manfaat jamur untuk kesehatan

17 Manfaat jamur untuk kesehatan dan ibu hamil

manfaat jamur untuk kesehatan
image from pixabay.com

Berbagai manfaat jamur untuk kesehatan ibu hamil serta kandungan nutrisi di dalamnya. Jamur merupakan sumber nutrisi yang hebat di mana tanaman ini telah diolah selama bertahun-tahun yang lalu untuk dijadikan makanan dan ramuan alami. Jamur memiliki kandungan kalori yang rendah, hampir tidak memiliki kolesterol, kandungan lemak di dalamnya juga sangat rendah sekali. Selain rendah lemak, jamur memiliki beberapa nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan anda seperti vitamin D, riboflavin, niasin, kalium selenium, dan protein. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, jamur berkontribusi besar pada diet sehat sekaligus memberikan nutrisi penting untuk tubuh kita. Untuk mengetahui mengenai kandungan nutrisi dan manfaat jamur untuk kesehatan mari baca artikel berikut:

1. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

Jamur memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan bebas kolesterol. Jamur juga memiliki beberapa enzim dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus menyeimbangkan nya pada tingkat yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat jamur ini anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dengan cara mengolahnya menjadi beberapa makanan seperti tumis jamur.

2. Mengurangi anemia

Anemia bisa terjadi akibat kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab paling umum hal ini adalah defisiensi asupan zat besi dari makanan. Anemia dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan juga masalah pencernaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi anemia adalah rutin mengkonsumsi jamur. Jamur diketahui mengandung tinggi zat besi yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin (sel darah merah). Meskipun Anemia tampaknya tidak begitu berbahaya bagi kesehatan akan tetapi dalam kasus yang lebih kronis anemia dapat menyebabkan sesak napas, pucat, kelelahan yang sangat, dan mempengaruhi kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum dialami oleh pria dan telah menjangkiti lebih dari 40.000 orang setiap tahunnya di inggris. Kanker prostat tumbuh perlahan dan tidak memiliki tanda selama bertahun-tahun. Salah satu gejala yang paling umum kanker prostat adalah rasa tegang dan perasaan penuh di kandung kemih pada saat kencing. Anda bisa memanfaatkan jamur untuk mencegah kanker prostat karena kandungan asam linoleat di dalamnya dapat membantu mencegah sel kanker prostat. Dengan mengkonsumsi jamur secara rutin resiko kanker prostat bisa diminimalisir.

4. Mencegah kanker payudara

Penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya di mana penyakit ini telah diderita sekitar 16% wanita dan menyebabkan kematian yang banyak. Salah satu penyebab kanker payudara adalah gaya hidup yang tidak sehat termasuk makanan yang dikonsumsi. Menurut laporan dari National Cancer Institute ada sekitar 2.240 kanker payudara pada laki-laki dan 232.340 kanker payudara pada wanita di Amerika serikat setiap tahun, dimana jumlah tersebut menyebabkan 39.920 kematian. Manfaat jamur untuk mencegah kanker payudara didapat dari kandungan asam linoleat yang berguna mengurangi peningkatan estrogen dan mencegah kanker payudara secara efektif. Selain rutin mengkonsumsi jamur, untuk mencegah kanker sebaiknya tingkatkan asupan buah dan sayur yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah naga, buah strawberry, dan buah blueberry.

5. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat jamur untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko diabetes. Jamur sangat rendah lemak dan karbohidrat sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, jamur juga mengandung tinggi serat, protein, mineral, dan beberapa vitamin yang berguna mengurangi kadar gula darah. Tidak berhenti sampai di situ, jamur juga mengandung enzim, insulin yang bisa memecah pati dan gula dalam makanan. Manfaat jamur untuk mencegah diabetes juga didapat dari kemampuannya dalam meningkatkan fungsi hati, kelenjar endokrin, dan pankreas dalam mendorong pembentukan insulin.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Di dalam jamur terdapat beberapa mineral penting yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang anda seperti kalsium. Kalsium sangat penting untuk mengurangi risiko osteoporosis, sekaligus mencegah nyeri sendi dan penyakit tulang lainnya. Anda dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium setiap hari untuk mempertahankan kekuatan tulang anda. Bagi anda yang alergi dengan susu bisa mencari alternatif sumber kalsium seperti jamur dan sumber nabati lainnya. Makan jamur setiap hari dengan porsi yang tepat dapat membantu meningkatkan asupan kalsium harian anda.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan indikasi kesehatan anda secara keseluruhan. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka anda akan lebih mudah dalam melawan berbagai macam penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Jamur mengandung beberapa senyawa penting yang dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Kandungan antioksidan yang kuat dalam jamur juga meningkatkan sistem imun anda. Jamur juga memiliki beberapa vitamin termasuk vitamin C, vitamin A, dan B yang kesemuanya juga berperan dalam meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

8. Meringankan tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi dapat meningkatkan resiko demensia, penyakit ginjal, gagal jantung, dan serangan jantung. Penyakit hipertensi telah mempengaruhi hingga 5 juta orang di Inggris. Bagi anda yang mengalami atau beresiko tinggi terkena hipertensi sebaiknya konsumsi makanan seperti jamur. Jamur diketahui mengandung tinggi kalium yang dapat menjaga kestabilan kadar tekanan darah anda. Dengan tekanan darah yang stabil maka kesehatan jantung pun juga bisa dipertahankan. Penyakit darah tinggi juga mengarah pada stroke dan meningkatkan resiko kematian yang tinggi.

