Cara mengatasi bau mulut secara alami
Ilustrasi bau mulut

Top 20 Cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat

Posted on
Cara mengatasi bau mulut secara alami
Ilustrasi bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan cepat menggunakan metode yang mudah dan praktis, sekaligus beberapa tips untuk mencegah agar bau mulut tidak muncul kembali. Masalah bau mulut sering berdampak pada menurunnya kepercayaan diri seseorang. Bagaimana tidak, jika seseorang memiliki bau mulut maka dia akan sedikit tidak nyaman saat berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu, anda perlu penanganan yang dapat menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat.

 

Penyebab bau mulut

Penyebab utama bau mulut adalah bakteri di bagian belakang lidah atau partikel makanan yang menempel di antara gigi. Penyebab lain dari munculnya bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, merokok, infeksi tenggorokan, gigi berlubang, dan penyakit tertentu termasuk kanker. Selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu seperti bawang merah, bawang putih, atau pete juga bisa menyebabkan munculnya bau mulut.

 

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut di antaranya dengan menjaga kebersihan gigi serta lidah, salah satunya mungkin bisa dilakukan dengan rutin menyikat gigi pada pagi dan malam hari. Umumnya bau mulut berasal dari sistem pencernaan bagian atas yang melibatkan perut, gigi, mulut, serta kerongkongan. Bagi Anda yang tertarik ingin menghilangkan bau mulut dengan cepat, berikut bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan:

1. Biji adas

Kunyah sekitar setengah sendok makan biji adas sehabis mengkonsumsi makanan untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Atau Anda juga bisa membuat teh dari biji adas. Caranya: Masukkan 1 sampai 2 sendok makan biji adas ke dalam secangkir air panas selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Minum ramuan ini setelah mulai dingin. Obat rumahan ini sangat baik untuk melawan masalah bau pada mulut.

2. Fenugreek

Cara menghilangkan bau mulut secara alami menggunakan Fenugreek cukup mudah. Caranya: rebus 1 sendok makan biji fenugreek dalam secangkir air. Saring, kemudian minum ramuan tadi 2 sampai 3 kali sehari hingga bau mulut Anda mulai hilang. Sifat bakterisida dalam biji fenugreek dapat mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada mulut.

3. Cuka sari apel

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air kemudian minum sebelum makan. Cara ini akan membantu mengurangi bau mulut dengan mencegah pencernaan dalam memproduksi bau tidak sedap. Alternatif lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan cara berkumur menggunakan air yang dicampur dengan cuka sari apel.

4. Cengkeh

Kunyah beberapa cengkeh setelah itu ludahkan. Mengunyah cengkeh merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Alternatif lainnya, rebus secangkir air kemudian tambahkan satu sendok teh cengkeh. Biarkan hingga mendidih selama kurang lebih 10 menit. Ramuan ini bisa digunakan sebagai obat kumur dua kali sehari untuk mengurangi bau mulut yang menyengat.

Baca juga  Manfaat Buah Plum Merah Untuk Kesehatan, Check It !!

5. Lemon

Lemon adalah buah yang memiliki sejuta manfaat, selain berguna menghilangkan bau badan ternyata lemon juga dapat mengurangi bau mulut. Caranya: peras lemon dalam segelas air kemudian bilas mulut Anda menggunakan larutan tersebut. Lemon merupakan obat rumahan yang sangat baik untuk menghilangkan bau mulut karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selain airnya, kulit lemon juga bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut.

6. Jambu biji

Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang praktis adalah memanfaatkan jambu biji. Salah satu buah yang menjadi sumber terkaya vitamin C ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Makan jambu biji yang masih mentah akan membantu Anda mengurangi bau mulut yang tidak enak. Jambu biji mengandung mangan, kalsium, oksalat, dan mineral lainnya termasuk zat besi yang membantu menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Jambu biji dapat mengurangi bau mulut dengan cara membersihkan mulut secara alami dan mendalam melalui tindakan scrubbingnnya.

7. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu obat rumahan yang cukup terkenal untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Baking soda membantu menyeimbangkan kadar asam di dalam mulut, sehingga akan mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Cara penggunaan baking soda: tambahkan setengah sendok makan baking soda dalam satu gelas air hangat, gunakan larutan ini untuk berkumur. Metode lainnya, Anda bisa menggunakan bubuk baking soda sebagai pasta gigi kering yang Anda gunakan untuk menyikat gigi.

8. Kapulaga

Kunyah beberapa biji kapulaga untuk menyegarkan nafas yang bau akibat bakteri di mulut. Aroma yang khas dari kapulaga serta sifat terapeutiknya akan membantu menjaga mulut tetap segar dan terbebas dari bau yang menyengat. Cara ini cukup cepat dan praktis untuk menghilangkan bau mulut.

9. Buah alpukat

Buah alpukat bisa dikonsumsi secara langsung untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuatnya sebagai jus yang ditambahkan pisang. stromectol no prescription Mengkonsumsi campuran alpukat dan pisang berguna menyingkirkan bakteri dan sisa makanan yang terjebak di gigi. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa bau mulut bisa disebabkan oleh sisa makanan atau pencernaan yang kurang sehat.

10. Jus nanas

Buah nanas juga cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain baik untuk menghilangkan bau mulut, nanas juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, anda akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi buah yang satu ini.

