14 Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang sangat mengagumkan

manfaat buah strawberry untuk kesehatan
manfaat buah strawberry untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang sangat mengagumkan. Strawberry merupakan buah eksotis yang memiliki warna merah merona. Buah strawberry tidak bisa hidup sembarangan harus berada cuaca yang dingin sehingga buah ini secara umum tidak mudah dibudidayakan. Buah strawberry merupakan salah satu jenis buah mewah karena selain rasanya yang lezat buah ini juga memiliki segudang manfaat yang sangat mengagumkan untuk kesehatan.

Buah strawberry sering digunakan supaya perasa utama pada beberapa produk minuman dan makanan sehingga membuatnya begitu populer bahkan di kalangan orang yang tidak pernah memakannya sekalipun. Manfaat buah strawberry untuk kesehatan didominasi oleh beberapa kandungan antioksidan penting di dalamnya, termasuk vitamin A C dan E. Selain mengandung tinggi antioksidan buah strawberry juga memiliki beberapa mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan seperti magnesium, kalsium, kalium, zat besi, serta beberapa kelompok vitamin B kompleks seperti vitamin B2, vitamin B3 vitamin B5 dan vitamin B6.

Dari kandungan nutrisi buah strawberry tersebut tampaknya kita sudah bisa mengira-ngira mengenai manfaat buah strawberry bagi kesehatan. Nah bagi anda yang masih penasaran mengenai manfaat buah strawberry tersebut mari simak ulasannya berikut ini:

1.  Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Mata merupakan organ yang sangat penting sekali bagi kehidupan kita, karena memiliki fungsi yang sangat penting sehingga menjaga kesehatan mata menjadi suatu keharusan. Karena strawberry memiliki kandungan vitamin a yang cukup tinggi sehingga membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Sehingga bagi anda yang memiliki aktivitas yang lama terutama di depan komputer bisa memanfaatkan buah strawberry sebagai menu sehat harian.

2. Agen anti kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan cukup mematikan, penyakit ini secara umum dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Untungnya penyakit kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah strawberry segar secara rutin. Karena buah strawberry secara umum banyak tercemar oleh pestisida pastikan untuk mendapatkan manfaat buah strawberry yang satu ini anda harus memilih strawberry organik. Anda bisa mendapatkan manfaat buah strawberry untuk mencegah kanker dengan mengkonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam makanan.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung bisa dikatakan sebagai salah satu organ yang sangat vital sekali di dalam tubuh manusia. Tanpa jantung pastinya kita tidak akan bisa hidup karena jantung memainkan banyak peran penting yang tidak bisa digantikan dengan alat buatan manusia. Buah strawberry memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik seperti vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Beberapa nutrisi penting yang terdapat dalam buah strawberry seperti kalium dan asam folat sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan jantung. Selain buah strawberry mengkonsumsi buah-buahan segar yang memiliki tinggi kalium dan asam folat juga sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit terutama penyakit jantung.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Untuk membuat otak berfungsi dengan baik maka kita harus memenuhi nutrisinya. Nah, salah satu buah yang menyediakan nutrisi penting untuk kesehatan otak adalah buah strawberry. Strawberry memiliki kandungan vitamin C dan fitokimia penting yang berfungsi meningkatkan kinerja otak. Bukan hanya itu, kandungan yodium dalam strawberry juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Jadi mengkonsumsi buah strawberry setiap hari mungkin akan benar-benar membantu anda menjaga kesehatan otak.

5. Membantu menurunkan berat badan

Buah strawberry memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk dijadikan sebagai buah diet sehat. Serat dalam strawberry ini akan membantu melancarkan pencernaan sehingga membuat program diet anda lebih optimal. Selain mengandung tinggi serat, strawberry juga rendah kalori. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai berapa jumlah kalori yang masuk ke tubuh anda saat mengkonsumsi buah yang satu ini.

