manfaat buah apel

24 Manfaat buah apel untuk ibu hamil, dan kesehatan tubuh

manfaat buah apel
image from freegreatpicture.com

Manfaat buah apel untuk ibu hamil, kesehatan dan kandungan nutrisinya. Siapa yang tidak mengenal buah apel? buah ini memang sangat terkenal sekali dan cukup populer. Kepopuleran buah apel bukan hanya dari rasanya yang lezat tetapi juga karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Buah apel memiliki rasa yang renyah dan manis ketika sudah masak.

Kandungan nutrisi buah apel

Seluruh manfaat buah apel untuk kesehatan ibu hamil dan tubuh anda secara keseluruhan tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Beberapa nutrisi penting yang terdapat dalam buah apel berperan sangat besar dalam membantu kinerja organ dalam tubuh bekerja dengan maksimal.

Kandungan beberapa mineral penting seperti kalium dalam buah apel dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan menyeimbangkan tekanan darah. Satu cangkir buah apel menyediakan sekitar 117 mg kalium. Buah apel juga mengandung sekitar 2,4 mikrogram vitamin K dalam satu cangkir buah segar. Vitamin K berguna membantu pembekuan darah dengan benar, ini sangat diperlukan terutama saat anda terluka.

Selain magnesium dan vitamin K buah apel juga menyediakan beberapa nutrisi penting lainnya seperti zat besi, magnesium, vitamin C, antioksidan penting, serat, dan beberapa senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah apel untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan gigi anda

Rutin menyikat gigi dengan baik dan benar ditambah dengan mengkonsumsi buah apel dapat membantu anda mendapatkan gigi yang sehat. Merawat buah apel bermanfaat meningkatkan produksi air liur di mulut anda yang berguna mencegah kerapuhan pada gigi. Selain itu air liur juga berfungsi sebagai penghilang bakteri di mulut anda sehingga dapat mencegah gigi dari kerusakan.

2. Dapat mencegah dehidrasi

Buah apel mengandung tinggi air dan juga beberapa vitamin penting yang dapat mencegah dehidrasi. Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik kekurangan cairan atau dehidrasi dapat mengurangi tingkat konsentrasi dan membuat tubuh menjadi mudah lelah. Mengkonsumsi buah apel pada cuaca panas selain menyegarkan juga dapat membantu anda terhindar dari dehidrasi.

3. Menjaga kestabilan berat badan

Buah apel merupakan salah satu jenis buah diet sehat karena memberikan asupan nutrisi yang melimpah sekaligus sangat tinggi serat. Kombinasi ini akan membuat anda kenyang lebih lama saat mengkonsumsi buah apel sehingga akan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori. Buah ini juga tergolong sangat rendah kalori sehingga aman bagi anda yang memiliki berat badan berlebih. Satu cangkir irisan buah apel segar beserta kulitnya hanya memiliki sekitar 57 kandungan kalori dan sedikit lemak.

4. Baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Pencernaan yang sehat dapat membantu anda terhindar dari segala macam gangguan pencernaan termasuk sembelit. Dengan pencernaan yang sehat pula maka anda akan terhindar dari penyakit kanker usus besar. Manfaat buah apel untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan seratnya yang tinggi.

Satu cangkir buah apel segar mengandung hingga 3 gram serat. Serat berguna membantu menjaga agar saluran pencernaan berjalan lancar sekaligus meningkatkan kesehatan usus. Bukan hanya itu, serat juga berguna menurunkan kolesterol jahat. Institute of medicine merekomendasikan seorang wanita mengkonsumsi paling tidak 25 gram serat setiap hari dan pria 38 gram serat setiap hari. Untuk membantu memenuhi jumlah tersebut anda bisa mengkonsumsi setidaknya dua buah apel.

5. Untuk menurunkan kolesterol

Manfaat buah apel untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu menurunkan kolesterol jahat yang mengarah pada penyakit jantung. Manajemen kolesterol yang baik sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular anda secara keseluruhan. Kolesterol sering memicu berbagai macam penyakit berbahaya di dalam tubuh termasuk penyakit jantung dan stroke. Buah apel memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi, dimana nutrisi ini sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita.

6. Menjaga kesehatan jantung anda

Selain diperkaya dengan serat yang berguna mengurangi kadar kolesterol manfaat buah apel untuk kesehatan juga dikarenakan kandungan kaliumnya yang tinggi. Kalium membantu menjaga kestabilan detak jantung sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kombinasi antara serat dan kalium sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung anda. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah apel segar setiap hari Insyaa Allah akan membantu anda mendapatkan jantung yang sehat secara alami.

