10 Cara membuat masker putih telur untuk wajah dan rambut Anda

Masker wajah, Rambut
Cara membuat masker putih telur
image from shutterstock

Cara membuat masker putih telur untuk wajah dan rambut Anda sehingga membuatnya terlihat lebih cantik dan sehat secara alami. Selengkapnya mari simak ulasannya berikut. Berbicara mengenai bahan perawatan kecantikan alami kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan putih telur. Salah satu bahan yang murah dan cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit yaitu putih telur. Telur merupakan makanan yang mengandung tinggi nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral. Kesemua nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Maka tidak heran, jika penggunaan masker putih telur baru-baru ini semakin populer dan banyak diminati. Selain harganya yang murah, penggunaan putih telur juga bekerja cukup efektif.

 

Cara membuat masker putih telur untuk wajah

1. Masker putih telur

Cara membuat masker putih telur sangat sederhana sekali. Kita hanya akan menggunakan putih telur sebagai bahannya tidak perlu menggunakan bahan-bahan lain sebagai campuran. Persiapkan satu butir telur berukuran sedang (usahakan menggunakan telur ayam kampung) agar hasilnya lebih maksimal. Pisahkan antara putih dan kuningnya kemudian kocok putih telur hingga berbusa.

Terapkan pada area wajah dan leher kemudian biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Jika sudah selesai, cuci wajah anda dengan air hangat.  Penggunaan putih telur ini akan membantu menutrisi dan menghaluskan kulit wajah secara alami. Masker wajah dari putih telur ini juga sangat baik untuk mengurangi flek hitam di wajah.

2. Putih telur, krim dan jus wortel

Jika di atas hanya menggunakan putih telur sebagai bahan utamanya, kali ini kita akan menambahkan beberapa bahan lainnya untuk membuat manfaatnya lebih maksimal. Cara membuat masker putih telur dengan kombinasi ketiga bahan tadi tidaklah sulit. Pertama campurkan 1 putih telur dengan 1 sdm krim. Tambahkan 1 sdm jus wortel kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 5 sampai 10 menit. Jika sudah selesai, cuci wajah anda dengan air hangat. Penggunaan masker putih telur secara rutin akan membuat kulit wajah terasa kenyal dan elastis.

3. Telur dan tepung jagung

Ini merupakan resep masker wajah buatan sendiri yang sangat baik dan mudah dibuat. Meskipun sederhana, kombinasi antara putih telur dan tepung jagung memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Cara menggunakan putih telur dan tepung jagung: Pertama, campurkan satu sendok makan tepung jagung dengan 1 putih telur. Kocok kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik.

Terapkan ke seluruh wajah anda dan diamkan selama 10 menit hingga putih telur mulai mengering. Langkah terakhir, bias wajah anda dengan air hangat kemudian ikuti dengan air dingin (kontras air dimaksudkan untuk merangsang sirkulasi darah di kulit anda). Masker wajah ini berguna membersihkan kulit dan membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran di wajah.

4. Putih telur dan minyak zaitun

Untuk membuat masker wajah dari putih telur dan minyak zaitun tidaklah sulit. Berikut langkah-langkah yang harus anda tempuh. Langkah pertama, ambil satu putih telur kemudian campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun murni. Aduk bahan tadi menggunakan blender hingga benar-benar menyatu dengan baik. Terapkan secara merata pada kulit wajah dan leher selama 10 menit. Jika sudah selesai, cuci wajah anda sampai bersih hingga tidak ada masker putih telur yang menempel.

5. Madu, tepung terigu, dan putih telur

Cara membuat masker putih telur dengan mengkombinasikannya dengan madu dan tepung terigu. Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan satu butir telur ayam kampung berukuran sedang. Masukkan ke dalam mangkuk kecil lalu kocok dengan sendok hingga berbusa. Masukkan 2 sendok makan tepung terigu ke dalamnya lalu gunakan sebagai masker wajah.

Penggunaan tepung terigu, madu, dan putih telur pada wajah akan membuatnya tampak lebih halus dan sehat secara alami. Madu memiliki kandungan antibakteri yang sangat baik untuk mencegah jerawat dan komedo. Sedangkan tepung terigu berguna mencerahkan kulit secara alami. Jadi kombinasi ketiga bahan tadi merupakan paket yang sangat lengkap untuk kecantikan wajah anda.

6. Putih telur dan air mawar

Cara membuat masker putih telur untuk wajah: ambil satu butri telur berukuran sedang lalu ceplok dan ambil putihnya. Kocok hingga teksturnya lebih halus untuk memudahkannya saat digunakan sebagai masker wajah. Tambahkan dengan beberapa tetes air mawar lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu basuh wajah anda dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk membantu menghilangkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit wajah.

7. Putih telur dan oatmeal

Oatmeal merupakan bahan alami yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga akan menyebabkan jerawat. Untuk itu penggunaan oatmeal sangat diperlukan. Sedangkan putih telur seperti yang sudah kita ketahui merupakan perekat alami yang membantu oatmeal lebih kuat dalam menempel pada kulit.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah menggunakan putih telur dan oatmeal: langkah pertama haluskan oatmeal terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan dengan putih telur yang sudah dikocok. Campur kedua bahan tadi sehingga menyatu dengan baik lalu aplikasikan ke kulit wajah dan leher hingga merata. Pijat dengan gerakan melingkar selama 2 menit, lalu bilas wajah anda seperti biasa.

