manfaat masker oatmeal untuk wajah
image from pixabay.com

10 Manfaat masker oatmeal untuk wajah dan cara membuatnya

Posted on
manfaat masker oatmeal untuk wajah
image from pixabay.com

Manfaat masker oatmeal untuk wajah sekaligus cara membuatnya dengan mengkombinasikannya dengan bahan-bahan alami lainnya. Sehingga memiliki tingkat keefektifan dan manfaat lebih baik. Semua orang tentunya berkeinginan memiliki kulit wajah yang bercahaya dan indah. Akan tetapi, gaya hidup yang tidak sehat terkadang menjadi hambatan bagi orang untuk mendapatkan kulit cantik impian mereka. Beberapa masalah kulit wajah seperti keriput, jerawat, komedo dan flek hitam terkadang benar-benar mengganggu penampilan.

Untungnya, Anda bisa memanfaatkan masker wajah yang terbuat dari oatmeal untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah tersebut. Oatmeal dapat bekerja sebagai exfoliator alami yang berguna menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit wajah tampak lebih bercahaya secara alami. Oatmeal merupakan sumber serat dan probiotik alami yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus kita.

Sebagai makanan, oatmeal memiliki banyak manfaat yang sangat mengejutkan, seperti membantu menghilangkan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung. Akan tetapi tampaknya manfaat oatmeal bukan hanya itu, karena makanan super ini ternyata tidak kalah baik saat di terapkan sebagai masker wajah. Berikut manfaat masker oatmeal untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

 

Manfaat masker oatmeal untuk wajah

1. hypoallergenic

Oatmeal sangat baik digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki sifat hypoallergenic. Bagi para penderita kulit sensitif, mereka biasanya lebih rentan mengalami alergi seperti ruam, kulit terasa terbakar, atau gatal. Jadi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sangat direkomendasikan menggunakan oatmeal sebagai masker untuk merawat kulit wajah anda.

2. Asam amino

Salah satu manfaat masker oatmeal untuk wajah didapat dari kandungan asam amino yang dimilikinya. Oatmeal dikemas dengan asam amino esensial yang merupakan nutrisi dasar untuk meningkatkan kesehatan kulit anda. Asam amino sangat penting untuk mempertahankan struktur sel kulit yang rusak. Saat kulit mengalami defisit asam amino, maka akan membuatnya rentan mengalami kerusakan seperti bersisik. Masker wajah dari oatmeal berguna membuat kulit menyerap kembali asam-asam ini untuk memperbaiki kulit yang rusak dan bermasalah.

Baca juga  Cara Memakai Masker Gelatin Charcoal

3. Exfoliant alami

Biji-bijian kasar seperti oatmeal dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk terlalu banyak, dapat menutupi kecerahan kulit anda sekaligus membuatnya tampak kasar. Oleh sebab itu, anda perlu mengangkatnya menggunakan bahan alami dan oatmeal salah satu yang bisa anda manfaatkan.

4. Melembabkan wajah

Manfaat masker oatmeal untuk wajah bisa didapat dari efek pelembab yang luar biasa. Oatmeal memiliki kandungan senyawa yang berguna menghidrasi kulit wajah. Menjaga kulit tetap terhidrasi dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan berupa garis halus dan kerutan di wajah. Dengan menjaga kelembaban kulit juga, maka masalah kulit kering bisa diatasi dan dicegah. Untuk itu, anda perlu menerapkan masker oatmeal secara rutin ke wajah anda.

5. Membantu menghilangkan jerawat

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh oatmeal membantu menghilangkan jerawat secara alami dan tentunya aman. Selain itu, masker oatmeal juga dapat membersihkan kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat meradang.

6. Menghilangkan bekas jerawat

Selain membantu mencegah jerawat, menggunakan oatmeal secara rutin sebagai masker wajah dapat membantu mengurangi bekas jerawat secara alami. Sifat pencerah alami yang dimiliki oatmeal dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda perlu mencampur oatmeal dengan bahan-bahan lainnya termasuk madu dan lemon.

7. Memutihkan wajah secara alami

Sifat pemutih alami yang dimiliki oleh oatmeal bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai krim pemutih wajah. Sifat pemutih ini bisa bekerja dengan baik saat dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti lemon dan tepung beras. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan secara rutin.

8. Mengatasi kulit kusam

Oatmeal bertindak sebagai exfoliator alami yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kusam. Sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit menjadi kehilangan cahayanya, sehingga Anda terlihat lebih murung.

