18 Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Buah
Manfaat buah anggur untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kandungan nutrisi didalamnya yang sangat luar biasa. Anggur merupakan buah lezat yang menjadi salah satu simbol dari kemewahan. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dengan daging buah berair dan sangat menyegarkan. Ada beberapa jenis buah anggur diantaranya adalah anggur merah anggur ungu dan anggur hijau. Dari ketiga jenis buah anggur tersebut anggur merah dan anggur ungu memiliki manfaat yang lebih karena kandungan antioksidan di dalamnya lebih tinggi.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh, mari simak ulasannya dalam artikel di bawah ini:

1. Membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah anggur kaya akan kandungan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan terutama pada ibu hamil. Kesehatan pencernaan yang baik akan membuat penyerapan nutrisi dari makanan akan lebih maksimal. Pencernaan yang sehat juga akan membuat proses pengeluaran racun dan limbah di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik. Sehingga anda akan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan.

2. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan cukup sulit untuk diobati. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan perubahan kimia. Polusi udara dan juga radikal bebas yang tidak terkontrol juga menjadi beberapa di antara penyebab penyakit kanker.

Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dimana antioksidan tersebut berguna mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Bahkan menurut National Cancer Institute kandungan senyawa polifenol yang terdapat dalam kulit buah anggur merah bisa membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

3. Mencegah penyakit aterosklorosis

Penyakit aterosklerosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang dinding arteri. Penyakit ini diakibatkan oleh penumpukan lemak pada dinding arteri sehingga menghambat aliran darah menuju otak dan jantung kita. Manfaat buah anggur untuk mencegah penyakit aterosklerosis diperoleh dari kandungan flavanoid yang dimilikinya dimana flavonoid dapat mengurangi penyumbatan lemak sehingga aliran darah bisa berjalan lancar.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Beberapa senyawa menguntungkan yang terdapat dalam buah anggur seperti flavonoid bukan hanya dapat mencegah penyakit aterosklorosis akan tetapi juga mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Manfaat buah anggur untuk kesehatan yang satu ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam anggur dapat mengurangi tekanan darah pada tikus.

Meskipun studi tersebut melibatkan tikus sebagai objek penelitian, akan tetapi efek yang hampir sama mungkin dirasakan oleh manusia. Selain kandungan flavonoid yang dimilikinya buah anggur juga mampu mengontrol tekanan darah karena mengandung kalium yang cukup baik.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh kita di mana saat organ yang satu ini tidak bisa berfungsi dengan baik maka kesehatan kita secara keseluruhan akan terganggu. Buah anggur memiliki beberapa kandungan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung kita. Sedangkan kandungan kalium yang tinggi dalam buah anggur dapat mencegah efek natrium yang dapat mengakibatkan detak jantung tidak normal. Mengkonsumsi 1 cangkir buah anggur setiap hari akan membantu anda terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan sistemkardiovaskuler.

6. Mencegah penyakit diabetes

Mungkin sedikit aneh jika buah yang memiliki rasa manis ini ternyata memiliki manfaat untuk mencegah diabetes. Akan tetapi kenyataannya memang demikian buah anggur mengandung tinggi serat yang sangat baik sekali dalam menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang terkontrol akan mengurangi resiko penyakit diabetes. Sebuah penelitian juga menunjukkan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan seperti blueberry anggur apel dan air dapat mengurangi penyakit diabetes hingga 7%. Manfaat buah anggur untuk kesehatan yang satu ini bukan hanya didapat dari kandungan seratnya, akan tetapi juga beberapa antioksidan penting di dalamnya.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga dengan baik karena merupakan benteng utama dalam melawan berbagai macam serangan dari luar. Jika sistem kekebalan tubuh kita lemah maka virus dan bakteri akan lebih mudah menyerang tubuh kita. Untungnya buah anggur menyediakan berbagai macam vitamin dan antioksidan penting yang berguna menjaga sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik. Salah satu vitamin utama yang bekerja menjaga sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C di mana vitamin jenis ini banyak ditemukan dalam buah anggur.

8. Menjaga kesehatan mata

Beberapa penelitian yang menggunakan tikus sebagai objek, menunjukkan bahwa buah anggur dapat melindungi retina mata dari kerusakan. Beberapa masalah kesehatan mata seperti di generasi makula dan katarak bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah anggur. Manfaat anggur untuk kesehatan mata diperoleh dari kandungan antioksidan yang dimilikinya. Bagi anda yang memiliki aktivitas lama di depan komputer sebaiknya rutin mengkonsumsi buah anggur.

