10 Manfaat air lemon untuk kesehatan dan pencegahan penyakit

manfaat air lemon
manfaat air lemon
image from pixabay.com

Manfaat air lemon untuk kesehatan yang perlu anda ketahui termasuk mencegah kanker, mengurangi resiko penyakit diabetes, dan menurunkan berat badan. Air lemon merupakan minuman sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai macam nutrisi penting. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam air lemon dapat meningkatkan pertahanan tubuh kita dari serangan virus dan bakteri sekaligus membantu menyegarkan tubuh kita.

Air lemon pada dasarnya mengandung semua nutrisi yang berada dalam lemon itu sendiri seperti vitamin C, vitamin B6, asam folat, kalium, magnesium dan tiamin. Lemon juga sangat rendah gula dan memiliki indeks glikemik yang relatif aman untuk penderita diabetes.

Berikut daftar selengkapnya mengenai manfaat air lemon untuk kesehatan:

1. Minuman elektrolit yang menyegarkan

Jika anda menginginkan minuman energi yang bisa bekerja secara cepat untuk membantu mengembalikan cairan tubuh maka air lemon bisa dijadikan alternatif yang sehat. Anda bisa mencampur antara air lemon, air putih, gula dan juga garam untuk menghindari dehidrasi setelah melakukan olahraga barat. Seperti yang kita ketahui dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk juga mengurangi kinerja fisik anda.

2. Membantu mengatasi asma

Air lemon kaya akan kandungan vitamin C yang telah lama dikaitkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan asma pada anak-anak. Penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko penyakit asma terutama selama masa kanak-kanak. Memenuhi kebutuhan vitamin C dari buah-buahan segar dapat membantu melengkapi nutrisi tubuh sekaligus mengurangi tingkat keparahan penyakit asma.

3. Mencegah kerusakan mata pada penderita diabetes

Manfaat air lemon untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah membantu menjaga mata dari kerusakan seperti katarak. Para penderita diabetes biasanya dihadapkan pada masalah kesehatan lainnya termasuk kerusakan mata yang dapat mengarah pada kebutaan. Karena buah lemon mengandung flavonoid alami maka air lemon dapat membantu mencegah perkembangan penyakit katarak pada penderita diabetes.

4. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan bioflavonoid dalam air lemon bertindak sebagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid yang ditemukan dalam beberapa jenis buah seperti jeruk dan lemon dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah. Jadi mengkonsumsi air lemon secara rutin akan menghindarkan anda dari penyakit diabetes yang biasanya disebabkan oleh tingginya kadar gula darah.

5. Membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang sangat menyakitkan. Penyakit ini ternyata bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi air lemon segar. Hal ini dikarenakan kandungan diosmin dalam air lemon bekerja sebagai antioksidan flavanon yang dapat mengurangi pembentukan batu ginjal. Bahkan efek air lemon disinyalir memiliki kemampuan yang sama dengan beberapa obat-obatan untuk batu ginjal. Manfaat air lemon ini didapat karena diosmin yang dikandungnya dapat membantu menurunkan kalsium dan fosfor pada urine di ginjal. Hal ini pada gilirannya juga akan meningkatkan volume urin dan kadar kalsium serum yang kesemuanya membantu meringankan tekanan pada ginjal dan menghentikan perkembangan batu.

6. Baik untuk kesehatan jantung anda

Air lemon pada dasarnya merupakan sumber kalium yang merupakan mineral penting untuk membantu berbagai macam fungsi organ penting di dalam tubuh kita. Salah satu manfaat dan fungsi utama kalium adalah menjaga kestabilan detak jantung yang pada gilirannya akan mengurangi resiko penyakit jantung.

7. Mencegah kanker payudara

Air lemon merupakan sumber antioksidan penting yang berguna mencegah berbagai macam jenis kanker termasuk kanker payudara. Selain membantu dalam proses pencegahan kanker payudara ternyata air lemon juga berguna mengobati penyakit kanker payudara dengan cara menghambat enzim yang disebut aromatase.

8. Sumber antioksidan yang sangat baik

Di atas sudah kita jelaskan bahwa banyak diantara manfaat air lemon untuk kesehatan adalah karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Berapa antioksidan yang kuat dalam air lemon diantaranya seperti vitamin C dan bioflavonoid dapat membantu mengurangi efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

9. Mengurangi gejala pilek dan flu

Air lemon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat anda tidak mudah terserang penyakit seperti pilek dan flu. Manfaat air lemon untuk kesehatan ini didapat dari kandungan vitamin C yang berguna menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

10. Membantu mempertahankan berat badan

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi idaman semua orang. Untungnya diantara manfaat air lemon untuk kesehatan adalah membantu anda mendapatkan berat badan ideal tersebut. Mengkonsumsi air lemon secara rutin dapat mengurangi timbunan lemak di perut dan beberapa bagian tubuh anda yang pada gilirannya akan menurunkan berat badan dengan cepat. Manfaat air lemon untuk menurunkan berat badan ini telah dikuatkan dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam lemon mampu mencegah peningkatan lemak saat diujikan pada tikus.

Setelah membaca mengenai manfaat air lemon untuk kesehatan di atas apakah anda tertarik untuk mengkonsumsinya secara rutin?

Meskipun air lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebaiknya anda tidak berlebihan dalam konsumsinya karena dapat meningkatkan resiko penyakit maag, terutama bagi anda yang memiliki perut sensitif.