Contoh Bisnis Startup

Posted on

contoh bisnis startup

Contoh Bisnis Startup – Seiring dengan perkembangan zaman teknologi yang pesat ini, startup bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan. Startup sendiri apabila diartikan yaitu perusahaan atau bisnis yang baru pertama kali dirintis dengan konsep yang matang.

Perusahaan-perusahaan startup masih berada pada tingkat pengembangan agar menjadi perusahaan yang jauh lebih besar. Namun, tidak semua perusahaan baru dapat disebut dengan Startup, hanya yang bergerak di bidang web, teknologi, dan juga internet bisa disebut sebagai perusahaan rintisan (startup).

Berbicara mengenai karyawan dan gaji karyawan, sebuah startup mempunyai jumlah karyawan kurang dari 20 orang dengan total pendapatan yang dapat dikatakan masih kecil. Biasanya, perusahaan ini masih belum mempunyai kantor sendiri, namun menjalankan roda perusahaan melalui suatu website yang dijalankan melalui rumah atau ruko biasa.

Dari segi usia, perusahaan startup di Indonesia berumur kurang dari 2 tahun. Pada artikel ini, kami akan mengulas sejumlah bisnis startup terbaik dan ternama di Indonesia.

Apa sajakah perusahaan tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai contoh bisnis startup yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Contoh Bisnis Startup Terbaik dan Ternama di Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa contoh bisnis startup di Indonesia yang pada awalnya hanya sebuah ide yang dilakukan oleh sebagian kecil kelompok yang pada akhirnya menjadi sangat besar dengan pendapatan yang besar juga.

Mereka sudah berhasil membawa banyak perubahan dan menghadirkan para investor besar bernilai jutaan dollar. Siapa sajakah mereka?

contoh bisnis startup

Sumber: https://tekno.kompas.com

1. Gojek

Gojek adalah perusahaan startup dalam negeri yang bergerak dalam bidang angkutan melalui jasa ojek. Selain itu beragam layanan lainnya seperti antar makanan dan antar paket juga dapat menggunakan jasa perusahaan ini.

Pertama kali, gojek didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Telah lebih dari 50 kota di Indonesia yang sudah tersentuh layanan gojek dan rata-rata mereka puas dengan pelayanan yang ditawarkan. Selain di Indonesia, gojek juga menyebarkan ekspansinya ke luar negeri yakni ke Thailand dan juga Vietnam

contoh bisnis startup

Sumber: https://www.tokopedia.com

2. Tokopedia

Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi unicorn yang efeknya tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya.

Sampai sekarang ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak digunakan dan dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya Tokopedia menjadikan setiap individu, toko kecil, dan brand bisa dengan mudah membuka dan mengelola suatu toko online.

Tokopedia juga telah terdaftar sebagai salah satu toko online terbaik Indonesia yang memudahkan banyak orang berbelanja secara online.

Baca Juga: Struktur Organisasi Startup

contoh bisnis startup

Sumber: https://www.tek.id

3. Traveloka

Traveloka adalah perusahaan startup Indonesia yang menawarkan layanan pemesanan tiket pesawat, bus, kereta api dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Namun, sekarang ini untuk tiket pesawat, traveloka juga memberi pelayanan penerbangan menuju luar negeri seperti Asia dan juga Eropa.

Perusahaan Traveloka didirikan oleh Derianto Kusuma, Albert Zhang, dan Ferry Unardi. Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota dengan menaiki pesawat terbang, tiketnya dapat dibeli langsung lewat website traveloka.com ataupun lewat aplikasi traveloka yang ada di Google search console.

Tidak hanya itu, traveloka juga menjadi bagian dari salah satu perusahaan yang menyediakan tiket pesawat, kereta api dan hotel terbaik di Indonesia.

contoh bisnis startup

Sumber: https://akurat.co

4. Akulaku

Akulaku adalah perusahaan startup Indonesia sekaligus aplikasi virtual kredit finansial yang membantu Anda untuk melakukan kredit secara online.

Per tanggal 28 April 2017, akulaku juga sudah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia lewat Tanda Daftar Sistem Elektronik No.00262/DJAI.PSE/04/2017.

Dengan akulaku transaksi menjadi lebih aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuntungan atau OJK.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing

Sumber: https://swa.co.id

5. Ilotte

Ilotte dibentuk oleh dua perusahaan besar yang berasal dari Indonesia dan Korea Selatan, Salim Group dan Lotte Group. Bisnis e-commerce ini menyediakan konsep online mall.

Sejumlah brand populer seperti ELLE, Alleira, Electrolux, Volkswagen, Nike, Apple, Damn I Love Indonesia, JYSK, JBL dan lainnya telah ada pada e-commerce yang satu ini. Dengan adanya illote, Anda bisa berbelanja online dengan aman dan juga mudah yang ditunjang tiga fitur antara lain Flash Delivery, iPoint, dan iStyle.id.