9. Memperlambat proses penuaan

Manfaat buah anggur untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam memperlambat proses penuaan. Anggur dapat meningkatkan rentan hidup seseorang dengan cara membantu sel agar hidup lebih lama, mencegah penyakit degeneratif dan mengaktifkan dan panjang usia. Beberapa manfaat anggur tersebut dikarenakan kandungan resveratrol di dalamnya. Selain itu beberapa jenis lemak sehat yang terdapat dalam anggur seperti lemak tak jenuh ganda bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan yang mengarah pada penuaan dini.

10. Mengurangi polusi di dalam tubuh

Polusi yang berlebihan di dalam tubuh pastinya sangat tidak baik untuk kesehatan dan mungkin juga menimbulkan berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa flavonoid dalam buah anggur untungnya mampu mengurangi dan mengusir polusi dari dalam tubuh tersebut. Beberapa polusi udara seperti asap rokok dan asap kendaraan sangat merugikan bagi kesehatan kita.

11. Mencegah pilek dan flu

Flu bisa diakibatkan oleh virus yang menyerang tubuh kita. Meskipun kebanyakan dari jenis flu tidak membahayakan akan tetapi gejala yang ditimbulkannya cukup mengganggu aktifitas kita. Karena buah anggur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka akan membuat beberapa jenis virus lebih sulit untuk menyerang tubuh kita. Bagi anda yang memiliki anak dengan sistem kekebalan tubuh lemah sangat direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah anggur.

12. Mencegah stres

Stres bisa datang begitu saja tanpa ada gejala. Stres bisa menyerang siapa saja di beberapa kelompok usia. Stres bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti halnya buah anggur. Antioksidan seperti polifenol dalam buah anggur dapat mengurangi efek sres oksidatif yang dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

13. Mencegah insomnia

Efek relaksasi yang diberikan buah anggur dapat membantu anda tertidur nyenyak. Manfaat buah anggur ini dikarenakan kandungan kalium yang dimilikinya dapat menstabilkan tekanan darah dan juga detak jantung. Detak jantung yang tidak normal dan tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Sehingga insomnia dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah anggur.

14. Membuat kulit terlihat awet muda

Kandungan berbagai macam nutrisi dan vitamin penting di dalam buah anggur dapat meningkatkan kesehatan kulit anda secara keseluruhan. Berapa kandungan antioksidan di dalam buah anggur akan membantu mengurangi keriput dan garis halus di wajah yang merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Belum lagi kandungan vitamin c dalam buah anggur juga membantu menjaga elastisitas kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen.

15. Mengatasi kelelahan

Setelah lelah bekerja seharian mengkonsumsi buah anggur akan mengembalikan tenaga anda. Kandungan vitamin dan gula alami dalam anggur membantu meningkatkan energi dan vitalitas anda. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat tidak ada salahnya memasukkan anggur ke dalam menu sehat harian.

16. Meningkatkan produksi sel darah merah

Sel darah merah adalah komponen yang sangat penting sekali dalam tubuh kita. Sel darah merah bekerja mengirimkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan sel darah merah dapat menurunkan energi tubuh kita sehingga aktivitas akan terganggu. Meskipun buah anggur bukan sumber utama zat besi akan tetapi buah ini memiliki sekitar 0,36 mg zat besi yang cukup baik dalam membantu mengurangi resiko anemia.

17. Membantu meningkatkan kinerja otak

Nah bagi anak-anak yang sulit untuk belajar mungkin mengkonsumsi buah anggur bisa menjadi alternatif selain memperbaiki pola belajarnya. Ya, buah anggur memang terbukti dapat meningkatkan fungsi motorik sekaligus meningkatkan kinerja memori otak kita. Hal ini sangat penting sekali terutama pada masa pertumbuhan dimana pada masa ini seorang anak sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk otak.

18. Baik untuk ibu hamil

Saat sedang hamil seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dalam rangka menunjang pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain untuk janin, sang ibu pun harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang agar dapat melewati masa kehamilan tanpa gangguan kesehatan. Buah anggur memiliki nutrisi yang cukup lengkap meliputi zat besi, vitamin, dan beberapa senyawa antioksidan penting yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tersebut bisa didapat jika anda memilih buah anggur yang masih segar dan terbebas dari pestisida. Jika sulit mendapatkan buah anggur tersebut pastikan anda mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.