6. Meningkatkan suasana hati

Bagi anda yang sedang mengalami PMS atau memiliki suasana hati yang sedang kacau tidak ada salahnya mengkonsumsi buah strawberry. Hal ini dikarenakan buah strawberry ternyata memiliki manfaat dalam meningkatkan suasana hati. Dengan kata lain, mengkonsumsi buah strawberry dapat membuat anda lebih baik dalam mengontrol emosi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali dikonsumsi oleh mereka yang sering mengalami gangguan mental dan emosi. Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kemampuan buah strawberry dalam membantu pelepasan serotonin yang merupakan hormon bahagia.

7. Mengurangi jerawat di wajah

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering membuat kita tidak percaya diri. Jerawat sering tumbuh di berbagai tempat di wajah kita termasuk dari dan juga pipi sehingga membuatnya tampak mengganggu penampilan. Untungnya salah satu manfaat buah strawberry untuk kesehatan adalah membantu kita dalam mengurangi jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan buah strawberry ternyata memiliki beberapa nutrisi penting seperti alfa hidroksi acid, asam salisilat, vitamin C, dan flavonoid yang membantu dalam mengurangi minyak berlebih dan juga pertumbuhan jerawat.

8. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol menjadi salah satu sumber utama munculnya berbagai macam penyakit di tubuh kita. Bahkan, kolesterol disebut-sebut sebagai penyebab utama penyakit jantung. Pengingat kolesterol yang tinggi dalam tubuh kita dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan, maka mengurangi kelebihan kolesterol ini harus dilakukan. Buah strawberry memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana serat dapat membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh kita. Untuk itu sebaiknya konsumsi buah strawberry secara rutin terutama bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

9. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terdapat dalam buah strawberry membantu dalam menciptakan kolagen yang merupakan protein penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi dibandingkan harus membeli berbagai macam produk kecantikan yang mahal dan belum tentu aman untuk kulit anda tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah strawberry secara rutin.

10. Menjaga kesehatan tulang

Buah strawberry memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang diantaranya seperti kalium, vitamin K dan mangan yang membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang anda. Dengan tulang yang kuat maka anda akan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan seperti pengeroposan tulang atau yang lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. Tulang yang kuat juga akan membuat aktivitas anda menjadi lebih bebas seperti saat mengangkat beban dan lain sebagainya. Bagi anda yang memiliki usia di atas 50 tahun sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang baik untuk tulang seperti halnya buah strawberry.

11. Menjaga kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat akan membuat nutrisi dari makanan yang kita konsumsi mudah diserap oleh tubuh. Dengan nutrisi yang terserap sempurna maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun bisa terjaga dengan baik. Selain memaksimalkan penyerapan nutrisi serat juga berguna mencegah sembelit. Buah strawberry memiliki kandungan serat yang cukup melimpah sehingga anda dapat mengkonsumsinya secara rutin untuk membantu melancarkan pencernaan.

12. Sebagai agen anti inflamasi

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai agen anti inflamasi. Berapa masalah yang diakibatkan oleh inflamasi diantaranya termasuk aterosklerosis, osteoartritis, dan asma dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi fenol seperti buah strawberry. Kemampuan strawberry dalam mengurangi atau meringankan penyakit tersebut dengan cara menghambat enzim siklooksigenase yang hampir mirip dengan cara yang dilakukan oleh ibuprofen dan aspirin.

13. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh anda perlu dijaga agar dapat bekerja dengan baik. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup melimpah dimana vitamin C sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Manfaat strawberry ini bisa anda dapat dengan cara rutin mengkonsumsi nya dalam bentuk buah secara langsung atau dijus. Pastikan anda mendapatkan strawberry yang masih segar agar manfaatnya terjaga dengan baik.

14. Meringankan gejala alergi

Ternyata buah strawberry juga memiliki manfaat dalam meringankan atau mencegah alergi termasuk beberapa diantaranya adalah mata berair, gatal-gatal, dan juga pilek. Manfaat buah strawberry untuk kesehatan ini tentunya sangat membantu terutama bagi anda yang sangat sensitif sekali terhadap alergi dari makanan atau cuaca musim dingin.

Demikian informasi mengenai manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang bisa saya bagi semoga bisa memberikan manfaat untuk anda. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan anda