Sumber: https://www.idkoin.com

6. Pundi X

Mata uang virtual seperti bitcoin kini sudah menjadi suatu fenomena. Banyak orang yang tertarik dan merasa bitcoin menghasilkan banyak keuntungan. Pundi X dibangun oleh Zi Bin Cheah dan berniat memperoleh untung pasar uang virtual di Indonesia.

Startup Indonesia ini memang masih belum populer di tanah air dan mungkin Anda pun belum pernah mendengarnya. Namun dengan melihat fakta bahwa bitcoin menjadi sebuah fenomena, maka dirasa bahwa perusahaan startup bitcoin ini akan sangat mudah untuk berkembang.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting?

Sumber: https://www.kolomgadget.com

7. Kredivo

Kredivo adalah startup yang menawarkan solusi kredit instan yang memberi kemudahan bagi Anda untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa adanya tambahan bunga. Metode mendaftar kredivo sangatlah mudah, yaitu Anda hanya perlu mendownload aplikasinya di Google Play Store.

Sedangkan untuk pengajuan kredit dibutuhkan sejumlah persyaratan yaitu yang berstatus WNI, berumur 18 – 60 tahun. Bertempat tinggal di Jabodetabek, Kota Medan, Palembang, Semarang, Bandung, Surabaya atau Denpasar dan mengupload sejumlah dokumen pribadi yakni KTP, bukti tempat tinggal, dan bukti penghasilan.

Sumber: https://www.trenasia.com

8. Koinworks

Koinworks adalah perusahan di bidang Peer to Peer Fintech Landing yang berasal dari Indonesia yang terekam serta menyambungkan pendana dan juga peminjam dan sebuah platform line guna memenuhi keperluan finansial.

Dari sistem yang sangat tradisional menjual sistem dengan akses keuangan yang terjangkau dan mudah, koinworks menawarkan kemudahan kepada peminjam untuk mencapai tujuan finansial dan memberikan pendanaan kepada para pendana.

Baca Juga: Cara Menempel Kode Adsense ke HTML

Sumber: https://blog.spacestock.com

9. Sale Stock

Sale Stock merupakan sebuah situs online yang menjual beragam produk fashion terbaik dengan harga murah untuk semua wanita di Indonesia. Dengan berbelanja di Sale Stock Anda dapat mencoba dulu baru membeli barangnya.

Apabila Anda belanja minimal 200 ribu, Anda bisa memperoleh gratis ongkir ke semua wilayah Indonesia. Seluruh barang yang dijual dijamin original dan apa yang dimunculkan di website benar-benar foto asli. Tidak hanya itu, terdapat garansi pengembalian selama 30 hari jika tidak cocok dengan barang yang dibeli.

Sumber: https://www.liputan6.com

10. OnlinePajak

OnlinePajak adalah aplikasi pajak yang dikembangkan oleh PT. Achilles Advance System. Aplikasi ini sudah diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pajak berdasarkan Surat Keputusan No. KEP-193/PJ/2015 and No. KEP-72/PJ/2016.

Aplikasi OnlinePajak dibuat dengan fungsi untuk membantu perusahaan, konsultan pajak, dan juga e-commerce. Dibangun sejak September 2014, OnlinePajak sudah merangkul ratusan ribu pengguna termasuk diantaranya Gojek, PT Astra Otoparts Tbk, Kawan Lama Group, Huawei Tech Investment, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Copywriting

Sumber: https://www.idxchannel.com

11. Bukalapak

Bukalapak merupakan unicorn dan salah satu perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia, ini juga adalah startup terbaik di Indonesia. Pada tahun 2010, dibangun oleh Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, Nugroho Herucahyono, Bukalapak mulanya dimulai sebagai pasar online untuk memungkinkan perusahaan kecil menengah untuk online.

Perusahaan menyebar ke banyak daerah di luar asalnya, termasuk solusi online-to-offline dengan memberdayakan toko tradisional yang dinamai warung sebagai mitranya. Pada 2019, perusahaan ini mempunyai lebih dari 4,5 juta penjual UKM, 1,9 juta mitra warung, 70 juta pengguna aktif bulanan, dan rata-rata dua juta transaksi per hari.

Wah keren-keren bukan? Startup di Indonesia mayoritas didirikan oleh generasi milinieal dan pastinya pada awal pendiriannya mengalami beragam lika-liku masalah yang bisa saja menjadikan mereka menyerah.

Namun, mereka tidak menyerah dan membuktikan bahwa generasi muda mempunyai kesempatan yang besar untuk berkarya dan melakukan sesuatu yang berguna untuk bangsa dan negara. Jadi, apakah Anda telah siap mendirikan startup Anda? Dan jangan pernah Anda ragu untuk mendirikan startup mulai hari ini.