8. Putih telur dan tisu

Cara ini sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan komedo di wajah. Cara membuat masker putih telur dengan tisu sangat sederhana. Pertama siapkan satu lembar tisu bersih kemudian disaat yang bersamaan kocok putih telur menggunakan sendok hingga berbusa. Terapkan putih telur pada tisu tersebut kemudian tempelkan pada wajah dan hidung yang terdapat komedo.

Biarkan selama 20 menit hingga putih telur benar-benar menempel dan kering di wajah. Setelah 20 menit, angkat secara perlahan. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat komedo di hidung dan wajah sehingga membuat wajah tampak lebih halus terawat.

9. Putih telur, lidah buaya, dan lemon

Ketiga bahan ini merupakan kombinasi yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat di wajah anda. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meremajakan kulit. Sedangkan lidah buaya berfungsi sebagai pelembab alami kulit wajah sehingga mencegahnya dari kekeringan. Mempertahankan kelembaban kulit wajah sangat penting untuk mencegah jerawat dan masalah kulit kering.

Cara membuat masker putih telur, lidah buaya dan lemon: pertama haluskan lidah buaya dengan blender kemudian masukkan putih telur dan 1 sdt lemon ke dalamnya. Aduk dengan baik, lalu balurkan ke seluruh area wajah anda hingga merata. Biarkan sampai mengering kemudian Anda bisa membersihkan wajah anda dengan sabun khusu untuk menghilangkan bau putih telur.

10. Putih telur dan jeruk nipis

Putih telur dapat memperbaiki berbagai macam kerusakan yang terjadi pada rambut dan kulit wajah anda. Bahan yang sangat sederhana ini mampu mampu memutihkan dan mencerahkan kulit secara alami dan tentunya aman. Cara membuat masker putih telur kali ini akan menggunakan jeruk nipis sebagai campurannya. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan:

Pertama mulailah dengan memisahkan putih telur dari kuningnya kemudian masukkan ke dalam mangkuk kaca. Kocok putih telur sampai teksturnya lebih encer sehingga mudah untuk diterapkan pada kulit wajah. Ambil sikat riasan yang bersih lalu gunakan untuk menerapkan putih telur pada kulit wajah Anda. Biarkan selama 15 menit hingga putih telur kering lalu bilas seperti biasa.

 

Cara membuat masker putih telur untuk rambut

1. Masker putih telur untuk rambut kering

Menggunakan masker putih telur dapat membantu melembabkan rambut secara alami sehingga akan mengurangi kekeringan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda perlu menambahkan dengan madu. Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami dengan putih telur: masukan 1 butir putih telur ke dalam mangkuk kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan madu. Kocok hingga kedua bahan tadi merata kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan shampo.

2. Masker telur untuk ketombe

Menggunakan putih telur pada rambut sangat baik untuk menyehatkan kulit kepala sehingga akan mencegah munculnya ketombe dan kulit kepala gatal. Cara membuat masker putih telur untuk rambut: pertama campurkan putih telur dengan minyak neem kemudian gunakan sebagai masker rambut dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Masker telur untuk memanjangkan rambut

Jika anda ingin memiliki rambut yang panjang secara alami dan cepat. Menggunakan masker putih telur bisa menjadi pilihan yang baik. Penggunaan putih telur untuk memanjangkan rambut juga relatif lebih murah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk penumbuh rambut yang mahal. Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami menggunkan masker putih telur sangat mudah.

Langkah pertama: persiapkan satu butir telur ayam kampung berukuran sedang. Ceplok dan masukkan ke dalam mangkuk. Pisahkan kuningnya lalu kocok hingga teksturnya lebih encer. Tambahkan minyak almond secukupnya lalu terapkan pada rambut Anda dari ujung hingga ke akar. Lakukan sedikit pemijatan selama 2 menit kemudian biarkan sampai mengering. Langkah terakhir bilas menggunakan shampo sampai bersih.

4. Masker putih telur untuk rambut keriting

Jika Anda memiliki rambut keriting dan ingin meluruskannya secara alami, menggunakan masker putih telur bisa anda jadikan pilihan. Karena selain aman, penggunaan masker putih telur juga relatif bekerja cukup efektif. Caranya: campur putih telur dengan sedikit mayones lalu kocok hingga ke semua bahan tadi menyatu dengan baik. Gunakan sebagai masker rambut selama kurang lebih 15 menit hingga putih telur mulai mengering. Jika sudah selesai bilas lalu gunakan conditioner untuk menghilangkan bau pada putih telur.

5. Mencegah rambut rontok dengan masker putih telur

Putih telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga baik untuk meningkatkan kekuatan rambut Anda. Dengan rambut yang kuat maka akan mencegah kerontokan yang mengarah pada kebotakan. Cara membuat masker putih telur untuk rambut rontok: Pertama, pisahkan putih telur dari kuningnya lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalamnya lalu aduk hingga bahan tadi menyatu. Sebarkan ke seluruh kulit kepala dan rambut hingga merata. Setelah mulai mengering (sekitar 30 menit) bilas rambut Anda dengan shampo.

6. Masker putih telur untuk menghilangkan kutu

Jika Anda memiliki kutu pada rambut jangan ragu untuk menggunakan putih telur sebagai masker. Caranya campur lemon dan putih telur kemudian terapkan pada rambut selama 6 sampai 7 jam. Tutupi kepala anda dengan topi khusus. Jika sudah selesai lakukan keramas seperti biasa untuk menghilangkan bau putih telur di rambut Anda.

Sekian tadi beberapa cara membuat masker putih telur untuk wajah dan rambut. Tentu anda tidak bisa menerapkan ke semua metode di atas, jadi pilih salah satu yang menurut anda paling baik kemudian terapkan pada kulit wajah atau rambut Anda.