7 Masker alami untuk wajah kusam agar tampak lebih cerah

Kulit wajah, Masker wajah
Masker Alami Untuk Wajah Kusam
image via www.well-beingsecrets.com

Masker alami untuk wajah kusam agar tampak lebih cerah dan sehat memanfaatkan bahan-bahan tradisional seperti madu, tomat dan beras. Setiap orang tentu mendambakan kulit wajah yang mulus, halus, dan bercahaya. Namun karena perawatan wajah yang salah atau terkena dampak radikal bebas, seseorang memiliki wajah yang kusam. Kulit wajah kusam akan memberikan kesan wajah yang kusam dan kotor. Oleh sebab itu, para wanita yang memiliki wajah kusam tentu akan berusaha mencari solusi untuk menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya.

 

Masker alami untuk wajah kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk perawatan kecantikan di salon atau menggunakan kosmetik yang mahal. Cukup gunakan beberapa bahan di bawah ini sebagai masker alami untuk wajah kusam, kulit wajah Anda tentu akan menjadi lebih bersih dan bercahaya.

1. Masker Madu

Manfaat masker madu untuk wajah bisa didapat dengan menerapkannya secara rutin. Madu diketahui mampu mengatasi masalah kulit wajah kusam dan kering. Madu selama ini telah dikenal sebagai bahan alami yang mampu menutrisi kulit wajah dan dapat mencerahkan serta melembabkan kulit wajah yang kusam. Cara membuat masker madu, Anda cukup mengoleskan madu ke seluruh kulit wajah secara merata kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih

2. Masker Buah Tomat

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kusam sekaligus berjerawat, masker wajah dari buah tomat dapat menjadi solusi yang tepat. Tomat merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan dapat membuat wajah kusam menjadi lebih cerah dan halus. Caranya, haluskan buah tomat merah secukupnya. Setelah itu oleskan secara merata di wajah. Setelah meresap atau sekitar 15 menit, bilas wajah dengan air bersih.

3. Masker Telur dan Lemon

Selain dialami oleh para pemilik kulit wajah berminyak, wajah kusam juga sering terjadi pada mereka yang memiliki kulit kering, Jika Anda termasuk salah satunya, cobalah untuk menggunakan telur. Telur dapat berperan sebagai pelembab alami kulit. Sementara itu, lemon yang mengandung antioksidan sangat efektif untuk membersihkan flek dan pori-pori wajah. Untuk membuat masker alami untuk wajah kusam dari telur dan lemon, campur 2 butir telur dan 5 sendok makan sari perasan air lemon. Terapkan masker ini ke wajah sampa benar-benar merata lalu biarkan kurang lebih 20 menit. Langkah terakhir bilas wajah Anda hingga bersih dengan air hangat.

4. Masker Beras

Masker alami ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Beras dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan menjaga kulit tetap lembab. Cara membuat masker beras yang pertama adalah rendam ½ cangkir beras dalam 1 cup air selama 1 jam. Setelah itu saring airnya. Siapkan handuk kertas dan buat lubang di area mata dan mulut. Kemudian rendam handuk kertas di air tersebut selama 10 menit. Peras sedikit dan tempelkan di wajah. Diamkan masker tersebut selama 15 menit.

5. Masker Bengkoang

Selama ini bengkoang telah dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Dengan manfaat yang dimilikinya, bengkoang tentu juga efektif untuk mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih cerah. Cara membuat masker bengkoang adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian tempelkan di wajah secara merata selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara teratur dan lihat hasilnya. Wajahpun menjadi lebih putih dan cerah bebas kusam.

6. Masker Minyak Zaitun

Selain menyehatkan tubuh, minyak zaitun atau olive oil juga menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan kulit, termasuk mengatasi kulit kusam. Minyak zaitun dapat mengembalikan kelembaban kulit yang kering berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Cara mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata di wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit atau sampai meresap. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

7. Masker Pepaya dan Yoghurt

Pepaya termasuk bahan alami yang diketahui dapat mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Pepaya memiliki kandungan yang disebut enzim papain. Kandungan inilah yang bertugas mencerahkan kulit kusam. Caranya, campurkan setengah cangkir buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan yoghurt plain. Oleskan secara merata di wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah bersihkan wajah dengan air hangat. Selain dapat mengatasi kulit kusam, perpaduan pepaya dan yoghurt juga dapat membuat kulit lebih kencang.

Demikian beberapa masker alami untuk wajah kusam. Pastikan untuk mengaplikasikan masker tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.