Baca juga  Cara Memerah kan Bibir Dengan Alami

9. Mencegah komedo

Manfaat masker oatmeal untuk wajah yang tidak kalah penting adalah membantu mencegah komedo di wajah. Komedo bisa hadir karena ada banyak sampah yang menumpuk di kulit wajah. Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan oatmeal secara rutin. Oatmeal berguna mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan komedo.

10. Mengencangkan kulit wajah secara alami

Manfaat masker oatmeal untuk wajah yang terakhir adalah membantu mengencangkan kulit wajah secara alami. Sifat pelembab alami yang dimiliki oleh oatmeal sangat berguna untuk membuat kulit tetap terhidrasi. Kelembaban kulit yang terjaga dengan baik akan mencegahnya dari kekeringan yang mengarah pada munculnya keriput di wajah.

 

Cara membuat masker wajah dengan oatmeal

1. Masker oatmeal dan kunyit untuk jerawat

Masker wajah yang terbuat dari oatmeal dan kunyit bekerja cukup efektif untuk mengobati infeksi atau luka yang bisa terjadi pada kulit. Kemampuannya tersebut menjadikan oatmeal sangat baik untuk menghilangkan jerawat di wajah. Keduanya mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Caranya: siapkan satu sendok makan tepung oatmeal, ½ sendok teh bubuk kunyit, dan 1 sendok makan bubuk lentil (opsional). Campurkan bahan-bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Setelah itu tambahkan air untuk membuatnya menjadi pasta kentalg. Terapkan ke wajah anda selama 30 menit lalu bilas masker oatmeal sampai bersih.

2. Masker oatmeal dan madu untuk bekas jerawat

Manfaat masker oatmeal untuk wajah sangat mengagumkan. Masker ini bukan hanya berguna menghilangkan bekas jerawat secara alami, tetapi juga membuat kulit tampak cerah dan lebih muda.

Madu adalah produk alam yang sangat fantastis, terutama saat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menunda proses penuaan. Menggabungkan antara madu dan oatmeal sangat berguna sekali untuk meremajakan kulit, sekaligus mengurangi flek hitam bekas jerawat.

Caranya: tambahkan satu sendok teh madu, 2 sendok makan oatmeal, dan seperempat cangkir air hangat. Aduk bahan-bahan tadi hingga menjadi pasta yang halus. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Baca juga  Pixy Two Way Cake Perfect Last Untuk Kulit Sawo Matang

3. Masker oatmeal, apel dan lemon untuk kulit berminyak

Kombinasi ketiga bahan tadi memiliki manfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Masker wajah ini sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak yang rentan mengalami jerawatan. Banyak orang yang memiliki kulit berminyak mengeluh karena biasanya produksi minyak berlebih juga diimbangi dengan komedo dan masalah kulit lainnya.

Siapkan setengah buah apel yang sudah dihaluskan, satu sendok makan lemon, dan setengah gelas bubuk oatmeal. Aduk ketiga bahan tadi hingga menyatu dengan sempurna, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Lakukan pemijatan dengan hati-hati sekitar 5 menit kemudian biarkan sampai mengering.

4. Masker oatmeal dan yogurt untuk menghaluskan wajah

Diantara manfaat masker oatmeal untuk wajah yang perlu Anda ketahui adalah kemampuannya dalam menghaluskan dan mencegah kerutan di wajah. Yoghurt memiliki kandungan enzim probiotik yang mencegah penuaan pada kulit. Kkombinasi kedua bahan tadi sangat berguna mencegah keriput sekaligus mengencangkan kulit wajah secara alami.

Cara membuat masker oatmeal: pertama ambil satu sendok teh yoghurt dan 1 sendok makan oatmeal. Kombinasikan kedua bahan tadi dengan cara mencampurnya hingga merata. Gunakan sebagai masker wajah secara rutin selama dua kali dalam seminggu, untuk membuat kulit Anda lebih halus dan kencang secara alami.

5. Masker oatmeal dan lemon untuk memutihkan wajah

Anda bisa membuat masker alami untuk memutihkan wajah yaitu menggunakan oatmeal dan lemon. Kedua bahan ini menjadi kombinasi terbaik untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah anda. Lemon diperkaya dengan vitamin C yang berguna mencerahkan kulit anda sekaligus membuatnya tampak kencang secara alami. Vitamin C berguna memproduksi kolagen yang merupakan struktur utama kulit.

Cara membuat masker wajah dengan oatmeal: haluskan setengah cangkir oatmeal kemudian 1 sdt lemon. Tambahkan air secukupnya untuk membuatnya sedikit lebih kental. Gunakan sebagai masker wajah hingga merata termasuk bagian leher.

Demikian tadi pembahasan mengenai manfaat masker oatmeal untuk wajah dan cara membuatnya. Semoga informasi dan tips di atas bisa berguna bagi anda.