cara menghilangkan bau badan secara alami

Top 12 Cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat

Posted on
cara menghilangkan bau badan secara alami
Ilustrasi cara menghilangkan bau badan secara alami

Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat menggunakan bahan-bahan rumahan yang pastinya aman dan tidak menimbulkan efek samping berarti. Berkeringat sebenarnya merupakan mekanisme alami tubuh kita untuk menjaga suhu tetap terkendali. Akan tetapi keringat berlebih terkadang dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Peningkatan bau badan yang tiba-tiba biasanya disebabkan oleh keringat yang berada pada daerah ketiak di mana bau yang ditimbulkannya cukup menyengat. Bau badan bisa terjadi akibat protein dalam keringat dipecah oleh bakteri sehingga menjadi asam yang memiliki bau tidak sedap.

 

Penyebab bau badan berlebih

Sebelaum mencari tahu cara menghilangkan bau badan secara alami sebaiknya anda mengetahui penyebab munculnya bau badan. Berlawanan dengan kepercayaan yang saat ini banyak berkembang bahwa bau badan utamanya dihasilkan akibat terlalu banyak bakteri pada kulit. Meskipun tidak sepenuhnya salah, akan tetapi sebenarnya bukan hal itu penyebab utama munculnya bau badan. Pada dasarnya bau badan di tubuh kita diakibatkan oleh hasil dari pemecahan protein yang menjadi asam.

Bakteri sebenarnya memang memiliki peran akan tetapi konsentrasi protein dalam keringat lah yang merupakan penyebab utama munculnya bau badan tersebut. Pada dasarnya ada dua jenis asam yang dapat menyebabkan bau badan yaitu asam propionat dan asam isovaleric.

Penyebab bau badan yang pertama adalah asam propionat. Asam ini dibantu oleh bakteri yang dikenal sebagai propionibacterium asam ini memiliki bau yang sangat menyengat dan mirip dengan cuka. Sedangkan isovaleric diciptakan oleh bakteri staphylococcus epidermidis, di mana asam ini juga ditemukan dalam berbagai jenis keju.

Keringat yang mengandung asam amino dihasilkan oleh dua jenis kelenjar yang ditemukan di seluruh tubuh yang bisa menyebabkan bau badan. Kelenjar utama yang bertanggung jawab menciptakan pembentukan keringat penyebab bau badan yang mengalir ke permukaan kulit adalah eccrine. Keringat ini juga memainkan peran penting dalam pengaturan suhu tubuh.

Sedangkan kelenjar yang kedua adalah apokrin dimana kelenjar ini merupakan penyebab utama munculnya bau badan yang tidak diinginkan. Kelenjar ini biasanya ditemukan di berbagai bagian tubuh termasuk ketiak, kelopak mata, payudara dan daerah genital lainnya. Selain mengatur bau badan, fungsi lain dari kelenjar ini adalah menciptakan kotoran telinga dan tetesan lemak dalam ASI.

Pada umumnya, peningkatan bau badan yang terjadi secara tiba-tiba pada perempuan lebih parah dibandingkan peningkatan yang terjadi pada tubuh laki-laki. Peningkatan bau badan secara tiba-tiba pada tubuh wanita berasal dari selangkangan dan ketiak, di mana kesemuanya hampir dipicu oleh kelenjar apokrin. Hal inilah yang menjadikannya sering disebut sebagai kelenjar aroma.

Kelenjar ini biasanya akan mengalami overdrive, sehingga memicu bau badan karena 2 alasan. Yang pertama adalah stres dan kecemasan berlebih yang dialami oleh seseorang. Jika hal ini terjadi, kelenjar tersebut akan diaktifkan secara otomatis sehingga bisa memicu munculnya bau badan.

Alasan yang kedua munculnya bau badan yang tidak sedap adalah pola makan yang buruk. Makanan tertentu memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi sehingga sangat sulit dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Beberapa rempah-rempah termasuk bawang merah, bawang putih, asparagus, dan kecambah diketahui juga dapat menyebabkan bau badan berlebih.

Selain penyebab bau badan tersebut, faktor kesehatan, usia, dan jenis kelamin sangat berpengaruh terhadap tingkat bau badan seseorang.

 

Cara menghilangkan bau badan secara alami

Biasanya orang-orang yang memiliki bau badan berlebih akan menggunakan deodoran untuk membuat bau badan tidak begitu menyengat. Akan tetapi, banyak orang yang mempertanyakan apakah bahan kimia yang terdapat pada deodoran aman digunakan jangka panjang. Bagi anda yang tertarik untuk menghilangkan bau badan menggunakan bahan alami, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut daftar obat rumahan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan atau mengurangi bau badan berlebih:

Baca juga  17 Manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan yang mengagumkan

1. Menggunakan baking soda

Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat yang pertama adalah memanfaatkan baking soda. Soda kue atau baking soda ternyata bisa digunakan sebagai bahan yang cukup efektif untuk mengatasi masalah bau badan tersebut. Selain murah, penggunaan baking soda juga diketahui cukup efektif dalam mengendalikan tingkat bau badan.

