17 Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung dan wajah

Cara menghilangkan komedo secara alami
Cara menghilangkan komedo secara alami
komedo di hidung

Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung dan wajah dengan cepat sekaligus efektif menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan tips mencegah komedo agar tidak muncul kembali. Memiliki wajah yang penuh dengan komedo tentu sangat tidak mengenakkan. Secara medis komedo dianggap sebagai tahap pertama munculnya jerawat di wajah. Secara umum, komedo disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih melalui kulit. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo di wajah atau bagian lainnya di kulit. Selain menggunakan produk kecantikan yang sudah tersedia, bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo.

 

Sekilas tentang komedo

Komedo atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Blackhead merupakan salah satu masalah kulit wajah yang paling merisaukan terutama bagi wanita. Komedo biasanya dipenuhi dengan sebum berlebih, minyak, dan bakteri. Komedo terbuka biasanya sering disebut Blackhead, sedangkan komedo tertutup biasanya dianggap sebagai whitehead. Komedo terjadi ketika pembukaan folikel terhambat oleh sebum berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk.

Komedo yang disebut dengan Blackhead biasanya dianggap sebagai tahap awal terbentuknya jerawat. Sehingga munculnya komedo bisa dikatakan sebagai penyebab umum jerawat. Munculnya komedo dan jerawat biasanya terjadi selama masa remaja ketika ada perubahan hormonal pada diri seseorang. Hormon tertentu akan merangsang kelenjar sebasea. Akibatnya akan menghasilkan sebum yang berlebihan. Komedo hitam disebabkan oleh melanin di sebum yang terkena udara sehingga menjadi gelap.

Beberapa faktor termasuk penggunaan make up berlebih, stress, dan perubahan hormonal dapat memperburuk atau meningkatkan resiko munculnya komedo. Dengan mencuci atau menggosok komedo tidak akan serta merta membuatnya hilang. Oleh sebab itu Anda membutuhkan beberapa metode yang sudah teruji dapat menghilangkan komedo secara alami, pastinya dengan tingkat keefektifan yang cukup baik.

 

Cara menghilangkan komedo secara alami

cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Berikut kami rangkum cara menghilangkan komedo secara alami dengan cepat menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman dan cukup efektif:

1. Menggunakan uap

Salah satu cara menghilangkan komedo secara alami di hidung dengan cepat adalah menggunakan teknik uap. Cara ini juga sangat mudah dan praktis dan pastinya relatif aman. Yang perlu anda lakukan hanyalah menguapi wajah anda selama 1 sampai 2 menit kemudian bersihkan komedo secara lembut menggunakan exfoliator alami.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah bahan yang cukup efektif untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan kulit termasuk munculnya komedo. Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan oatmeal: Campur 2 sendok makan jus tomat segar, satu sendok teh madu, dan 2 hingga 4 sendok makan oatmeal. Campur semua bahan tadi hingga anda mendapatkan pasta yang kental. Gosokkan pasta yang anda buat tadi secara lembut selama sekitar 10 menit. Jika sudah selesail, bersihkan menggunakan air.

Sebagai alternatif campur 3 sendok makan yogurt, beberapa tetes minyak zaitun, dan 2 sendok makan oatmeal. Jika kesemua bahan tadi sudah tercampur dengan baik maka terapkan pada wajah yang terdapat komedo. Pijatkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu diamkan sekiar 20 menit. Jika sudah selesai bersihkan wajah anda menggunakan air. Lakukan secara rutin setidaknya 3 kali seminggu agar komedo di wajah anda segera hilang.

3. Menggunakan baking soda

Baking soda memang cukup terkenal karena salah satu bahan pembuat kue ini sering sekali dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alternatif. Untuk menghilangkan komedo secara alami menggunakan baking soda, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan: Pertama campur satu sendok teh baking soda dengan air untuk dibuat pasta. Pijakan pada daerah yang terdapat komedo secara lembut. Biarkan selama 15 menit hingga pasta tersebut kering dengan sendirinya. Jika sudah, bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu sampai komedo mulai berkurang.

4. Garam epsom

Ramuan lain yang cukup efektif untuk menghilangkan komedo secara alami adalah garam epsom. Cara penggunaannya adalah: tambahkan beberapa tetes yodium ke satu sendok teh garam epsom dalam air panas kemudian diamkan hingga larut sepenuhnya. Setelah menjadi dingin, celupkan bola kapas kecil ke dalam larutan tersebut kemudian oleskan pada kulit yang terkena komedo. Jika sudah kering keluarkan komedo dengan hati-hati.

