyebab munculnya mata panda. Buah alpukat dapat melembabkan kulit secara alami sekaligus menstimulasi sirkulasi darah sehingga akan mencegah munculnya mata panda yang tidak diinginkan.

Cara menggunakan buah alpukat untuk menghilangkan mata panda adalah: pertama kupas buah alpukat berukuran sedang, setelah itu potong menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender setelah itu oleskan ke mata panda anda. Sebagai alternatif anda juga bisa menambahkan minyak almond.

17. Pengobatan akupresur

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang selanjutnya menggunakan akupresur. Akupresur merupakan teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara memijat bagian wajah menggunakan jari. Cara ini dapat mencegah munculnya penuaan dan membantu menghilangkan mata panda secara alami. Cara melakukannya: pertama tekan tulang di bawah mata menggunakan jari telunjuk selama 3 detik. Ulangi proses tersebut 10 kali setiap pagi di masing-masing mata anda.

18. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dapat menghilangkan mata panda secara alami. Minyak jarak merupakan sumber alami asam lemak sekaligus memiliki kapasitas penyembuhan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi. Anda hanya perlu memijatkan minyak jarak ke area mata panda anda secara perlahan dan lembut untuk membantu menghilangkan lingkar hitam bawah mata.

19. Daun mint

Bahan lainnya yang cukup efektif untuk menghilangkan mata panda adalah daun mint. Daun mint bertindak sebagai pembersih, toner, sekaligus pelembab alami kulit yang memiliki banyak manfaat. Bahkan daun mint sering digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kulit. Caranya: ambil daun mint yang baru dipetik kemudian cuci untuk menghilangkan kotoran. Giling daun mint tersebut kemudian ekstrak airnya untuk diterapkan pada area mata panda.

20. Menggunakan lidah buaya

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang terakhir adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak kegunaan terutama untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Efek menenangkan dan menyegarkan lidah buaya mampu mengurangi kantung mata dan juga mata panda yang sangat mengganggu penampilan. Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan mata panda adalah: Ambil gel lidah buaya kemudian haluskan menggunakan blender. Terapkan gel tersebut pada area mata panda hingga merata.

Demikian tadi ke-20 cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat menggunakan bahan-bahan rumahan yang pastinya aman tanpa menimbulkan efek samping berarti.