19 Manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan ibu hamil

Buah
manfaat buah naga merah
image from pixabay.com

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan ibu hamil serta kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat luar biasa. Buah naga merupakan buah dengan tanaman menyerupai kaktus dan masuk dalam genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga memiliki banyak jenis mulai dari buah naga merah, buah naga putih, bahkan ada buah naga kuning. Dari ketiga jenis buah naga tersebut buah naga merah mungkin menjadi yang paling populer.

Kandungan nutrisi buah naga merah

Secara umum kandungan nutrisi dalam buah naga merah dan putih hampir sama, akan tetapi warna merah pada buah naga menunjukkan tingginya kandungan betakaroten. Betakaroten merupakan nutrisi yang banyak terdapat pada tanaman yang memiliki warna mencolok. Ada banyak nutrisi penting yang terdapat dalam buah naga merah seperti Vitamin C, Vitamin B kompleks, betakaroten, serat, protein, antioksidan, zat besi, dan kalsium. Kesemua nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan anda terutama bagi anak-anak dan bagi ibu hamil.

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah naga merah untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang pertama adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker. Manfaat buah naga merah yang satu ini didapat dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya berupa vitamin A, dan C yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada sel yang mengarah pada penyakit kanker. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah naga merah menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit kanker.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal American Institute For Cancer Research eNews menunjukkan bahwa kandungan likopen yang terdapat dalam buah naga merah dapat mencegah penyakit kanker prostat.

2. Mencegah anemia

Anemia bisa terjadi akibat kurangnya sel darah merah di dalam tubuh kita. Sel darah merah merupakan salah satu komponen yang sangat penting sekali dalam mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh kita. Sehingga kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Diantara manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam mencegah anemia. Untuk menciptakan hemoglobin atau sel darah merah dibutuhkan setidaknya 2 nutrisi utama yaitu zat besi dan vitamin B12.

Sedangkan buah naga merah sendiri merupakan sumber vitamin B12 yang cukup baik sehingga mengkonsumsi buah naga merah secara rutin akan menghindarkan anda dari anemia. Anemia ditandai dengan menurunnya kondisi fisik seperti mudah lelah, tidak bersemangat, dan pusing.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kandungan kolesterol di dalam tubuh kita dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Jika hal ini tidak diatasi maka tentu akan sangat merugikan bagi kesehatan kita. Buah naga merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana serat sangat baik sekali dalam menurunkan kolesterol. Manfaat buah naga merah untuk menurunkan kolesterol bukan hanya didapat dari kandungan serat di dalamnya akan tetap juga dari vitamin B3 yang dimilikinya. Pasalnya salah satu vitamin B kompleks ini berperan penting dalam menghilangkan kelebihan kolesterol buruk atau yang sering dikenal dengan LDL.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 lalu di American Journal Of Applied Science menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah naga merah merah selama setidaknya 5 minggu berturut-turut dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

4. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan diantara salah satu dari penyakit yang sangat mematikan di dunia. Orang yang mengalami serangan jantung biasanya tidak menyadari jika dirinya sedang terkena penyakit jantung. Hal ini membuat banyak orang yang meninggal tiba-tiba karena serangan jantung. Meskipun sulit diprediksi akan tetapi penyakit jantung bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar seperti buah naga merah.

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan jantung didapat dari kandungan seratnya yang cukup tinggi dimana serat sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat. Selain dari kandungan seratnya tersebut, buah naga merah juga dapat mengontrol tekanan darah dan juga detak jantung sehingga mengurangi kemungkinan jantung koroner.

Mengkonsumsi setidaknya satu buah naga merah berukuran sedang setiap hari dapat menghindarkan anda dari serangan jantung. Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah naga merah secara langsung dibandingkan membuatnya menjadi jus karena kandungan serat di dalamnya dapat diperoleh dengan maksimal.

5. Meningkatkan nafsu makan

Jika anda memiliki anak yang sulit untuk makan tidak ada salahnya menyuruh mereka mengkonsumsi buah naga merah. Beberapa nutrisi yang dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk makan adalah vitamin B1 dan B2. Yang mana keduanya terdapat dalam buah naga merah. Meskipun mengkonsumsi buah naga merah dapat meningkatkan nafsu makan akan tetapi buah yang satu ini tidak akan membuat anda menjadi gemuk karena buah yang satu ini sangat rendah kalori. Selain itu, kemampuan buah naga merah hanya akan berpengaruh bagi mereka yang sulit untuk makan.