5. Kompres hangat

Nah jika anda sedang mencari cara menghilangkan komedo secara alami dan juga praktis menggunakan kompres hangat mungkin bisa menjadi pilihan. Caranya cukup mudah, pertama ambil air hangat di dalam bejana kemudian rendam sepotong kain bersih di dalamnya. Tempatkan kain tersebut pada kulit yang terdapat komedo selama sekitar 15 menit. Kompres hangat ini akan dengan cepat membuka pori-pori kulit yang terdapat komedo kemudian anda bisa membersihkan komedo tersebut dengan mudah.

6. Menggunakan putih telur

Kemampuan putih telur dalam mengobati berbagai macam masalah kesehatan kulit sudah tidak diragukan lagi. Selain membantu menghilangkan bekas jerawat, putih telur ternyata juga berguna menghilangkan komedo secara alami dengan cepat. Selain alami, putih telur juga mudah didapat sehingga anda tidak perlu repot-repot mencari bahan-bahan yang akan anda gunakan. Berikut langkah demi langkah menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo di wajah:

Langkah pertama, kocok putih telur hingga teksturnya mulai sedikit encer. Setelah itu tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Jika sudah, oleskan campuran bahan tersebut pada bagian wajah yang terdapat komedo. Biarkan selama setidaknya 30 menit kemudian bilas wajah anda secara perlahan. Lakukan pengobatan di atas secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo yang membandel.

7. Menggunakan jus lemon

Lemon merupakan astringent alami yang dapat bekerja bersamaan dengan pembersih wajah untuk menghilangkan komedo dari kulit wajah anda. Namun ada satu hal yang perlu anda ketahui bahwa lemon dapat berdampak kurang baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Jus lemon akan menyebabkan kulit sensitif menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga akan meningkatkan resiko sengatan matahari secara dramatis. Jadi, sebelum anda menggunakan jus lemon untuk menghilangkan komedo di wajah, sebaiknya uji cobakan terlebih dahulu ke tangan anda untuk melihat reaksinya.

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami di hidung menggunakan lemon:

Pertama persiapkan satu atau dua buah lemon segar berukuran sedang. Potong menjadi 2 bagian kemudian ambil airnya. Terapkan air lemon tersebut menggunakan bola kapas secara perlahan ke wajah yang terdapat komedo untuk menghindari reaksi pada kulit. Biarkan sampai jus lemon tersebut mulai mengering setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat.

8. Menggunakan madu

Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung yang selanjutnya adalah menggunakan madu. Kandungan mineral, vitamin, dan juga enzim-enzim tertentu dalam madu menjadi indikasi yang sangat baik untuk dibuat sebagai bahan produk kecantikan tidak terkecuali untuk menghilangkan komedo di wajah.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri sehingga membuatnya sangat baik dimanfaatkan sebagai bahan penghilang komedo. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo secara alami di hidung dan wajah anda menggunakan madu:

Langkah pertama panaskan satu sendok makan madu sampai hangat. Cara paling mudah adalah menggunakan microwave. Setelah madu mulai hangat, oleskan pada wajah yang terdapat komedo seperti hidung dan area sekitarnya. Pijatkan secara perlahan sekitar 5 menit agar komedo terangkat dengan baik. Kemudian biarkan selama 20 menit. Jika sudah selesai, bersihkan wajah anda menggunakan air hangat.

9. Menggunakan teh hijau

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki teh hijau telah lama membuatnya menjadi salah satu minuman kesehatan. Tetapi mungkin banyak yang tidak tahu bahwa kandungan zat tertentu yang terdapat dalam teh hijau sangat baik untuk menghilangkan komedo di wajah. Penerapan teh hijau ke kulit wajah anda akan membantu melebarkan pori-pori kulit wajah sehingga akan memudahkan proses pengeluaran komedo.

Langkah pertama ambil teh hijau kemudian masukkan ke dalam gelas yang berisi air hangat sampai air di dalam gelas mulai berwarna coklat gelap. Setelah teh diseduh biarkan hingga dingin sebelum diaplikasikan ke kulit wajah yang berkomedo. Langkah selanjutnya, ambil bola kapas kemudian celupkan ke dalam gelas tersebut. Setelah itu langsung oleskan pada komedo. Biarkan mengering sekitar 10 sampai 15 menit sebelum akhirnya bilas menggunakan air bersih.

