manfaat buah pepaya untuk ibu hamil

22 Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil, kesehatan dan kecantikan

manfaat buah pepaya untuk ibu hamil
image from pexels.com

Manfaat menakjubkan buah pepaya untuk ibu hamil, kesehatan, dan kecantikan kulit yang sangat luar biasa. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis saat sudah masak. Pepaya berasal dari Amerika tengah dan merupakan tanaman besar yang menyerupai pohon meskipun batangnya dari pepaya tidak memiliki kayu.

Saat ini buah pepaya banyak dibudidayakan di negara-negara tropis termasuk di Indonesia. Buah pepaya biasanya ditanam dari bijinya dan berkembang sangat cepat dan biasanya diproduksi pada akhir tahun pertama pembuahannya. Secara umum pepaya memiliki umur yang pendek karena kebanyakan dari tanaman ini hanya hidup sekitar 5 tahun saja bahkan ada yang lebih pendek.

 

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

1. Tinggi karotenoid

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan ibu hamil yang pertama adalah tinggi kandungan karetenoid. Peran karotenoid dalam kesehatan manusia telah lama diteliti. Karotenoid diyakini merupakan komponen penting dalam mengurangi resiko penyakit kanker dan masalah mata. Jenis karotenoid yang paling banyak diteliti adalah beta karotin, likopen, dan lutein.

Sumber utama karotenoid yang saat ini dikenal adalah tomat dan wortel. Akan tetapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa karotenoid utama yang dapat diolah lebih mudah adalah buah pepaya. Fakta menunjukkan bahwa bioavailabilitas beta karoten dari buah pepaya hampir 3 kali lebih tinggi daripada tomat atau wortel.

Beta karoten adalah nutrisi yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini sangat penting sekali untuk kesehatan mata sekaligus berperan sebagai antioksidan penting yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

2. Kurangi stres oksidatif dan efek buruk radikal bebas

Radikal bebas merupakan bahan kimia reaktif dengan 1 elektron yang tidak berpasangan, sehingga membuatnya sangat tidak stabil dan berbahaya bagi sistem biologis dengan menyebabkan tekanan oksidatif pada organisme. Salah satu faktor yang penting untuk mencegah efek buruk radikal bebas adalah mengkonsumsi makanan kaya antioksidan termasuk buah pepaya. Manfaat buah pepaya untuk menangkal radikal bebas ini disebabkan karena di dalam buah pepaya terdapat beberapa senyawa penting yang bertindak sebagai antioksidan seperti karotenoid.

Kandungan antioksidan dalam buah pepaya akan membuat bahan kimia tersebut tidak bisa merusak tubuh sehingga tidak akan memiliki reaksi membahayakan. Meskipun demikian, jika radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan yang anda masukkan ke dalam tubuh maka kerusakan oksidatif dapat terjadi. Untuk itu menjaga asupan antioksidan sangat penting sekali dalam menjaga keseimbangan radikal bebas di dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit neurodegeneratif dimana penyakit ini dapat menyebabkan demensia pada orang tua. Para peneliti mengambil kesimpulan bahwa penyakit ini tidak disebabkan oleh penyebab tunggal namun diprakarsai oleh serangkaian faktor yang sangat rumit. Dan salah satu faktor tersebut adalah stres oksidatif yang tidak diimbangi dengan asupan antioksidan yang cukup.

Pepaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga berpotensi besar untuk mencegah penyakit alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan fermentasi buah pepaya dapat mengurangi risiko alzheimer. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan ini bisa dirasakan oleh orang tua terutama yang memasuki usia diatas 50 tahun.

4. Mengurangi resiko penyakit kanker

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Seperti yang disebutkan di atas bahwa kandungan likopen yang ada di dalam buah pepaya dan beberapa jenis karotenoid lainnya berperan penting sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari reaksi oksidatif radikal bebas. Reaksi oksidatif dari radikal bebas tersebut dapat merusak DNA yang pada gilirannya akan mengaktifkan onkogen atau gen penyebab kanker.

Selain itu, hal yang perlu diingat adalah oksidatif saat dikombinasikan dengan kadar insulin dan glukosa yang tinggi dapat menimbulkan risiko kanker terutama bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi setidaknya 2 potong buah pepaya setiap hari dapat menghindarkan anda dari resiko penyakit kanker.