Baca juga  Obat Koreng Bernanah di Apotik

11. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai makanan penghasil bakteri baik yang berguna menekan pertumbuhan bakteri buruk. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin akan membantu Anda meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan bakteri sehat dalam yoghurt dapat menyingkirkan bau mulut dengan cara menghalangi pertumbuhan bakteri buruk.

12. Buah apel

Cara menghilangkan bau mulut yang selanjutnya menggunakan buah apel. Buah apel menjadi salah satu buah yang sangat populer di dunia. Bukan hanya karena rasanya, tetapi juga manfaatnya yang sangat menakjubkan. can you overdose a pig on ivermectin Diantara manfaat buah apel yang cukup terkenal adalah membantu membersihkan gigi secara alami. Gigi yang tidak bersih akan menjadi penyebab munculnya bau mulut. Hal inilah yang menjadikan buah apel mampu menghilangkan bau mulut secara alami tanpa menggunakan obat kumur.

13. Biji bunga matahari

Cara sederhana yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut secara alami dengan cepat adalah menggunakan biji bunga matahari. Caranya: kunyah beberapa biji bunga matahari kemudian minum segelas air. Cara ini cukup efektif dan sederhana untuk mengurangi bau mulut Anda.

14. Madu

Sudah tidak diragukan lagi jika madu merupakan salah satu produk alami yang memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat. Sifat tersebut lah yang menjadikan madu cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut yang menyengat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampur madu dengan perasan lemon. Minum campuran kedua bahan tadi dua kali sehari pada saat perut kosong untuk menghilangkan sekaligus mencegah bau mulut.

15. Kayu Manis

Cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat yang selanjutnya adalah menggunakan kayu manis. Caranya: tambahkan satu sendok bubuk kayu manis ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama 5 sampai 10 menit setelah itu saring. Tambahkan bubuk kapulaga dan daun salam kemudian biarkan hingga dingin. Langkah terakhir gunakan ramuan tadi untuk berkumur. Kayu manis dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

16. Minyak pohon teh

Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh dan minyak peppermint ke dalam segelas air. Gunakan air tersebut untuk berkumur atau membilas mulut Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan minyak pohon teh ke dalam pasta gigi, kemudian gunakan seperti biasa untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat.

17. Daun ekaliptus

Daun ekaliptus cukup efektif untuk menyingkirkan bau mulut secara alami. Anda cukup mengunyah beberapa lembar daun ekaliptus untuk membantu Anda mendapatkan nafas yang terbebas dari bau.

18. Teh hijau

Teh hijau dikenal karena sifat antioksidannya yang sangat baik untuk detoksifikasi tubuh sehingga mencegah perkembangan bakteri. Cara menghilangkan bau mulut secara alami menggunakan teh hijau cukup mudah dan praktis. Berikut langkah-langkahnya: pertama masukkan daun teh hijau ke dalam air panas selama 5 menit. Saring, setelah itu minum ramuan tadi dua kali sehari. Lakukan secara rutin agar bau mulut anda segera hilang.

Baca juga  Apa Saja Bahaya Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan? Wajib Tahu!

19. Daun mint

Cara lainnya yang cukup praktis untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah daun mint. Daun mint memiliki aroma yang dapat menyegarkan mulut dengan cepat.

20. Kemangi

Cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat yang terakhir adalah menggunakan daun kemangi. Caranya: Buat teh menggunakan daun kemangi dengan cara merebus sekitar 15 lembar daun kemangi ke dalam secangkir air. Biarkan selama 10 sampai 15 menit setelah itu saring ramuan tadi. Minum setiap hari untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

 

Tips Mencegah bau mulut

1. Banyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan air putih dapat membantu Anda membersihkan gigi dan mulut serta pencernaan Anda. Jika ketiga organ tersebut bersih maka bau mulut bisa dicegah. Selain itu, air juga merupakan detoksifikator tubuh yang sangat baik untuk menghilangkan racun yang mungkin bisa menjadi penyebab bau mulut.

2. Hindari makanan penyebab bau mulut

Kurangi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang merah dan bawang putih, terutama jika anda ingin keluar rumah atau pergi ke kantor. Jika terpaksa harus mengkonsumsi kedua makanan tersebut, Anda harus menyiapkan bahan penghilang bau mulut yang praktis yang bisa dengan cepat menghilangkan bau mulut.

3. Jaga kebersihan gigi dan mulut Anda

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting sekali bukan hanya untuk mencegah sakit gigi tetapi juga munculnya bau tidak sedap pada mulut. Anda bisa membersihkan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi atau berkumur menggunakan bahan-bahan alami yang minim efek samping.

4. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur adalah kedua makanan yang sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Hal ini dikarenakan buah dan sayur mengandung tinggi antioksidan dan komponen lainnya yang dapat membantu menyingkirkan bakteri. Langkah anda untuk menghilangkan bau mulut bisa bekerja maksimal jika diimbangi dengan asupan makanan sehat. ivermectin injection human

5. Sikat gigi sebelum tidur

Menyikat gigi sebelum tidur akan menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut. Langkah ini sangat penting sekali untuk mencegah bau mulut di pagi harinya. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang bakteri untuk berkembang dan menyebabkan munculnya bau mulut.

Artikel terkait: Top 12 Cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat

Demikian tadi Informasi yang kami sajikan seputar cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan cepat. Semoga informasi di atas dapat mengatasi masalah bau mulut yang anda alami.