6. Meningkatkan energi tubuh secara alami

Buah naga merah mengandung vitamin B1 yang berguna meningkatkan energi tubuh anda. Hal ini sangat cocok terutama bagi anda yang memiliki aktivitas padat. Makan buah naga merah berukuran besar di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat membantu mendongkrak stamina anda dan membuat anda tidak mudah lelah saat bekerja. Jadi bisa dikatakan buah naga merah berperan sebagai sumber energi alami tubuh. Selain cukup efektif, memanfaatkan buah naga merah juga relatif aman dibandingkan mengkonsumsi suplemen atau minuman berenergi.

7. Mencegah diabetes melitus

Penyakit diabetes diakibatkan oleh asupan makanan manis yang berlebihan seperti halnya beberapa jenis karbohidrat sederhana. Penyakit ini sangat sulit sekali untuk disembuhkan secara tuntas akan tetapi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung tinggi serat. Mengkonsumsi setidaknya satu buah naga merah dua hari sekali secara rutin akan membantu anda terhindar dari penyakit diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Library Of Medicine National Institute Of Health menerangkan bahwa buah naga merah memiliki sumber vitamin yang merupakan jenis antioksidan penting untuk mencegah penyakit diabetes. Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang positif mengenai manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang satu ini. Dalam penelitian tersebut para pasien diabetes diberikan 600 gram buah naga merah setiap hari selama kurun waktu 4 minggu. Hasilnya penyakit kadar gula darah mereka mengalami penurunan hingga 19%.

8. Peningkatan kesehatan mata

Warna merah menyala yang dimiliki oleh buah naga merah menjadi indikasi bahwa buah ini mengandung tinggi betakaroten. Betakaroten merupakan senyawa yang biasanya ditemukan dalam beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki warna mencolok. Betakaroten merupakan nutrisi yang akan diubah menjadi vitamin A yang sudah kita ketahui bersama bahwa vitamin jenis ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata kita.

Selain menjaga kesehatan mata, kandungan betakaroten dalam buah naga merah juga berfungsi melindungi mata dari kerusakan seperti katarak, dan degenerasi makula (menurunnya fungsi mata yang biasanya dialami oleh para lansia).

9. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang adalah komponen paling penting di dalam tubuh kita karena organ ini berfungsi sebagai penyangga tubuh. Jika tulang kita tidak kuat maka kemampuan fisik kita juga tidak akan mampu dalam melakukan aktivitas. Salah satu manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang patut anda perhitungkan adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan tulang tersebut. Buah naga merah memiliki kandungan beberapa mineral penting termasuk kalsium, fosfor dan zat besi yang kesemuanya bahu-membahu dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena osteoporosis sebaiknya cukupi kebutuhan kalsium harian anda. Jika anda alergi dengan susu atau produk hewani lainnya bisa memanfaatkan beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung tinggi kalsium salah satunya adalah buah naga merah.

10. Sumber protein nabati

Meskipun buah dan sayur pada umumnya bukan merupakan sumber protein utama akan tetapi beberapa jenis buah seperti buah naga merah bisa dijadikan alternatif sumber protein pengganti daging. Ada banyak keunggulan protein nabati yaitu lebih aman dikonsumsi dalam jangka panjang, dan pastinya beberapa sumber protein nabati umumnya juga rendah lemak dan kolesterol. Konsumsi setidaknya satu buah naga merah berukuran besar akan memberikan anda berbagai macam nutrisi penting termasuk protein yang akan membantu tubuh dalam membentuk jaringan otot dan saraf.