10. Kayu manis

Kayu Manis merupakan ramuan yang telah lama digunakan sebagai produk kecantikan termasuk dalam mengangkat komedo di wajah. Kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang mungkin tidak terhitung jumlahnya. Diantara kegunaan kayu manis adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menghilangkan komedo secara alami. Kayu Manis memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik sekaligus bisa bekerja dengan cepat dalam menghilangkan komedo di permukaan kulit.

Penggunaan kayu manis juga dapat menghilangkan kulit yang terkelupas, mengurangi frekuensi jerawat, sekaligus memberikan cahaya pada kulit anda. Bagi Anda yang ingin menghilangkan komedo menggunakan kayu manis berikut tipsnya untuk anda:

Pertama buat pasta kental menggunakan bubuk kayu manis yang dicampur dengan madu alami. Pasta yang kita buat harus sangat tebal karena hal ini akan berpengaruh pada tingkat keefektifannya dalam menghilangkan komedo. Setelah pesta tersebut jadi, oleskan pada kulit wajah terutama bagian yang berkomedo seperti hidung. Pijatkan secara perlahan agar komedo dapat terangkat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat.

11. Menggunakan kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki sejarah panjang untuk mengobati semua jenis penyakit secara alami. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik sekali terutama untuk mengatasi masalah komedo. Penerapan kunyit pada kulit wajah secara rutin bukan hanya membantu menghilangkan komedo, tetapi juga membersihkan kulit secara alami.

Langkah-langkah penggunaan kunyit untuk menghilangkan komedo secara alami:

Pertama campur kunyit dengan air atau minyak kelapa untuk dibuat menjadi pasta yang kental. Jika sudah, terapkan kunyit pada wajah anda hingga semua bagian wajah termasuk yang tidak terdapat komedo tertutupi oleh lapisan kunyit. Biarkan selama sepedanya 15 sampai 20 menit agar komedo bisa menempel. Langkah terakhir, bersihkan menggunakan air hangat. Penggunaan kunyit secara rutin akan membantu anda mendapatkan kulit wajah yang lembab alami dan terbebas dari masalah komedo.

12. Menggunakan tanah liat

Selama berabad abad yang lalu tanah liat bentonit telah lama digunakan sebagai bahan utama perawatan kecantikan alami. Tanah liat mengandung lebih dari 60 nutrisi dan mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mungkin diantaranya bisa untuk mengatasi komedo. Maka tidak mengherankan jika penggunaan tanah liat saat ini sudah mulai merambah pada industri kecantikan. Bahkan tanah liat bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung menggunakan tanah liat cukup mudah. Pertama, campurkan beberapa tanah liat dengan cuka sari apel. Setelah itu terapkan campuran tadi ke wajah anda yang terdapat komedo. Diamkan selama 25 menit baru anda bisa membersihkannya menggunakan air.

Catatan: sebelum menggunakan tanah liat ke wajah yang terdapat komedo sebaiknya bersihkan wajah anda terlebih dahulu.

13. Menggunakan gula dan minyak zaitun

Beberapa tahun belakangan gula telah dianggap bertanggung jawab sebagai sumber utama masalah obesitas di berbagai negara maju di seluruh dunia. Meskipun reputasinya buruk, akan tetapi ternyata gula bisa dimanfaatkan sebagai produk penghilang komedo yang memiliki kualitas cukup baik. Saat dikombinasikan dengan minyak zaitun, gula dapat membantu menghilangkan komedo secara alami tanpa efek samping.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan menggunakan gula sebagai bahan penghilang komedo. Tetapi teknik yang paling umum bisa anda baca di bawah ini:

Pertama, campur gula dengan minyak zaitun kemudian aduk hingga bercampur sempurna. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan baik, aplikasikan dengan lembut ke wajah yang terdapat komedo dengan gerakan memutar. Tutupi semua area wajah anda dengan scrub yang anda buat tadi bahkan pada bagian wajah yang tidak terdapat komedo. Biarkan scrub tersebut menempel di wajah anda setidaknya selama 10 menit. Jika sudah selesai anda bisa membalisnya agar komedo bisa hilang bersama air.

14. Cuka sari apel

Komedo bisa dihilangkan dengan baik menggunakan astringent yang dapat membersihkan wajah dari kotoran sekaligus menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Bahkan, beberapa produk kecantikan sebagian besar menawarkan zat yang dimiliki oleh cuka sari apel tersebut untuk membersihkan wajah. Selain cukup praktis, penggunaan cuka sari apel juga bekerja efektif dalam menghilangkan komedo dan kotoran yang menempel di wajah.