Baking soda dapat menyerap kelembaban yang berada pada kulit sehingga cukup efektif dalam mengurangi keringat berlebih yang menjadi penyebab bau badan. Selain itu baking soda juga memiliki sifat antibakteri yang juga mengarah pada pengurangan bau badan. Jika anda tertarik menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau badan berikut caranya:

Pertama-tama campur satu sendok makan baking soda dengan air untuk dibuat menjadi sebuah pasta penghilang bau badan. Pasta ini nantinya akan diaplikasikan pada daerah ketiak serta bagian lain di dalam tubuh yang rentan mengalami keringat dan bau badan. Tunggu hingga pasta mengering kemudian bersihkan menggunakan air. Lakukan dengan teratur agar bau badan anda segera hilang.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan di antaranya adalah cuci bagian tubuh anda yang terdapat baking soda dengan cara yang lembut dan tidak menggosoknya. Melakukan cara di atas secara rutin selama beberapa minggu dapat membantu menghilangkan bau badan dengan cepat.

2. Menggunakan biji fenugreek

Biji fenugreek merupakan salah satu bahan alami yang cukup bagus dalam menghilangkan bau badan secara alami. Selain alami, biji fenugreek juga relatif aman dan hampir tidak menimbulkan efek samping berarti. Untuk menggunakan biji fenugreek pertama haluskan biji tersebut kemudian tambahkan dengan air secukupnya. Setelah itu, rebus hingga kandungan airnya menjadi berkurang setengah. Ramuan tersebut setiap pagi pada saat perut kosong untuk mengurangi bau badan. Diantara kegunaan ramuan ini adalah membantu mengurangi keringat berlebih sekaligus berguna sebagai detoksifikasi tubuh.

3. Cuka sari apel

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya adalah dengan cuka sari apel. Cuka sari apel merupakan agen anti bakteri yang sangat kuat sekaligus membantu menyeimbangkan kadar ph kulit. Hal ini sangat penting sekali untuk menghilangkan bau badan dengan cepat. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi bau badan menggunakan cuka sari apel. Jika anda tertarik ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara yang paling sederhana adalah menerapkan secara langsung cuka sari apel ke bagian tubuh anda yang berpotensi mengalami keringat berlebih sehingga memicu bau badan. Cara ini harus dilakukan dengan rutin terutama di saat sebelum tidur dan di pagi harinya.

Selain cara di atas, untuk menghilangkan bau badan anda juga bisa mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel ke segelas air hangat yang ditambahkan dengan sedikit madu. Minum ramuan yang anda buat tadi satu gelas sebelum makan.

4. Biji adas

Mengkonsumsi ramuan biji adas merupakan salah satu pengobatan rumah yang cepat untuk menghilangkan bau badan secara alami. Cara ini juga sangat mudah dan murah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan banyak biaya. Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan biji adas adalah: tambahkan biji adas yang sudah dilembutkan dengan air kemudian rebus dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, saring campuran tadi dan tambahkan madu untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat. Minum ramuan yang telah anda buat tadi setiap hari untuk mengurangi bau badan sekaligus meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

Baca juga  Obat Sakit Mata Alami

5. Menggunakan jus lemon segar

Lemon memang terkenal menjadi salah satu bahan alami yang cukup baik dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh. Salah satu manfaat lemon yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya dalam menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat. Sama halnya dengan baking soda lemon juga dapat membantu menurunkan tingkat ph kulit. Tingkat ph yang lebih rendah pada akhirnya akan membuat bakteri lebih sulit untuk berkembang. Jika anda tertarik memanfaatkan lemon sebagai bahan untuk menghilangkan bau badan secara alami tanpa menggunakan deodoran, berikut langkah yang harus anda lakukan:

Pertama siapkan 1 buah lemon segar berukuran sedang. Setelah itu amandemen tersebut kemudian potong menjadi 2 bagian. Gosokkan 1 bagian lemon tersebut pada tubuh yang sering mengalami bau badan misalnya pada ketiak bagian kiri. Dan satu irisan lemon lagi bisa anda gosokkan pada ketiak bagian kanan.

Jika anda memiliki kulit sensitif sebaiknya tambahkan air terlebih dahulu sebelum menerapkan lemon ke kulit anda. Hal ini untuk mencegah iritasi dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan setelah penggunaan lemon.

6. Minum teh hijau secara rutin

Teh hijau aerah merupakan salah satu ramuan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Salah satu antioksidan yang terdapat dalam teh hijau adalah asam tannic yang sangat berguna sekali terutama dalam menghilangkan bau badan. Teh hijau berguna membantu tubuh dalam melawan bakteri penyebab bau badan. Anda bisa mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk mengurangi bau badan secara bertahap.

7. Menggunakan witch Hazel

Witch Hazel telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bau badan dengan cepat dan pastinya aman. Witch Hazel bekerja dengan cara menciptakan agen anti bakteri yang akan mengurangi bau badan secara bertahap. Selain itu sifat astringent dari witch Hazel juga berguna mengecilkan pori-pori kulit sehingga mengurangi produksi keringat berlebih. Hal ini sangat penting sekali dalam mengurangi bau badan tidak sedap.