11. Mencegah hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat membahayakan kesehatan anda, bahkan penyakit ini dapat mengarah pada stroke. Kabar baiknya adalah diantara manfaat buah naga merah untuk kesehatan adalah membantu anda terhindar dari penyakit hipertensi tersebut. Buah naga merah memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat berguna dalam menstabilkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki hipertensi untuk mengkonsumsi buah naga merah secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

12. Membantu menurunkan berat badan

Buah naga merah merupakan salah satu buah untuk diet sehat yang memiliki segudang nutrisi penting sekaligus sangat rendah kalori. Saat nutrisi di dalam tubuh anda terpenuhi maka kebutuhan karbohidrat yang anda konsumsi dari makanan akan berkurang, sehingga dapat mengurangi kelebihan berat badan. Bukan hanya itu, buah naga merah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana serat sangat baik sekali untuk melancarkan BAB. Proses pencernaan yang sehat sangat berperan penting dalam menjaga kestabilan berat badan anda.

13. Mengurangi kram

Kurangnya aktivitas fisik dan duduk dalam waktu yang lama akan meningkatkan resiko kram. Anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi buah naga merah. Kandungan zat besi, fosfor, dan kalsium yang terdapat dalam buah naga merah dapat mengurangi beberapa gejala penyakit ringan seperti kram.

14. Mencegah jerawat di wajah

Bagi anda yang ingin terhindar dari jerawat bisa mengkonsumsi buah naga merah secara rutin. Hal ini disebabkan buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain mengkonsumsinya secara langsung, anda juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah untuk membantu membersihkan dan membunuh bakteri di sekitar wajah yang ini akan berperan penting dalam mencegah jerawat.

15. Menjaga kesehatan pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar sebaiknya jangan ragu mengkonsumsi buah naga merah. Manfaat buah naga merah untuk kesehatan pencernaan ini didapat dari kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Serat berguna mengatur pergerakan usus untuk mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh akibatnya anda akan terhindar dari sembelit dan perut buncit.

16. Meningkatkan elastisitas kulit

Nah, bagi anda yang ingin memiliki kulit terlihat lebih muda tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi buah naga merah. Buah naga merah memiliki segudang nutrisi penting termasuk vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat membantu tubuh menciptakan kolagen yang merupakan protein penting untuk menjaga elastisitas kulit. Selain menjaga elastisitas kulit buah naga merah juga berguna meremajakan kulit secara alami dengan membantu regenarasi sel lebih cepat. Jika ingi memiliki kulit yang cantik terawat sebaiknya dimulai dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi seperti halnya buah naga merah. Selain lebih aman, hasil yang diberikan pada umumnya juga lebih permanen.

17. Membantu pengeluaran racun

Buah naga merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dimana antioksidan dapat membantu tubuh melawan berbagai macam racun atau zat kimia berbahaya. Selain antioksidan, buah naga merah juga memiliki sejumlah serat yang bermanfaat melancarkan proses pencernaan sehingga racun dan limbah dalam tubuh dapat dikeluarkan.

18. Mengurangi tanda-tanda penuan

Bagi anda yang ingin terlihat awet muda sebaiknya lebih sering mengkonsumsi buah naga merah. Berbagai macam antioksidan penting dan vitamin C dalam buah naga merah berguna menangkal efek merugikan radikal bebas yang mengarah pada munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah. Jadi bisa dikatakan buah naga merah menjadi salah satu nutrisi utama kulit.

Mantaat buah naga merah untuk itu hamil

19. Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil

Buah naga merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah meliputi protein, vitamin, dan mineral yang kesemuanya sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Disaat hamil, seorang wanita memang membutuhkan nutrisi yang lebih dibandingkan hari biasanya karena janin di dalam kandungan sedang tumbuh. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi di saat hamil maka pertumbuhan bayi di dalam kandungan bisa lebih maksimal. Selain itu, ibu hamil juga tidak akan mengalami kekurangan nutrisi akibat diserap oleh sang bayi.

Nutrisi penting seperti zat besi dalam buah naga merah juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia. Biasanya saat sedang hamil seorang wanita memiliki risiko yang lebih tinggi terkena anemia. Anemia pada ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Bukan hanya itu, buah naga merah juga mampu menyeimbangkan tekanan darah seorang wanita hamil karena memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B3. Tekanan darah tinggi pada wanita hamil meningkatkan resiko pendarahan pada saat melahirkan. Sedangkan kandungan asam folat dalam buah naga merah berguna mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi anda.