10 Manfaat lemon untuk wajah dan kecantikan kulit yang luar biasa

manfaat lemon untuk wajah
manfaat lemon untuk wajah
image from pixabay.com

Manfaat lemon untuk wajah dan kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui. Lemon adalah bahan alami yang sangat luar biasa untuk menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit wajah, dan mengurangi kerutan. Lemon merupakan buah kecil yang sangat indah, karena selain menyegarkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lemon sering digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah karena beberapa senyawa yang ditemukan di dalam lemon sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa nutrisi seperti vitamin C yang terdapat dalam lemon membantu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Berikut daftar selengkapnya mengenai daftar manfaat lemon untuk wajah dan kulit yang cantik alami:

 

Manfaat lemon untuk wajah Anda

1. Mengelupaskan sel-sel kulit mati

Saat dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya, lemon berguna mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak sehat dan cerah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk akan mengurangi kecerahan wajah anda sekaligus menimbulkan masalah pada kesehatan kulit. Penumpukan sel sel kulit mati akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Cara mengangkat sel kulit mati dengan lemon: pertama ambil satu sendok makan jus lemon dan 2 sendok makan gul yang sudah dihaluskan. Aduk keduanya dengan baik kemudian tambahkan dengan putih telur. Terapkan masker lemon pada wajah anda secara merata setelah itu pijat sebentar. Biarkan selama sekitar 15 menit kemudian bilas wajah anda untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang selanjutnya adalah menghaluskan kulit. Memiliki kulit wajah yang halus dan terawat tentu menjadi idaman setiap wanita. Diantara wanita ada yang menghabiskan banyak uang untuk memiliki kulit yang mereka idamkan tersebut, dengan cara membeli produk kecantikan yang mahal. Sebenarnya ada bahan alami yang berguna membantu anda menghaluskan kulit wajah secara alami, tentunya dengan harga yang murah, bahan tersebut adalah lemon.

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami dengan lemon: pertama campur dua sendok makan madu, 1 sendok teh jeruk lemon kemudian aduk hingga merata. Gunakan sebagai masker wajah dengan cara menerapkannya dengan lembut ke kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih setengah jam kemudian Anda bisa membersihkannya hingga tidak ada madu dan lemon yang tersisa.

3. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Paket lemon ini dapat bekerja pada hampir semua jenis kulit. Sifat pencerah alami yang dimiliki oleh lemon sering dimanfaatkan untuk memutihkan wajah dengan cepat dan tentunya aman. Lemon memang diperkaya dengan vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kecerahan kulit wajah anda.

Cara mencerahkan kulit secara alami dengan lemon: campur 1 sendok makan madu, beberapa tetes minyak esensial, satu sendok makan susu, dan satu sendok makan air lemon. Aduk ke semua bahan tadi di dalam mangkuk. Jika semua kesemua bahan tadi sudah tercampur dengan baik gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit, terakhir bilas masker lemon dengan air dingin.

4. Membantu menghilangkan jerawat

Mengkoordinasikan antara lemon dan putih telur merupakan paket yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat di wajah. Lemon memiliki beberapa senyawa penting yang berguna mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Sedangkan putih telur mengandung vitamin dan mineral yang berguna meremajakan kulit setelah jerawat menghilang.

Cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan putih telur: persiapkan satu butir telur berukuran sedang (direkomendasikan menggunakan telur ayam kampung). Pisahkan putih telur dari kuningnya setelah itu kocok sampai berbusa. Tambahkan dengan 1 sendok teh lemon ke dalam adonan telur, dan aduk hingga merata. Terapkan pada bagian wajah dan leher serta lakukan pemijatan dengan lembut (hindari area mulut dan mata). Diamkan selama sekitar 30 menit atau sampai masker wajah ini mengering. Jika ingin mendapatkan manfaat lemon untuk wajah tersebut pastikan anda melakukan perawatan dengan rutin.

5. Menyamarkan flek hitam di wajah

Flek hitam merupakan satu di antara masalah kulit yang cukup mengganggu. Flek hitam biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti sinar matahari berlebih atau bekas jerawat. Untuk menyamarkan flek hitam di wajah, anda memerlukan bahan alami yang memiliki sifat pemutih. Diantara bahan tersebut yang cukup potensial adalah lemon. Kandungan vitamin C dalam lemon berguna mencerahkan kulit secara alami sehingga mampu menyamarkan flek hitam di wajah.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan flek hitam: Pertama-tama campur antara 2 sdm oatmeal, 1 sdm jus tomat dan 1 sdm ari lemon. Aduk kesemua bahan tadi hingga Anda mendapatkan sebuah pasta yang halus. Terapkan ke seluruh wajah menggunakan kuas sampai pada bagian leher. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air dingin.