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan cuka sari apel: langkah pertama oleskan cuka sari apel ke wajah secara langsung. Setelah itu gosokkan dengan gerakan melingkar. Langkah selanjutnya anda bisa membilas cuka sari apel kemudian keringkan wajah anda dengan handuk. Untuk hasil terbaik gunakan air suling yang tidak mengandung kotoran. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo dari wajah anda.

15. Madu dan susu

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan komedo secara alami dengan cepat adalah menggunakan kombinasi antara madu dan susu. Keduanya sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan.

Untuk menghilangkan komedo Anda membutuhkan madu, susu, dan juga kapas putih yang nanti akan kita tempelkan pada wajah. Langkah pertama buat campuran perekat yang nantinya akan digunakan untuk menghilangkan komedo dari kulit.

Masukkan satu sendok teh susu di sebuah mangkuk setelah itu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Campur kedua bahan tadi dan aduk hingga merata. Setelah itu, tuangkan keduanya ke dalam kapas putih yang telah Anda persiapkan tadi. Tempelkan pada wajah anda terutama pada bagian yang terdapat komedo. Diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu Angkat kemudian bersihkan wajah anda dengan air hangat.

16. Menggunakan benzoil peroksida

Krim benzoil peroksida membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah sekaligus membersihkan kotoran dari dalam sehingga membantu mencegah komedo. Benzoil peroksida juga merupakan bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan komedo dan jerawat dengan cepat. Benzoil peroksida secara umum mengandung zat-zat tertentu yang dapat melawan jerawat dan komedo sehingga sangat efektif digunakan pada kedua masalah kulit tersebut. Berikut cara memanfaatkan benzoil peroksida untuk menghilangkan komedo:
Ambillah pembersih yang berbahan benzoil peroksida di ujung jari anda. Pijatkan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Pijat secara lembut selama satu hingga dua menit. Terakhir, gunakan air hangat untuk membilas wajah anda secara menyeluruh.

17. Susu dan lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami di hidung yang terakhir adalah memanfaatkan susu. Susu mampu melarutkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo karena kandungan asam laktat di dalamnya. Sementara jus lemon diperkaya dengan zat astringen dan vitamin C yang berguna mengencangkan pori-pori kulit sekaligus membantu menghilangkan komedo secara alami. Jadi mengkombinasikan kan keduanya merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membersihkan komedo di wajah anda.

Langsung saja berikut tips nya untuk anda: pertama, ambil seperempat sendok teh jus lemon kemudian campur dengan seperempat sendok teh susu murni. Tuangkan keduanya ke dalam mangkok setelah itu ratakan pada wajah anda sambil sedikit memijat. Biarkan campuran tadi kering, setelah itu bersihkan wajah anda. Ulangi prosedur ini setidaknya 3 hari atau sampai komedo di wajah anda benar-benar hilang.

 

Cara menghilangkan komedo secara medis

cara menghilangkan komedo dengan prosedur medis
image from myfave.com

Jika anda malas melakukan cara menghilangkan komedo secara alami di atas menempuh pengobatan seperti di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan, tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perawatan Over-the-counter (OTC)

Banyak beberapa jenis obat penghilang komedo yang tersedia di toko obat dan grosir online tanpa resep. Obat-obatan ini biasanya tersedia dalam bentuk krim, gel, dan pad yang bisa diletakkan secara langsung di kulit yang terdapat komedo. Obat-obatan tersebut biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol. Kesemua obat tersebut membasmi komedo dengan cara membunuh bakteri, menguangi minyak berlebih, dan memaksa kulit untuk melepaskan sel-sel kulit mati.

Obat komedo dengan resep dokter

Jika perawatan OTC tidak mamapu mengatasi masalah komedo anda, mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan jenis obat yang memiliki dosis lebih kuat. Obat-obatan ini biasanya mengandung vitamin A yang bekerja dengan cara mencegah komedo berada di folikel rambut sekaligus meregenerasi sel kulit lebih cepat. Obat-obat ini bisa diterapkan secara langsung ke kulit Anda. Beberapa obat penghilang komedo jenis ini seperti tretinoin, tazarotene, atau adapalene.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat topikal jenis lain yang cocok untuk menyingkirkan komedo seperti benzoyl peroxide dan antibiotik. Jika Anda memiliki kombinasi antara jerawat dan komedo obat jenis ini akan sangat membantu.