Anda bisa menggunakan dengan bantuan sebuah bola kapas. Cara ini bisa dilakukan kapan pun saat anda merasa tubuh mengalami bau yang tidak enak karena witch Hazel dapat bekerja seperti antiperspiran alami. Berikut cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat menggunakan witch Hazel:

Langkah pertama untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menambahkan satu cangkir witch Hazel ke dalam seember air. Rendam pakaian anda selama 10 sampai 20 menit. Selain cara tersebut, anda juga bisa membuat semprotan dari witch Hazel dengan cara mencampurkannya dengan air kemudian masukkan ke dalam sebuah botol berukuran standar. Semprotkan pada bagian pakaian yang sering terkena dampak dari bau badan misalnya pada bagian ketiak.

8. Garam epsom

Mandi menggunakan garam epsom merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bau badan secara alami dan mudah. Ini merupakan teknik sederhana yang hanya membutuhkan dua sampai tiga cangkir garam epsom saja. Caranya tambahkan garam epsom ke bak mandi anda kemudian gunakan untuk berendam. Melakukan perendaman tubuh setiap hari selama satu sampai dua minggu dapat mengurangi keringat berlebih dengan cepat. Hal ini pada gilirannya akan menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

9. Menggunakan rosemary

Rosemary bisa dimanfaatkan sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau badan berlebih. Tanaman ini akan membantu menjaga aroma tubuh tetap segar sekaligus terhindar dari bau badan yang menyengat. Rosemary memiliki kandungan klorofil dan juga mentol yang keduanya dapat mencegah munculnya bau badan sekaligus memberikan aroma yang menyegarkan pada tubuh kita.

Baca juga  Manfaat Buah Tin, Kamu Perlu Tahu

Untuk menyingkirkan bau badan menggunakan rosemary berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan: pertama siapkan setengah cangkir daun rosemary kering dan 4 cangkir air. Campur kedua bahan tadi kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit setelah itu tambahkan ke dalam bak mandi anda. Rendam tubuh anda ke dalam bak mandi yang sudah tercampur dengan rosemary tersebut untuk menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat.

10. Mandi dengan teh

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang tidak kalah baik adalah dengan mandi dengan teh. Meskipun hal ini mungkin terdengar sedikit aneh tapi menambahkan teh ke dalam air bak mandi anda ternyata dapat membantu menghilangkan bau badan secara alami. Hal ini bisa terjadi karena teh mampu mengurangi keringat berlebih sehingga mencegah munculnya bau badan.

Cara ini juga sangat sederhana dalam mengurangi bau badan karena anda hanya perlu menambahkan 4 kantong teh ke dalam 2 liter air. Setelah itu rebus hingga mendidih. Jika sudah, masukkan air teh tersebut ke dalam bak mandi anda kemudian gunakan berendam selama 20 sampai 25 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali seminggu agar bau badan anda segera hilang.

11. Menggunakan teh sage

Sage dikenal sebagai bahan yang memiliki aroma manis dan sering digunakan dalam berbagai macam produk deodoran. Teh sage juga dapat membantu mengurangi produksi keringat sekaligus mengendalikan kelebihan bakteri yang bisa memunculkan bau badan. Dengan demikian, menggunakan bahan ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Jika anda berkomitmen untuk mengurangi penggunaan deodoran penghilang bau badan berbahan kimia, penggunaan teh sage bisa menjadi alternatif yang mudah dan aman. Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat menggunakan teh sage adalah:

Pertama, masukkan satu sendok teh sage ke dalam secangkir air panas selama tidak lebih dari 10 menit. Saring daun teh tersebut kemudian minum untuk mengatasi bau badan. Mengkonsumsi teh sage secara rutin dapat meningkatkan kesehatan plus menjaga tingkat bau badan anda tetap terkontrol. Perlu anda perhatikan jangan mengkonsumsi teh sage lebih dari dua cangkir sehari karena akan memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan.

12. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat anti bakteri yang sangat kuat dan merupakan salah satu antiseptik alami yang cukup baik. Hal ini menjadi indikasi yang baik bahwa minyak pohon teh dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau badan. Kenyataannya minyak pohon teh dapat membantu melawan bakteri dan jamur yang ada di kulit yang biasanya dapat menyebabkan bau badan menyengat.

Cara menggunakan minyak pohon teh untuk mengurangi bau badan adalah: Ambil dua sendok teh minyak pohon teh setelah itu campur dengan 2 sendok makan air. Aplikasikan ke bagian tubuh seperti ketiak yang rentan mengalami bau badan. Biarkan selama setidaknya 15 menit kemudian bersihkan tubuh anda.

Baca juga:

Demikian tadi tips dan cara menghilangkan bau badan secara alami dengan cepat menggunakan bahan bahan rumahan. Dari kesemua cara di atas tersebut mana yang menurut anda paling mudah?