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan juga dirasakan oleh mereka yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung sebenarnya penyakit jantung bisa menyerang siapa pun tanpa mengenal usia. Akan tetapi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, kadar gula darah dan kolesterol tinggi menjadi sangat rentan mengalami penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian secara acak menunjukkan bahwa puluhan pasien obesitas saat diberikan asupan buah dan makanan nabati yang mengandung tinggi karotenoid, dapat meningkatkan kardioprotektif HDL yang mengarah pada penurunan LDL atau kolesterol buruk. Orang-orang yang memiliki kandungan HDL tinggi di dalam tubuhnya memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Pepaya memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang juga berperan penting dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

6. Mengurangi resiko inflamasi

Peradangan atau inflamasi kronis dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, resistensi insulin, dan gangguan metabolisme lainnya. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi di dalamnya dapat meredam peradangan dengan mempengaruhi sel T yang menangani merespon anti inflamasi.

Penelitian menunjukkan bahwa sitokin inflamasi dapat ditekan secara signifikan saat seseorang mengkonsumsi pepaya yang secara langsung memberikan respon anti-inflamasi melalui penggunaan sel T.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan anda

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang paling umum adalah meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Buah pepaya memang kaya akan kandungan serat di mana serat sangat penting sekali untuk menjaga sistem pencernaan anda tetap sehat. Kandungan serat dalam buah pepaya dapat melembekkan tinja sehingga mempermudah proses pengeluarannya. Selain itu, serat juga berguna membuang racun dan bahan kimia dalam tubuh kita sehingga berperan penting dalam mencegah kanker usus besar.

Selain serat, pepaya juga memiliki kandungan enzim tertentu yang dapat membantu pencernaan protein, enzim tersebut adalah proteolitik. Para peneliti percaya bahwa enzim inilah yang paling banyak berpengaruh pada manfaat buah pepaya untuk kesehatan pencernaan. Bahkan, orang-orang di beberapa budaya biasanya menggunakan pepaya sebagai obat alami untuk menangani masalah pencernaan seperti sembelit, mulas, dan gejala sindrom iritasi usus besar.

8. Mengobati bisulan

Selain dari dagingnya ternyata manfaat buah pepaya juga didapat dari ekstrak biji buahnya. Sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi manfaat pepaya ini menggunakan model induksi ulkus gaster akut dan ulkus kronis pada tikus. Saat diberikan pada tikus ekstrak biji pepaya secara signifikan dapat mengurangi lesi lambung dan gejala bisulan. Di beberapa negara seperti Afrika Barat biasa sangat sering terjadi dan penting untuk menemukan obat alami seperti menggunakan biji buah pepaya.

9. Obat untuk demam berdarah

Selain buahnya, daun dari tanaman pepaya ini dapat dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman pepaya dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan platelet dalam darah yang merupakan gejala demam berdarah secara umum. Para ilmuwan percaya bahwa ekstrak dari daun pepaya mengandung sifat stabilisasi membran sehingga dapat melindungi darah terhadap kerusakan akibat stres yang penting untuk meringankan gejala demam berdarah.

10. Menghilangkan parasit dari dalam tubuh

Buah pepaya ternyata cukup efektif digunakan sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing dan parasit dari dalam tubuh. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan zat yang disebut caracin di mana zat yang satu ini banyak ditemukan dalam biji buah pepaya. Caracin dalam buah pepaya ini terkenal karena keefektifannya dalam membersihkan organisme cacing gelang di dalam tubuh manusia.

11. Mencegah diabetes

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit diabetes. Pepaya mengandung tinggi serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah anda. Sebagai salah satu buah sehat rupanya telah dikenal menghasilkan efek hipoglikemik dan memperbaiki profil lipid pada subjek hewan dan manusia ketika ekstrak buah pepaya berair diberikan pada tikus yang diinduksi oleh diabetes. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol. Menjaga keseimbangan kadar kolesterol dan glukosa dalam darah sangat penting untuk mencegah penyakit diabetes.

12. Mengurangi penyakit radang sendi

Rheumatoid arthritis adalah penyakit kompleks yang memiliki banyak respon inflamasi dan imunologi yang sama dengan penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya dapat membantu anda mengurangi radang sendi. Selain itu, kandungan sitokin dalam buah pepaya mampu mempercepat penyembuhan dan mengurangi kecepatan mekanisme pembekuan darah. Hal ini pada akhirnya akan memperbaiki sirkulasi dan memberi nutrisi pada daerah yang mengalami peradangan.

13. Mengurangi resiko penyakit stroke

Penyakit stroke banyak dialami oleh orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang asupan serat dan mineral. Ada banyak manfaat buah pepaya untuk mencegah stroke salah satunya adalah dengan cara mengurangi kolesterol buruk atau LDL. Selain sera kandungan likopen dalam buah pepaya ternyata juga memiliki efek penurunan kolesterol.

