5 Masker alami untuk menghilangkan komedo di hidung dan wajah

Kulit wajah, Masker wajah
Masker Alami Untuk Menghilangkan Komedo
image via www.rd.com

Masker alami untuk menghilangkan komedo di hidung dan wajah anda secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang bekerja cukup efektif dan aman. Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang banyak dialami oleh laki-laki maupun wanita. Dari kejauhan, komedo memang tidak terlalu terlihat. Tetapi ketika Anda sedang bercermin atau menekan hidung, komedo tersebut akan langsung terlihat dan membuat wajah terlihat kotor. Salah satu penyebab terjadinya komedo adalah karena karena kulit wajah memproduksi minyak berlebih dan bercampur debu dengan debu. Selain hidung, komedo juga sering terlihat di bagian dagu, area bawah hidung, dan juga dahi. Masalah komedo perlu segera mendapat perhatian karena jika dibiarkan menumpuk dapat menjadi pemicu jerawat dan membuat kulit kasar.

 

Masker alami untuk menghilangkan komedo

Untuk mengatasi komedo di wajah, Anda tidak harus selalu menggunakan produk krim atau serum kecantikan yang mahal dan tidak jelas bahan-bahan pembuatannya. Pasalnya, di sekitar kita ternyata banyak bahan alami yang dapat mengatasi komedo secara efektif. Anda dapat menjadikan bahan tersebut sebagai masker alami untuk menghilangkan komedo dan menggunakannya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang efektif. Apa saja bahan tersebut? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Masker Lobak

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa umbi berwarna putih ini ternyata sangat efektif untuk mengangkat komedo. Lobak mengandung serat yang tinggi dan mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Lobak juga mengandung fosfor, zinc, dan vitamin C yang penting untuk kulit. Untuk membuat masker dari lobak, Anda hanya perlu menghaluskan atau memarut lobak secukupnya kemudian tambah dengan beberapa tetes madu. Aplikasikan campuran tersebut di wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air.

2. Putih Telur dan Madu

Salah satu manfaat masker putih telur untuk wajah adalah mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit. Sementara itu, madu berperan untuk menutrisi kulit. Perpaduan keduanya akan membuat komedo menempel dan terangkat dari kulit. Cara membuat masker putih telur dan madu adalah dengan mencampur putih telur dan madu sebanyak satu sendok teh. Usapkan campuran tersebut di wajah yang terdapat komedo. Setelah 15 menit, basuh wajah dengan air hangat sampai bersih.

3. Masker Susu, Gelatin, dan Madu

Masker alami untuk menghilangkan komedo ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolagen melalui penggunaan gelatin. Sementara itu perpaduan susu dan madu akan menutrisi kulit dan membuat kulit lebih lembut dan lembab bebas dari komedo. Namun sebelum menggunakan masker dari perpaduan ketiga bahan ini, lakukan sedikit uji coba pada kulit untuk memastikan kulit Anda tidak alergi terhadap gelatin. Untuk membuat masker, siapkan 1 sendok makan susu, 1 sendok teh gelatin, dan 1 sendok makan madu murni. Panaskan gelatin kemudian tambahkan susu dan madu. Aduk sampai gelatin meleleh dan bercampur dengan kedua bahan lainnya. Setelah semua bahan tercampur rata, matikan api dan diamkan beberapa saat.

Usapkan secara merata di kulit sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bersihkan perlahan dengan gerakan memutar. Bersihkan wajah dan keringkan dengan kain lembut. Aplikasikan masker tersebut 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif dan mengecilkan pori-pori kulit.

4. Masker Kopi

Manfaat masker kopi untuk wajah yang patut anda coba adalah sebagai bahan penghilangkan komedo alami. Kopi merupakan bahan alami yang tidak kalah efektif untuk mengangkat komedo. Bahan ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Untuk membuat masker kopi, siapkan ampas kopi yang telah dicampur dengan air. Setelah itu aplikasikan di wajah yang terdapat komedo sambil menekan kulit. Ratakan masker di wajah dengan gerakan memutar. Biarkan sampai mengering dan bilas wajah dengan air bersih.

5. Masker Oatmeal

Manfaat masker oatmeal untuk wajah yang tidak kalah penting adalah membantu menghilangkan komedo di hidung. Oatmeal tidak hanya bahan yang populer sebagai menu sarapan tetapi juga aman dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk komedo dan kulit sensitif. Cereal berperan sebagai pembersih kulit dan eksfoliator alami. Selain itu, bahan ini juga memiliki kandungan anti inflamasi dan kaya akan antioksidan yang mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi iritasi kulit. Cara membuat masker oatmeal, panaskan oatmeal secukupnya dengan dicampur air. Setelah itu, diamkan sampai suhu ruang dan aplikasikan di wajah yang terdapat komedo. Biarkan setidaknya 15 hingga 30 menit lalau bersihkan wajah anda dengan air hangat hingga tidak ada masker oatmeal yang tersisa. Lakukan dengan teratur paling tidak satu kali seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian beberapa masker alami untuk menghilangkan komedo. Dengan bahan-bahan yang alami, cara ini tentu lebih ramah untuk kulit dan tidak menimbulkan efek samping.