6. Mengurangi kemerahan akibat sengatan matahari

Sinar matahari berlebih dapat menyebabkan munculnya kemerahan dan hitam pada bagian tertentu pada kulit. Tentunya ini akan sangat berdampak tidak baik untuk penampilan anda, terlebih jika kemerahan terdapat pada area wajah. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena lemon ternyata dapat membantu menghilangkan kemerahan tersebut.

Bagaimana mendapatkan manfaat lemon untuk wajah yang satu ini? berikut tipsnya untuk anda. Langkah pertama siapkan beberapa bahan alami seperti 1 sdm jus lemon, 1 sdm air mawar, dan satu buah mentimun berukuran sedang. Haluskan mentimun terlebih dahulu kemudian masukkan ke dalam sebuah mangkuk. Tambahkan lemon dan air mawar ke dalamnya kemudian aduk untuk dibuat menjadi pasta. Gunakan masker lemon tadi pada wajah atau bagian kulit tertentu yang terdapat kemerahan akibat sengatan sinar matahari. Diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas masker lemon sampai bersih.

Catatan: setelah menggunakan masker lemon tadi, sebaiknya gunakan pelembab. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek kekeringan pada kulit yang diakibatkan oleh kandungan asam dalam lemon.

7. Mengurangi noda hitam akibat sengatan sinar matahari

Sinar matahari berlebih dapat menimbulkan noda hitam di wajah. Hal ini tentunya akan mengurangi penampilan anda. Untungnya, salah satu manfaat lemon untuk wajah adalah membantu mengurangi pigmentasi dan bercak-bercak gelap yang diakibatkan oleh sinar matahari. Penggunaan lemon bekerja cukup efektif dan juga minim efek samping sehingga Anda bisa menerapkannya secara rutin.
Persiapkan satu mangkok sebagai wadah. Kemudian masukkan 1 sdm lemon, 1 sdm yoghurt dan 2 sdm tomat.

Campur dengan baik kemudian aplikasikan pasta tadi ke area wajah. Diamkan selama 30 menit sampai masker lemon benar-benar kering. Lakukan secara kontinyu sampai noda hitam akibat sinar matahari benar-benar hilang dari wajah anda.

8. Perawatan untuk kulit sensitif

Untuk membuat masker wajah dari lemon, Anda membutuhkan campuran bahan lainnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa penting seperti mineral, asam amino, dan enzim tertentu yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kedua bahan ini merupakan obat alami yang memiliki sifat penyembuhan sangat baik Masker wajah yang terbuat dari lemon dan lidah buaya sangat berguna untuk mengatasi kulit sensitif sekaligus menghilang kecoklatan pada kulit.

Caranya: ambil satu sendok makan gel lidah buaya kemudian tambahkan dengan 2 sampai 3 tetes jus lemon ke dalamnya. Gunakan sebagai masker wajah kemudian pijat perlahan selama 5 menit. Diamkan sesaat kemudian bersihkan seperti biasa.

9. Menghilangkan dan mencegah komedo

Manfaat lemon untuk kulit wajah yang tidak kalah penting adalah mencegah dan menghilangkan komedo. Komedo adalah salah satu masalah kulit wajah yang paling banyak dialami oleh seseorang. Sebenarnya komedo tidak menyakitkan seperti jerawat, tetapi cukup membuat risih karena kulit akan tampak lebih kasar. Lemon haidir sebagai bahan yang sangat luar biasa untuk membantu menghilangkan komedo di hidung dan wajah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda membutuhkan bahan alami lainnya seperti putih telur.

Cara menghilangkan komedo di hidung menggunakan lemon dan putih telur: pertama kocok putih telur hingga teksturnya lebih encer. Masukkan ke dalam mangkuk kemudian tambahkan dengan satu sendok teh perasan lemon. Aduk kedua bahan tadi hingga merata kemudian gunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo. Saat masker putih telur dan lemon mulai kering bersihkan dengan air.

10. Mencegah kerutan di wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang selanjutnya adalah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah. Lemon mengandung tinggi vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan kuat untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam lemon juga penting dalam mencegah kerusakan akibat sinar UV berlebih.

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dengan lemon: pertama siapkan satu sendok teh lemon, 2 sendok makan teh hijau, dan beberapa bubuk kunyit. Campur kesemua bahan tadi hingga teksturnya menyerupai pasta. Gunakan sebagai masker wajah dengan cara menerapkannya secara merata. Biarkan mengering selama kurang lebih 5 menit. Langkah terakhir bilas masker lemon tadi sampai bersih.

Demikian tadi beberapa manfaat lemon untuk wajah yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lakukan perawatan dengan rutin dan konsisten.