9. Sumber tembaga alami

Manfaat jamur untuk kesehatan selanjutnya didapat dari kandungan tembaga yang tinggi di dalamnya. Mineral ini berfungsi memperbaiki kesehatan otak, merangsang reaksi enzimatik, mencegah penuaan dini, mengobati radang sendi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tembaga biasanya banyak ditemukan dalam beberapa makanan seperti seafood, kacang-kacangan, buah alpukat, kedelai, dan jamur juga diantara sumber tembaga tersebut. Selain manfaatnya di atas, kandungan tembaga dalam jamur juga membantu meningkatkan energi, memperbaiki jaringan tulang, dan menyeimbangkan kadar kolesterol kita.

10. Makanan diet sehat

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa jamur sangat rendah lemak kolesterol dan kalori sehingga sangat baik untuk dijadikan makanan diet sehat. Lelaki kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya meliputi vitamin, mineral, protein dan serat dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anda saat menjalani diet. Diet yang sehat harus seimbang antara kebutuhan nutrisi yang anda perlukan. Dengan nutrisi yang seimbang, maka anda dapat menurunkan berat badan dengan maksimal tanpa merasa lapar.

11. Membantu meningkatkan energi tubuh

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam jamur dapat memberikan dorongan energi pada anda. Bagi anda yang memiliki aktivitas yang cukup banyak dan menguras banyak tenaga sangat direkomendasikan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi seperti jamur. Belum lagi jamur juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan cepat lelah dan tidak bersemangat.

12. Baik untuk kesehatan kulit

Jamur dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan kulit kandungan selenium dalam jamur juga berguna melindungi kulit dari kerusakan dan meningkatkan elastisitasnya. Kandungan Polisakarida pada jamur dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput sehingga membuat anda terlihat awet muda. Jamur juga memiliki beberapa kandungan antioksidan penting yang dapat mengurangi munculnya jerawat, rosacea, dan eksim. Tidak berhenti sampai di situ, jamur memiliki asam kojic yang bertanggung jawab terhadap efek pemutih alami pada kulit.

13. Meningkatkan kesehatan rambut

Mencukupi kebutuhan nutrisi pada rambut dapat memastikan kesehatannya terjaga dengan baik. Kekurangan nutrisi pada rambut dapat membuatnya menjadi lebih lemah dan mudah rontok. Jamur memiliki kandungan protein tinggi yang dapat meningkatkan kekuatan otot rambut anda sehingga dapat mencegah kerontokan. Selain itu kandungan tembaga dalam jamur berguna memperlancar penyerapan zat besi dari makanan dan berhubungan erat dengan produksi melanin. Zat besi berperan penting dalam meningkatkan kekuatan rambut anda.

14. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat jamur untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu pembentukan otot. Jamur dapat dijadikan sebagai alternatif sumber protein nabati. Dengan demikian anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup dengan mengkonsumsi jamur secara rutin. Berbeda dengan protein hewani rata-rata jenis protein nabati memiliki tingkat rendah lemak dan juga kolesterol sehingga sangat baik dikonsumsi terutama bagi para lansia. Terutama bagi anda yangharus menjaga asupan protein hewani maka jamur bisa menjadi pilihan yang tepat.

15. Baik untuk ibu hamil

Ada beberapa informasi yang berkembang di masyarakat bahwa seorang ibu hamil sebaiknya tidak makan jamur karena dapat membahayakan kesehatan. Sejauh ini tidak ada satupun penelitian medis yang dapat membuktikan bahwa jamur memiliki efek merugikan untuk kesehatan ibu hamil. Bahkan, dari catatan ahli nutrisi menunjukkan bahwa jamur memiliki beberapa kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebut saja kandungan zat besi, vitamin C, protein, vitamin D dan antioksidan dalam jamur berperan penting dalam meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

16. Menjaga kesehatan pencernaan

Catur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana sangat sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Selain dari serat yang dimilikinya manfaat jamur untuk kesehatan pencernaan juga didapat dari kandungan vitamin B di dalamnya. Mengkonsumsi satu porsi jamur dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat.

17. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jamur untuk kesehatan jantung sangat lengkap sekali karena jamur memiliki kandungan serat yang dapat menurunkan kolesterol dan juga kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah. Mengkombinasikan kan keduanya sangat penting sekali dalam menjaga kesehatan jantung anda tekanan darah yang tidak stabil dapat mengarah pada serangan jantung dan stroke.

Demikian tadi ulasan mengenai daftar manfaat jamur untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat jamur.