6 Masker alami untuk wajah berminyak agar tidak kusam

Kulit wajah, Masker wajah
Masker Alami Untuk Wajah Berminyak
image via sweetpotatosoul.com

Masker alami untuk wajah berminyak paling ampuh untuk membuatnya lebih sehat dan terbebas dari minyak yang dapat menyebabkan kotoran menempel di kulit wajah Anda. Merawat kulit wajah berminyak bukanlah hal yang sederhana. Jenis kulit tersebut memerlukan perhatian khusus agar wajah tidak terlihat seperti kilang minyak. Ciri khas dari kulit wajah yang berminyak adalah mengkilap karena banyaknya produksi minyak di wajah dan mudah mengalami jerawat atau komedo. Tubuh secara alami memang menghasilkan minyak dari kelenjar sebasea untuk melembabkan kulit. Namun pada sebagian orang, kelenjar sebasea tersebut terlalu aktif menghasilkan minyak sehingga kulit pun terlihat mengkilap dan berminyak.

 

Masker alami untuk wajah berminyak

Untuk mengatasi kulit berminyak agar tidak terlihat mengkilap atau untuk mengontrol kadar minyak di wajah, ada banyak pilihan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai masker alami untuk wajah berminyak. Kandungan yang terdapat pada bahan-bahan untuk pembuatan masker ini diketahui mampu menekan produksi minyak di wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih bebas minyak.

1. Masker Buah Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan tersebut diketahui mampu mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah dan menjaga kulit wajah tetap normal. Untuk membuat masker nanas, pertama-tama siapkan buah nanas kupas yang sudah matang. Cuci nanas tersebut kemudian haluskan dengan blender. Selain itu siapkan sedikit air santan dan campur dengan nanas yang sudah diblender. Aduk rata kemudian aplikasikan masker tersebut di wajah secara merata. Diamkan selama 25-30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

2. Masker Pisang dan Madu

Manfaat masker pisang untuk wajah diantaranya adalah menruangi minyak berlebih di kulit. Masker dari perpaduan pisang dan madu dapat membantu membuka pori-pori kulit, membersihkan kotoran, dan melembabkan kulit serta mencegah kerusakan kulit karena sinar matahari. Untuk membuat masker tersebut, siapkan setengah buah pisang matang. Tumbuk halus pisang tersebut dan campur dengan 2 sendok makan madu serta setengah sendok teh kayu manis. Aplikasikan masker tersebut di wajah secara merata dan diamkan 10-30 menit atau sampai kering. Bersihkan wajah dengan air hangat.

3. Masker Buah Tomat

Masker alami untuk wajah berminyak dari buah tomat merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Selain itu, masker tersebut juga dapat mengecilkan pori-pori kulit. Hal ini karena tomat mengandung astringent alami yang dapat mengatasi kelebihan produksi minyak. Cara mengatasi wajah berminyak dengan masker tomat adalah dengan menghaluskan satu buah tomat merah kemudian aplikasikan di wajah selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih, Anda dapat melakukan cara ini 3 kali dalam seminggu. Masker tersebut selain dapat mengurangi produksi minyak juga akan membuat kulit lebih sehat, bersih, dan bercahaya.

4. Masker Wortel

Wortel merupakan bahan alami yang dikenal akan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel ternyata juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi minyak berlebih di wajah dengan menjadikannya sebagai masker. Cara membuat masker wortel, pertama-tama pilih wortel yang masih segar. Setelah itu, kupas wortel dan cuci bersih. Haluskan wortel tersebut dan peras airnya untuk mendapatkan ampas wortel. Tempelkan ampas wortel yang masih setengah basah secara merata di wajah. Diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.

5. Masker Lemon dan Yoghurt

Manfaat masker yogurt untuk wajah sangat banyak, apalagi jika dicampur dengan lemon, tentu manfaatnya akan semkain sempurna. Buah lemon mengandung asam sitrat yang dapat menetralisir sekaligus mengontrol produksi minyak alami di kulit wajah, Dipadukan dengan yogurt, bahan ini mengandung asam laktat yang berperan sebagai pembersih alami dan menghilangkan sel-sel kulit mati serta menghilangkan kelebihan minyak yang dapat menimbulkan jerawat di wajah. Untuk membuat masker alami ini, siapkan 2 sendok makan sari lemon dan 2 sendok makan yogurt. Campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan Selama 5 – 10 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Setelah itu gunakan pelembab bebas minyak di wajah Anda. Masker yogurt dan lemon ini dapat digunakan satu kali seminggu untuk kulit berminyak.

6. Masker Pepaya

Walaupun buah yang satu ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, pepaya akan memperlihatkan manfaat terbaiknya untuk kulit berminyak. Masker dari buah pepaya dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di kulit wajah. Selain itu, pepaya juga mengandung enzyme yang dapat meregenerasi sel-sel kulit wajah. Cara membuat masker pepaya, lumatkan sepotong buah pepaya di dalam mangkuk kemudian aplikasikan di wajah dan leher. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes lemon pada masker tersebut.

Pastikan sebelum Anda mengaplikasikan masker alami untuk wajah berminyak tersebut Anda sudah mencuci wajah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya pori-pori kulit bebas dari kotoran dan bakteri sehingga nutrisi dari masker dapat diserap dengan baik melalui pori-pori wajah