Infus Water Jeruk Nipis

infus water jeruk nipis

infus water jeruk nipis

Infus Water Jeruk Nipis – Jeruk nipis memiliki rasa yang segar dan sangat masam jika dikonsumsi secacra langsung. Namun tahukah kalian jika buah jeruk yang memiliki rasa yang sangat masam ini memiliki banyak manfaat.

Untuk menikmati berbagai manfaat dari jeruk nipis ini, Anda dapat mengolahnya menjadi sebuah minuman yang sangat menyegarkan dan menyehatkan, salah satunya ialah menjadikannya sebagai infused water.

Sekitar 65% dari tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki peran sangat penting dalam pembentukan berbagai cairan dan sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, tubuh manusia membutuhkan air untuk dapat melakukan proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Dampak Negatif Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Oleh karena itu sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus sering mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas perharinya. Apabila bosan minum air mineral yang rasanya hambar, kini Anda bisa mencampurkan buah-buahan segar ke dalamnya supaya terasa lebih segar dan enak.

Salah satu buah yang dapat Anda nikmati dengan dicampur menggunakan air ialah jeruk nipis. Minum ini kerap kali disebut sebagai infused water jeruk nipis.

Infused water dari jeruk nipis kaya akan gizi dan vitamin yang baik bagi tubuh, diantaranya ialah vitamin C, lomonene, flavonoid, serat, kalsium dan asam sitrat.

Infused water dari jeruk nipis juga memberikan banyak manfaat jika Anda konsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajar.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Sahare It

Manfaat Infused Water Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Sumber : https://selerasa.com/

1. Mengatasi Masalah Kolesterol dan Sistem Pencernaan

Jeruk nipis kaya akan serat, apabila Anda minum infused water jeruk nipis secara rutin, sangat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dalam jeruk nipis juga berperan sebagai zat yang dapat menjaga dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Menurunkan Berat Badan

Tak hanya menghilangkan kollestrol, Asam sitrat dalam jeruk nipis sangat efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Sehingga bagi kalian yang berencana menjalankan program diet, tak ada salahnya mengonsumsi minuman satu ini.

3. Mengatasi Asam urat

Tak hanya itu saja, asam sitrat juga ternyata bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh lho, dan mengsekresinya lewat air urine.

BACA JUGA : Resep Sayur Sop Bening Tanpa Minyak

4. Batu Ginjal

Siapa sangka, infused water jeruk nipis ternyata sangat baik diminum oleh para penderita batu ginjal. Sebab mengandung limonene dan asam sitrat yang mampu membantu meluruhkan batu yang mengendap di bagian ginjal.

5. Sariawan

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nipis kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan dan mencegah sariawan maupun peradangan.

Cara membuat infused water jeruk nipis cukup mudah dan sangat praktis.Adapun caranya ialah sebagai berikut.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Masker Kopi

Cara Membuat Infused Water dari Jeruk Nipis

Sumber : https://img.okezone.com/buat

Selain menggunakan lemon, jeruk nipis juga kerap kali diaplikasikan untuk membuat infused water. Rasanya yang segar dari buah ini dipilih sebagai pengganti lemon, karena lemon memeiliki harga yang cukup mahal dipasaran.

Langkah membuat infused water jeruk nipis :

  1. Siapkan 1-2 buah jeruk nipis ukuran sedang.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih buahnya dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Jangan terlalu tipis saat memotongnya.
  3. Peras 2-3 potongan jeruk supaya rasa buah pada infused water semakin kuat.
  4. Selanjutnya masukan potongan buah yang masih tersisa kedalam botol berisi air matang, tutup rapat dan masukkan ke lemari pendingin selama kurang lebih 3-4 jaman.
  5. Setelahnya, infused water jeruk nipis bisa dinikmati.

Sebagai info, apabila didiamkan dalam lemari pendingin, infused water dapat bertahan selama 2 hari. Namun, jika didiamkan disuhu ruang, infused water hanya bisa bertahan selama sehari saja.

BACA JUGA : Cara Rekam Layar HP

Nah itulah informasi singkat mengenai manfaat dan cara membuat infus water jeruk nipis yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi di atas berguna dan dapat membantu Anda untuk semakin menjaga kesehatan.