15 Manfaat Okra untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat okra untuk kesehatan
manfaat okra untuk kesehatan
image from publicdomainpictures.net

Manfaat Okra untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup melimpah. Okra merupakan tanaman yang mirip dengan jari-jari seorang wanita di mana tanaman ini masuk dalam keluarga Malvaceae. Okra lebih mudah dibudidayakan pada iklim yang hangat. Pada dasarnya Okra berasal dari daerah Afrika, meskipun demikian tanaman ini sudah banyak dikenal di berbagai macam negara termasuk Jepang, Arab Saudi Filipina, Srilanka, dan berbagai macam negara di Eropa dan Amerika. Sayangnya okra tidak begitu populer di Indonesia karena mungkin masih belum banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Kandungan nutrisi okra

Okra memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik sekali untuk kesehatan kita beberapa nutrisi tersebut diantaranya adalah serat, protein, asam folat, niacin, riboflavin, thiamin, vitamin A, C, E, K, kalium, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, fosfor dan seleniuma. Dari kesemua kandungan nutrisi tersebut mengindikasikan bahwa manfaat okra untuk kesehatan sangat banyak sekali. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat okra tersebut mari simak ulasannya pada artikel di bawah ini:

Manfaat okra untuk kesehatan

1. Membantu mencegah sembelit

Okra memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dapat dicegah atau diminimalisir dengan mengkonsumsi okra secara rutin. Anda bisa membuatnya menjadi sayuran segar yang akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda.

2. Melindungi baru-baru

Okra memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan salah satu diantaranya adalah menjaga kesehatan paru-paru dengan cara melindunginya. Manfaat okra untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan antioksidan seperti flavonoid beta-karotin, xanthin, dan leutin yang kesemuanya sangat berguna melindungi paru-paru.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A dalam okra sangat baik sekali untuk menjaga dan melindungi kesehatan mata anda. Selain berperan sebagai antioksidan vitamin a juga merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan penglihatan kita terutama di malam hari. Hal ini yang menjadi penyebab kenapa vitamin A sangat baik sekali untuk kesehatan mata. Selain vitamin a beberapa antioksidan penting lainnya dalam okra dapat mencegah berbagai macam masalah yang terjadi pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Okra memiliki kandungan vitamin c yang cukup baik di mana vitamin jenis ini sangat dibutuhkan dalam meningkatkan sistem imun kita. Dengan sistem imun yang kuat maka akan membuat anda tidak mudah terserang penyakit terutama yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Manfaat okra untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi sayuran ini secara rutin.

5. Menjaga kesehatan kulit anda

Kandungan antioksidan dalam bukan bukan hanya baik untuk melindungi mata tetapi juga kulit anda. Antioksidan dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas merusak kulit yang dapat menyebabkan keriput dan juga penuaan dini. Selain antioksidan, kandungan vitamin C yang terdapat dalam okra juga mampu meningkatkan elastisitas kulit anda dengan cara membantu menciptakan kolagen yang merupakan protein penting dalam penciptaan sel.

6. Mencegah anemia

Meskipun bukan merupakan sumber zat besi utama akan tetapi okra memiliki beberapa kandungan zat besi yang cukup baik untuk mencegah anemia. Zat besi merupakan mineral penting yang bertugas menciptakan sel darah merah atau hemoglobin. Kekurangan zat besi membuat seseorang rentan mengalami anemia. Meskipun anemia bukan penyakit yang berbahaya akan tetapi dalam tahap glikolisis mungkin akan sangat mengganggu kesehatan anda.

7. Mencegah kanker

Beberapa jenis kanker dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi okra. Manfaat okra untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan di dalam okra terdapat antioksidan penting yang mampu melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Seperti yang anda ketahui bahwa kanker merupakan penyakit berbahaya yang cukup sulit untuk disembuhkan akan tetapi bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan termasuk okra.

8. Mengurangi resiko cacat pada bayi

Kandungan asam folat yang terdapat pada okra bermanfaat mencegah atau mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Dalam 100 gram okra memenuhi sekitar 22% kebutuhan asam folat harian anda. Bagi anda yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan asam folat yang tidak bisa anda dapat dari mengkonsumsi makanan seperti okra.

9. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu sebaiknya anda mengontrol kolesterol dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur termasuk okra. Okra memiliki kandungan berbagai macam nutrisi penting seperti serat yang sangat berguna menurunkan kolesterol. Manfaat okra untuk kesehatan ini bisa terjadi karena okra memiliki kemampuan dalam mengikat kelebihan racun dan kolesterol di dalam asam empedu.

10. Membantu metabolisme energi

Kandungan mangan dan magnesium yang terdapat dalam okra berguna sebagai kofaktor beberapa jenis enzim di dalam tubuh kita jika mangan bekerja sebagai katalisator dalam berbagai macam reaksi biologi di dalam tubuh, maka mangan bertindak dalam sintesis ureum, sekaligus mencegah peroksida lemak oleh radikal bebas.

11. Mencegah penyakit jantung

Manfaat okra untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa okra memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengeluarkan kolesterol, hal ini pada gilirannya akan mencegah penyakit jantung. Selain dapat menurunkan kolesterol okra juga memiliki kandungan kalium yang sangat membantu dalam menjaga kestabilan detak jantung yang tentunya juga sangat baik untuk kesehatan jantung kita

12. Mencegah penyakit diabetes

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam istn farmasi pada tahun 2011 lalu mengungkapkan bahwa ternyata okra memiliki manfaat untuk mengurangi penyerapan glukosa di mana hal ini sangat baik untuk mengurangi kadar gula darah yang menjadi penyebab utama penyakit diabetes. Para peneliti mengungkapkan bahwa kemampuan okra ini didapat dari kandungan serat yang dimilikinya. Bukan hanya itu, okra juga tergolong sebagai sayur yang memiliki indeks glikemik cukup rendah sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

13. Mengurangi risiko hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan. Munculnya penyakit ini sangat erat kaitanya dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi garam dan makanan berlemak. Untungnya salah satu manfaat okra untuk kesehatan adalah membantu anda terhindar dari penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan okra memiliki kandungan kalium yang sudah kita bahas di atas bahwa kalium dapat menstabilkan tekanan darah pada tingkat normal.

14. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal menjadi salah satu impian hampir semua orang baik pria maupun wanita. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal ini salah satunya adalah dengan menjalani program diet. Bagi Anda yang ingin memulai diet tidak ada salahnya dengan mengkonsumsi Okra, karena selain tinggi serat Okra juga sangat rendah kalori sehingga sangat baik untuk anda konsumsi setiap hari. Bukan hanya itu, kandungan nutrisi yang cukup melimpah dalam okra juga menjadi pertimbangan tersendiri Jika anda ingin memasukkannya dalam menu diet harian.

15. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Okra memiliki beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Menjaga kesehatan tulang dan gigi perlu dilakukan mengingat organ tersebut sangat penting sekali dalam menunjang kehidupan kita. Kekurangan Kalsium dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau yang lebih dikenal dengan nama osteoporosis. Bagi Anda yang memasuki usia senja sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Meskipun okra bukan sumber kalsium utama akan tetapi bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti susu.

Demikian tadi informasi yang saya bagikan mengenai manfaat okra untuk kesehatan. Terima kasih sudah membaca, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.