Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Posted on

manfaat daun jambu biji

Manfaat Daun Jambu Biji- Jambu biji sering dipakai sebagai obat-obatan herbal untuk menyembuhkan penyakit diare. Terlebih lagi daun ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Disamping itu, tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat untuk Kamu. Ternyata Daun dari tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang manfaat serta khasiat dari daun jambu biji.

Berikut kami akan menyampaikan beberapa manfaat serta khasiat daun jambu biji, mulai dari memberi manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan kulit tubuh.

 

1. Manfaat daun jambu biji mencegah diare

manfaat daun jambu biji
Sumber : https://res.cloudinary.com/

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah bisa digunakan sebagai obat alami untuk mencegah penyakit diare. Pasalnya, ekstrak yang ada dalam daun jambu biji bisa menjadi pencegah pertumbuhan kuman. Kuman inilah yang menjadi penyebab utama seseorang terjangkit penyakit diare.

Cara penggunaanya juga sangat gampang. Kamu hanya perlu menambahkan daun dan juga akar dari jambu biji ke dalam secangkir air panas, kemudian agar air terbebas dari residu rempah tersebut, kamu dapat menyaringnya. Kemudian, minumlah dalam keadaan perut kosong.

 

2. Menurunkan kolesterol pada tubuh

Kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh para kaum lanjut usia saja, sekarang ini banyak remaja, bahkan anak-anak yang sudah terserang penyakit kolestrol.  Siapa sangka ternyata obat dari penyakit satu ini ialah daun jambu biji.

Daun jambu biji dipercaya dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Ini dijelaskan pada sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Nutrition and Metabolism.
Dalam artikel tersebut menerangkan bahwa ada sebuah penelitian di mana para koresponden yang meminum air saringan dari daun jambu biji, mengalami penurunan kadar kolestrol sesudah 8 minggu mengonsumsi minuman tersebut.

 

3. Manfaat daun jambu biji mencegah obesitas

Tak disangka sangka khasiat dari daun jambu biji ternyata juga dapat atasi masalah berat badan (kegemukan) pada kebanyakan orang. Berbagai cara rela dilakukan para penderita obesitas guna menurunkan berat badannya.

Salah satu penyebab umum dari seseorang terkena obesitas adalah karna mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih yang kemudian berubah menjadi gula. Daun jambu biji ini dipercaya dapat mencegah karbohidrat kompleks agar tidak berubah menjadi gula.

Baca Juga : Manfaat Kacang Tanah Rebus yang Sayang Jika Dilewatkan. Check It!

4. Melawan berbagai jenis penykait kanker

Tahukah Kamu ternyata daun jambu biji bisa digunakan sebagai penangkal berbagai jenis penyakit kanker? Kanker menjadi musuh paling berbahaya bagi kesehatan semua orang, apalagi orang yang menderita penyakit ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kandungan lycopene antioksidan yang tinggi dalam daun jambu bisa bermanfaat sebagai penolong untuk melawan kanker. Terlebih lagi kanker payudara, prostat, dan juga kangker mulut.

 

5. Manfaat daun jambu biji bantu hilangkan jerawat

Sumber : https://jurnalpost.com/

Jerawat benar-benar sangat mengganggu penampilan siapa saja, terutama bagi kaum hawa. Tapi tak usah hawatir, dengan daun jambu biji Kamu bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu  menumbuk daun jambu biji sampai halus, kemudian oleskan pada wajahmu yang berjerawat.

 

6. Meningkatkan tekstur kulit

Selain dapat menyelesaikan masalah jerawat, manfaat daun jambu biji yang lainnya yaitu untuk meningkatkan tekstur kulit seperti dapat menghaluskan permukaan kulit wajah.

Jadi, selain agar tidak memiliki jerawat, mengoleskan ramuan daun jambu biji pada wajah Juga dapat memberi nutrisi serta menjadikannya halus secara merata. Bagus buah ataupun daunnya, jambu biji terbukti bisa mengencangkan otot-otot di wajah.

 

7. Mengobati sariawan dan sakit gigi

Daun jambu biji juga baik bagi kesehatan mulut yang meliputi kesehatan gigi Kamu, lho. Seperti dapat mengobati gangguan mulut yaitu sariawan dan sakit gigi.

Caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengunyah daun jambu biji tersebut. Dengan begitu Kamu sudah bisa mengobati penyakit sariawan dan juga sakit gigimu. Perlu di ingat Kamu hanya perlu mengunyahnya saja dan tidak usah ditelan.

 

8. Mengatasi masalah rambut rontok

Sumber : https://cdns.klimg.com/

Punya masalah seputar rambut rontok? Tanpa perlu pergi ke salon, kini Kamu dapat mengatasinya sendiri di rumah. Cukup gunakan bahan herbal, yaitu air rebus daun jambu biji.

Cara pengaplikasianya kamu hanya perlu menyiramkan air rebusan yang telah dingin di kulit kepala serta berilah pijatan secara ringan. Lakukan cara tersebut beberapa kali, agar masalah rambut rontokmu teratasi.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Bengkak dan Penyebabnya, Check It!

 

9. Mengatasi penyakit gula darah

Penyakit lain yang sering menjadi masalah bagi kesehatan tubuh dan memiliki resiko tinggi adalah penyakit diabetes.

Bagi Kamu yang sedang mencari penawar bagi masalah penyakitmu, tak ada salahnya untuk coba menanganinya dengan obat herbal, salah satunya menggunakan daun jambu biji.

Sebab daun jambu biji memiliki serat tinggi dan berkhasiat untuk melawan diabetes dengan cara meperlambat penyerapan gula dalam darah. Ekstrak dari daun jambu biji juga bisa mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

 

10. Mengobati penyakit gastrointestinal

Gastrointestinal merupakan hal yang berkaitan dengan organ pencernaan seperti lambung dan usus. Memang tak perlu di ragukan lagi, daun jambu biji merupakan pohon sejuta manfaat karena bisa mengobati persoalan masalah gastrointestinal juga.

Ia bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir ekstra yang terdapat pada lambung sehingga pencernaanmu tidak akan teriritasi oleh lendir tersebut.

Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan mikroba berlebih di dalam usus, karena memiliki sifat anti kuman.

 

11. Menigkatkan kekebalan tubuh

Sumber : https://asset.kompas.com/

Supaya tidak mudah terserang virus penyakit, Kamu harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik pula. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, agar tidak mudah tertular dan terkena penyakit, kamu harus menjaga imun tubuhmu agar selalu vit.

Salah satu caranya kamu bisa mengonsumsi minuman yang mengandung ekstrak daun jambu biji ataupun merebusnya secara manual karna khasiatnya sama saja.

 

12. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat terjadi karna banyak faktor, salah satunya seperti faktor keturunan. Penyakit satu ini juga merupakan penyakit beresiko utama yang sangat diwaspadai bagi setiap orang, sehingga tidak boleh disepelekan sedikit pun.

Untuk menjaga kesehatan jantungmu dan untuk memperlancar sirkulasi darah, tidak ada salahnya untuk kita melakukan pencegahan mulai dari sekarang, dengan cara mengonsumsi daun jambu biji.

Baca Juga : Bengkak di Bawah Telinga Penyebab dan Cara Mengatasinya!

 

13. Meningkatkan organ penglihatan

Sumber : https://image-cdn.medkomtek.com/

Tak selalu wortel yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan mata. Ternyata daun jambu biji juga mengandung vitamin A tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja indra penglihatan.

Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menurunkan resiko penyakit katarak dan degenerasi makula.

 

14. Manfaat daun jambu biji bagus untuk otak

Manfaat lain dari daun jambu biji  yaitu mengandung vitamin B3 (niasin) dan vitamin B6 (Piridoksin) yang berguna untuk membantu mlancarkan sirkulasi darah menuju otak. Kandungan tersebut juga berguna untuk menstimulus fungsi kognitif dan dapat menenangkan saraf.

 

15. Mngatasi masalah susah buang air besar

Daun jambu terbukti memiliki kadar serat yang tinggi. Sehingga tak heran apabila daun jambu biji dapat digunakan sebagai obat sulit membuang air besar (sembelit).

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Jadi tak usah ragu lagi untuk menjadikan daun jambu biji sebagai obat herbal untuk menangani masalah kesehatan Kamu. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Baca Juga : Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil, Check It!