Pastikan anda memilih buah apel organik dan masih segar untuk memastikan kandungan nutrisi di dalamnya terjaga dengan baik. Jika anda kesulitan menemukan buah apel organik, sebaiknya kupas kulitnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, karena buah apel sekarang ini sudah banyak tercemar oleh pestisida. Tetapi dengan mengupas kulitnya mungkin anda akan sedikit kehilangan manfaat buah apel karena beberapa nutrisi terdapat pada kulitnya.

7. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Kandungan fitonutrien penting yang ditemukan pada beberapa tanaman termasuk buah apel dapat membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa ini berguna mencegah lonjakan gula darah dengan cara menghambat enzim yang terlibat langsung dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana. Hal ini dilakukan dengan merangsang sel pankreas untuk memproduksi insulin dengan cara mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Manfaat buah apel untuk kesehatan ini bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi. Meskipun buah ini dapat menurunkan kadar gula darah akan tetapi sebaiknya bagi penderita diabetes berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah apel.

8. Mencegah penyakit asma

Penderita penyakit asma disarankan untuk meningkatkan asupan antioksidan dari makanan yang mereka konsumsi. Buah apel mengandung vitamin C dan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit. Studi menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat melindungi tubuh kita dari serangan asma.

9. Mencegah stroke

Penyakit stroke sangat berbahaya dan dapat menyerang orang di berbagai macam usia. Di Amerika Serikat penyakit ini telah merenggut setidaknya 130.000 nyawa. Untungnya stroke bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah apel. Salah satu manfaat buah apel untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan seratnya yang tinggi. Selain serat, buah apel juga masih memiliki beberapa nutrisi penting lainnya yang berguna mencegah stroke.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Journal Of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi buah apel memiliki resiko yang lebih rendah mengidap stroke. Selanjutnya sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu, seorang peneliti swedia menemukan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur segar termasuk buah apel dan pir memiliki manfaat dalam mengurangi risiko stroke.

10. Mencegah penyakit kanker

Untuk mencegah penyakit kanker kita disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar terutama yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah apel. Buat apa memang selama ini menjadi seperti selama beberapa waktu untuk melihat manfaatnya dalam mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi buah apel secara rutin ternyata dapat mengurangi risiko kanker usus besar kanker payudara dan kanker paru-paru.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2004 lalu menemukan bahwa bahan kimia yang terdapat dalam buah apel membantu mencegah kanker usus besar. Sedangkan pada tahun 2007, penelitian yang di dilakukan oleh Cornell University menemukan senyawa yang disebut triterpenoid yang terdapat dalam buah apel dapat melawan kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker hati.

11. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan fitokimia penting yang terdapat dalam buah apel berguna meningkatkan keseimbangan kimia pada otak. Buah apel juga diketahui dapat melindungi sel neuron terhadap efek buruk stres oksidatif yang pada gilirannya akan menurunkan kemungkinan gangguan neuro degeneratif seperti penyakit alzheimer dan parkinson.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal Experimental Biology And Medicine pada tahun 2006 lalu menemukan bahwa, kuersetin yang terdapat dalam buah apel dapat mengurangi kematian sel yang disebabkan oleh peradangan dan oksidasi neuron.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Journal Of Alzheimer Disease menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah apel dapat mencegah penurunan kinerja kognitif otak. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa manfaat buah apel untuk kesehatan otak patut diperhitungkan.

12. Membangun kekuatan tulang

Kombinasi unik antara antioksidan seperti flavonoid dan polifenol serta ditambah beberapa mineral penting dalam buah apel dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Salah satu fitonutrien penting dalam buah apel yang disebut phloridzin dapat membantu memperbaiki kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang pada wanita pascamenopause.

Menurut Calcine Tissue International mengkonsumsi phloridzin dapat memberikan perlindungan terhadap osteopenia dalam kondisi peradangan dengan cara memperbaiki marker peradangan dan resorpsi tulang. Boron, trace mineral yang ditemukan dalam buah apel juga berguna mendukung fungsi nutrisi penting tulang seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D.

13. Meningkatkan imunitas

Manfaat buah apel untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Apel merupakan sumber vitamin beserta beberapa antioksidan penting lainnya yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh peneliti jerman yang melakukan penelitian pada tahun 2009 lalu membuktikan fungsi vitamin c dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah flu.

Selain vitamin C, kandungan serat larut dalam buah apel juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan aktivitas anti-inflamasi nya bermanfaat membantu mengubah radikal bebas pro-inflamasi menjadi sel penyembuhan anti-inflamasi.

14. Membantu penyerapan zat besi

Meskipun buah apel bukan merupakan sumber zat besi karena hanya memiliki sekitar 0,22 mg saja akan tetapi buah ini mengandung vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi dari makanan yang kita konsumsi. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal For Vitamin And Nutrition Research menunjukkan, bahwa vitamin C dalam buah apel dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh dengan cara menghalangi senyawa yang menghambat penyerapan zat besi.