Penghilang komedo manual

Dokter kulit atau ahli perawatan kulit yang memiliki keahlian dapat menggunakan alat khusus untuk membantu anda melepaskan sumbatan di kulit yang menyebabkan komedo. Cara ini harus dilakukan oleh mereka yang memang sudah terlatih dibidangnya, jadi tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Mikrodermabrasi

Selama mikrodermabrasi dilakukan untuk menghilangkan komedo dokter biasanya akan menggunakan sebuah instrumen khusus dengan permukaan kasar. Hal ini dilakukan agar lapisan kulit bisa terkelupas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan komedo dan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan komedo.

Chemical Peeling

Chemical Peeling atau pengelupasan menggunakan bahan kimia bisa dilakukan jika semua cara di atas tidak dapat membantu anda dalam menghilangkan komedo. Pengelupasan akan dilakukan menggunakan bahan kimia khusus yang diterapkan secara langsung di kulit wajah. Hal ini bertujuan untuk mengelupaskan bagian kulit luar agar komedo dan juga sel-sel kulit mati bisa terangkat. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk flek hitam dan bekas jerawat.

Menggunakan terapi laser

Terapi menggunakan laser merupakan salah satu alternatif baru yang ditawarkan untuk menghilangkan komedo dan juga masalah kulit lainnya dengan cepat dan praktis. Meskipun memiliki banyak kelebihan, terapi ini memiliki efek samping sekaligus harga yang tidak murah. Untuk itu, sebaiknya anda berpikir berkali-kali sebelum menggunakan teknik ini.

Semua teknik untuk menghilangkan komedo di atas harus dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah terlatih. Selain memiliki harga yang relatif mahal, karena tidak menggunakan cara alami maka pastinya akan memberikan efek samping yang terkadang cukup mengganggu.

 

Tips mencegah munculnya komedo

Setelah mengetahui langkah-langkah mengenai cara menghilangkan komedo secara alami dan menggunakan prosedur medis di atas, sekarang anda perlu mencegahnya agar tidak muncul kembali. Berikut tipsnya untuk anda:

1. Jaga kebersihan wajah anda

Tips mencegah munculnya komedo yang pertama adalah menjaga kebersihan wajah. Wajah yang bersih merupakan indikasi yang baik bahwa tidak ada kotoran yang menempel di kulit wajah. Kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan jerawat dan munculnya komedo. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan wajah anda secara rutin seperti minyak zaitun atau madu murni. Bahan-bahan tersebut selain aman juga berguna menghilangkan komedo. Jadi selain efek pencegahan dari pembersihan Anda juga akan mendapatkan manfaat lain yaitu menghilangkan komedo itu sendiri.

2. Bersihkan sisa makeup

Intinya masih sama, yaitu seputar menjaga kebersihan kulit wajah. Sisa make up yang tidak dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga memicu munculnya komedo. Hal ini selain dapat memicu jerawat, juga akan membuat komedo lebih mudah berkembang. Waktu yang paling baik untuk membersihkan sisa makeup adalah di malam hari sebelum tidur.

3. Menggunakan scrub

Penggunaan scrub pada wajah berguna mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus kotoran yang menempel di kulit wajah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk biasanya akan menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Gunakan scrub wajah yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan seperti gula yang dicampur dengan minyak zaitun.

4. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak akan berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit anda sehingga akan mengarah pada munculnya komedo. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak akan membuat produksi minyak di kulit wajah menjadi berlebih sehingga akan berakibat munculnya jerawat dan komedo. Sebagai gantinya, anda bisa meningkatkan asupan buah dan sayur yang sudah terbukti baik untuk kesehatan.

5. Gunakan produk kecantikan yang memiliki label uncomedogenic

Jika anda terpaksa menggunakan produk kecantikan pastikan anda memilih yang tidak menyebabkan komedo. Beberapa produk kecantikan biasanya mencantumkan label uncomedogenic. Yang itu artinya produk kecantikan tersebut dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga dapat menyebabkan komedo. Akan tetapi untuk lebih amannya sebaiknya anda menggunakan bahan-bahan alami.

6. Hindari terlalu sering menyentuh wajah anda

Terlalu sering menyentuh wajah akan membuat kotoran yang berada di tangan berpindah ke wajah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kotoran dapat menjadi sarang kuman sehingga menyebabkan komedo.

Demikian tadi cara menghilangkan komedo secara alami di hidung dan wajah menggunakan bahan-bahan rumahan yang pastinya aman. Serta beberapa tips menggunakan prosedur medis yang bisa anda jadikan pilihan.