Sebuah analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi nikotin sekitar 25 mg setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol buruk atau LDL sekitar 10%. Jadi untuk mencegah stroke anda bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin karena buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi.

14. Mencega penyakit paru-paru

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah pepaya bukan hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga mencegah penyakit paru-paru. Penelitian yang dilakukan di Kansas State University menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin A dan penyakit radang paru-paru. Temuan ini telah mengungkap manfaat buah pepaya untuk kesehatan paru-paru, karena buah ini memang sangat tinggi beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

 

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil

1. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan adalah dari kandungan asam folatnya yang tinggi. Selama masa kehamilan sang ibu harus mendapatkan asupan asam folat yang cukup untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Asam folat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Mengkonsumsi buah pepaya yang sudah masak dapat membantu asupan asam folat ibu hamil.

2. Mencegah anemia pada ibu hamil

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia sehingga mereka harus mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Anemia ditandai dengan beberapa gejala seperti denyut jantung tidak teratur, kulit tampak pucat, sesak napas, cepat merasa lelah, nyeri dada, bahkan sakit kepala.

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia karena meningkatnya volume plasma yang tidak diimbangi oleh kenaikan volume sel darah merah. Buah pepaya mengandung asam folat yang bukan hanya dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi, tetapi juga membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

3. Membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Selama hamil seorang wanita memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan biasanya hal ini dikarenakan apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil bukan hanya diserap oleh tubuhnya tetapi juga janin dalam kandungan. Kurangnya asupan nutrisi dari makanan selama kehamilan bukan hanya berdampak buruk pada ibu hamil tetapi juga pada bayinya. Buah pepaya mengandung tinggi nutrisi penting seperti vitamin, mineral, asam folat, dan zat besi yang berguna meningkatkan kesehatan ibu dan bayi.

Buah pepaya bisa dikatakan sebagai makanan yang lengkap bagi ibu hamil karena satu porsi buah ini telah menyediakan banyak nutrisi penting yang diperlukannya. Pastikan anda memilih buah pepaya yang sudah masak karena buah pepaya yang masih mentah memiliki efek samping tersendiri bagi ibu hamil.

4. Mencegah hipertensi pada ibu hamil

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah mencegah hipertensi. Bagaimanapun keadaannya darah tinggi atau hipertensi sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika hal ini dialami oleh ibu hamil. Tekanan darah yang tinggi selama masa kehamilan dapat meningkatkan resiko pendarahan pada saat proses persalinan. Selain itu, hipertensi yang tidak ditangani dengan benar akan meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Buah pepaya mengandung tinggi kalium yang sangat baik untuk menjaga kestabilan detak jantung pada ibu hamil. Dengan detak jantung yang stabil maka risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diminimalisir.

Artikel terkait:

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan

1. Membuat anda tampak lebih muda

Buah pepaya ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan kulit anda. Buah pepaya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dan likopen yang tinggi dalam buah pepaya disebut-sebut sebagai salah satu faktor penting untuk mencegah penuaan pada kulit. Penuaan merupakan proses yang wajar tetapi bisa terjadi lebih cepat akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas termasuk pada kulit dan jaringan di dalam tubuh.

2. Mengobati luka pada kulit

Buah pepaya disebut-sebut bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi luka bakar. Para ilmuwan percaya bahwa manfaat buah pepaya ini berasal dari enzim proteolitik dalam buah pepaya sekaligus aktivitas antimikroba nya. Penelitian menunjukkan bahwa buah pepaya dapat meningkatkan pengembangan jaringan pada kulit yang terluka. Menggunakan buah pepaya bisa menjadi alternatif untuk mengatasi luka bakar.

3. Mencegah jerawat di wajah

Buah pepaya memang sering digunakan sebagai masker wajah yang berguna membersihkan sekaligus mencegah masalah kulit termasuk jerawat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa salep yang terdiri dari kombinasi papain (nutrisi dalam buah pepaya) dan senyawa lainnya dapat membantu mengurangi jerawat dengan cukup baik. Papain merupakan protein pelarut enzim yang cukup efektif dalam menghilangkan lemak dan membersihkan kulit yang pada akhirnya akan membantu mengurangi resiko jerawat.

4. Mencegah kerusakan pada kulit

Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Mengkonsumsi buah pepaya atau menggunakannya sebagai masker dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kandungan mikronutrien yang ditemukan dalam buah pepaya seperti karotenoid dan flavonoid dapat memberikan proteksi sistematis dari sinar matahari yang berbahaya. Sinar matahari yang mengenai kulit secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil, kesehatan dan juga kecantikan kulit anda, semoga dapat berguna.