manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!

Posted on

manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil – Salah satu rekomendasi kudapan manis untuk ibu hamil yang dapat menjadi pilihan yaitu, jagung rebus. Berbagai kandungan nutrisinya mempengaruhi manfaat jagung rebus untuk ibu hamil. Berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam jagung tersebut memberikan manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Sebagai salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi ibu hamil, jagung rebus juga mempunyai rasa yang cukup enak. Jagung mengandung serat, lemak, omega-3, omega-6, folat, vitamin, kalori, air, protein, karbohidrat, gula dan mineral seperti zinc dan magnesium.

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil memang sangat baik, namun tetap harus dibatasi jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan. Untuk mengkonsumsi jagung rebus, pilihlah jagung yang masih segar, hindari jagung yang sudah disimpan di kulkas dan usahakan hindari penambahan pemanis buatan. ivermectin cattle dose

Lalu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat jagung rebus untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!

1. Menjaga Kesehatan Plasenta

Memelihara kesehatan plasenta terbilang tidak begitu mudah saat kehamilan. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi jagung secara rutin. ivermectin tablet price south africa Jagung terdapat kandungan kalium yang dapat menjaga cairan dalam tubuh, sehingga keamanan sel plasenta dapat terjaga.

manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

Sumber: https://pidjar.com

2. Sebagai Nutrisi Pelengkap Ibu Hamil

Kandungan vitamin kompleks di dalam jagung bermanfaat bagi kesehatan saraf. Jagung rebus juga banyak mengandung mineral seperti selenium, zat besi, mangan dan magnesium. Selain itu, jagung juga dapat menjaga kesehatan Ibu hamil secara keseluruhan, sehingga badan tidak mudah lelah, pegal-pegal dan letih.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah gangguan kehamilan yang paling kerap terjadi di periode permulaan kehamilan. Produksi hormon progesteron dapat mempengaruhi usus, sehingga pencernaan ibu hamil melambat.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jagung secukupnya selama kehamilan. Hal ini dikarenakan jagung mengandung sumber serat yang cukup tinggi sehingga usus ibu hamil dapat bekerja lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

4. Meningkatkan Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat jagung rebus berikutnya adalah meningkatkan tumbuh kembang janin. Asam folat yang terkandung pada jagung rebus bermanfaat untuk mendukung perkembangan serta pertumbuhan janin. ivermectin worms dogs

Sehingga, jagung dapat mencegah bayi terlahir dengan berat badan kurang serta bayi terlahir cacat seperti, cacat pada tulang belakang dan saraf.

manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

Sumber: https://kumparan.com

5. Mencegah Cacat Otot Bayi

Kesehatan otot adalah salah satu bagian yang sangat penting pada kesehatan janin. Terlebih, sistem penyusunan massa otot dibentuk sejak di dalam kandungan. Adanya zat yang bernama zeaxanthin di dalam jagung, mempunyai peran yang besar dalam penyusunan masa otot, sehingga jagung sangat baik untuk janin.

Masalah cacat otot umumnya dialami oleh bayi yang lahir karena, kekurangan zexanthin selama di dalam kandungan. Kondisi ini umumnya terjadi saat bayi memasuki usia lebih dari 1 tahun.

Baca Juga: Manfaat Apel untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Simak!

6.  Mengembangkan Fungsi Otak Janin

Salah satu sumber tiamina yang cukup tinggi terdapat pada jagung. Janin membutuhkan tiamina guna mendukung fungsi kognitif, serta membentuk perkembangan sel-sel otak terhadap bayi.

Perkembangan otak janin sudah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga, asupan tiamina yang cukup akan membantu menjaga kehamilan serta meningkatkan kecerdasan yang sangat baik bagi bayi.

7. Membantu Proses Kesempurnaan Organ Bayi

Kandungan gizi yang sangat penting pada jagung adalah asam pantotenat. Asam pantotenat ini sangat berperan penting dalam mengembangkan fungsi organ dalam tubuh seperti paru-paru, ginjal, jantung dan otak.

Selama kehamilan janin yang kekurangan asupan pantotenat, umumnya akan ditemukan sejumlah kelainan yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh.

Demikian manfaat jagung rebus untuk kesehatan ibu hamil. Bahkan, ibu hamil yang mempunyai riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi serta diabetes sangat baik mengkonsumsi jagung rebus ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadikan jagung sebagai menu sehat keseharian Ibu maupun makanan ringan sehat Ibu.

Baca Juga: Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Wajib Baca!

Baca juga  Apa Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan? Yuk, Cari Tahu Disini!