15. Meningkatkan fungsi hati

Manfaat buah apel untuk kesehatan hati salah satunya dikarenakan buah yang mengandung tinggi vitamin C. Menurut temuan dari sebuah penelitian bahwa kerjasama metabolik antara vitamin C dan glutathion dapat menurunkan stres oksidatif sehingga akan memperbaiki fungsi hati.

16. Mencegah katarak

Buah apel kaya akan kandungan fitonutrien antioksidan yang dapat mengurangi dampak buruk radikal bebas pada kesehatan mata. The Department of Human Nutrition and Health di Basel mengumumkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah apel dapat mengurangi risiko pengembangan katarak.

17. Menjaga kesehatan kulit anda

Kesehatan kulit perlu dijaga karena kulit merupakan salah satu simbol kecantikan bagi wanita. Mengkonsumsi buah dan sayur segar menjadi salah satu alternatif yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit anda. Salah satu jenis buah yang menyediakan nutrisi penting untuk kulit adalah buah apel. Buah apa yang memiliki senyawa antioksidan yang dapat mencegah kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas radikal bebas dapat menyebabkan efek yang buruk untuk kulit termasuk keriput dan bintik-bintik penuaan.

Endokrinologi Dermato dalam tinjauan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kandungan flavonoid pada buah apel, seperti phlorizin, telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada pencegahan penuaan kulit.

18. Meningkatkan reaksi molekul dan enzim

Salah satu manfaat utama buah apel untuk kesehatan adalah dari kandungan magnesium yang dimilikinya magnesium dalam buah apel telah ditemukan dapat merangsang reaksi kimia dalam tubuh magnesium dibutuhkan dalam membuat ratusan reaksi enzim berfungsi dengan baik menurut Dr. Carolyn Dean magnesium di dibutuhkan tubuh untuk memproduksi dan menyimpan energi. Tanpa magnesium tidak ada lagi energi atau gerakan dalam kehidupan.

19. Membantu pembentukan jaringan otot

Selain untuk meningkatkan reaksi molekul dan enzim magnesium juga dibutuhkan tubuh untuk membangun otot baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian mengungkap bahwa kekurangan protein selain dapat membuat otot menjadi lemah juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Menurut sebuah tinjauan yang dilakukan oleh Magnesium Research pada tahun 1991 menunjukkan bahwa defisiensi magnesium dapat mengurangi kapasitas olahraga dan meningkatkan resiko sindrom kematian pada bayi.

Baca juga 14 Manfaat buah strawberry untuk kesehatan

20. Dapat mengurangi penyakit kronis

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang diterbitkan dalam Journal of Psychology menemukan bahwa N-methyl-D-aspartate (yang merupakan zat kimia otak) saat dipicu dengan rasa sakit dapat diimbangi dengan asupan magnesium tanpa toksisitas.

Manfaat buah Apel untuk ibu hamil

1. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Manfaat buah apel untuk ibu hamil yang pertama adalah meningkatkan pertumbuhan bayi. Kandungan magnesium yang tinggi dalam buah apel sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan bayi dan juga memastikan kesehatan ibu hamil. Asupan magnesium yang cukup dapat mengurangi rasa sakit sekaligus mencegah eklampsia. Selain itu magnesium juga berguna meningkatkan pembentukan tulang yang sangat baik untuk janin dalam kandungan.

2. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Manfaat buah apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu mencukupi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Saat sedang hamil seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dari biasanya hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan dibagi dengan janin dalam kandungan. Kekurangan nutrisi saat hamil selain dapat menghambat pertumbuhan bayi juga akan mempengaruhi kesehatan sang ibu. Hal ini dikarenakan nutrisi yang seharusnya didapat oleh ibu hamil akan diambil bayinya.

3. Mencegah anemia pada ibu hamil

Seorang wanita hamil lebih rentan mengalami anemia dan anemia pada ibu hamil biasanya memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sehingga anda perlu memperhatikan asupan zat besi dari makanan yang anda konsumsi. Buah apel juga memiliki kandungan nutrisi penting yang dapat membantu penyerapan zat besi sehingga saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi maka penyerapannya lebih maksimal.

4. Mencegah darah tinggi pada ibu hamil

Darah tinggi dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan ibu hamil. Bahkan darah tinggi disebut sebagai salah satu faktor pemicu pendarahan pada saat proses melahirkan. Darah tinggi dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti buah apel. Buah apel memiliki sejumlah kalium yang dapat menstabilkan detak jantung dan tekanan darah.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat buah apel untuk kesehatan, ibu hamil, dan juga informasi mengenai kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda.