17 Manfaat masker putih telur untuk wajah dan rambut yang menakjubkan

Manfaat masker putih telur untuk wajah
Manfaat masker putih telur untuk wajah
image from www.maxpixel.net

Manfaat masker putih telur untuk wajah dan rambut yang sangat menakjubkan seperti mengencangkan kulit wajah, mencegah jerawat, sampai menghaluskan rambut secara alami. Mempertahankan kesehatan kulit sekaligus membuatnya tampak cantik dan muda sangat penting sekali. Akan tetapi ada banyak halangan yang mencegah Anda mendapatkan kulit cantik impian tersebut.

Faktor-faktor tertentu seperti polusi, paparan sinar UV, dan penggunaan kosmetik berbahan kimia dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah anda.Bagi Anda yang tertarik memiliki kulit yang sehat dan cantik secara alami menggunakan putih telur mungkin bisa dijadikan pilihan. Selain aman, putih telur juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit wajah.

 

Manfaat masker putih telur untuk wajah

Putih telur diperkaya dengan nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral dan juga asam lemak. Kesemuanya sangat baik sekali untuk kulit anda. Berikut daftar selengkapnya mengenai manfaat masker putih telur untuk wajah anda:

1. Bertindak sebagai toner kulit

Putih telur mampu menghilangkan kotoran dan debu di kulit wajah. Putih telur merupakan pembersih alami yang sangat berguna untuk menyingkirkan berbagai macam partikel yang menempel di kulit wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersih terawat.

2. Menghilangkan rambut wajah

Sifat lengket yang dimiliki putih telur akan membantu menghilangkan bulu halus pada wajah. Munculnya rambut di wajah dapat membuat wanita tampak menyerupai pria terutama pada bagian atas bibir. Selain itu, munculnya bulu halus di wajah juga menyebabkan kulit tampak lebih kasar.

Bagi Anda yang ingin menghilangkannya berikut caranya: pertama balurkan putih telur ke tisu lalu tempelkan pada bagian yang terdapat bulu. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu angkat. Menggunakan putih telur coklat praktis dan efektif untuk menyingkirkan rambut di wajah yang tidak diinginkan.

3. Membuka pori-pori kulit wajah

Putih telur secara efektif dapat membuka pori-pori kulit sehingga proses pembersihan kotoran dan debu bisa berjalan maksimal. Proses pembersihan ini juga akan mengurangi resiko jerawat dan komedo. Jika anda tertarik ingin mendapatkan manfaat putih telur untuk wajah ini, caranya cukup mudah. Pertama pisahkan putih telur dari kuningnya lalu kocok hingga berbusa. Setelah itu, terapkan pada wajah anda sampai merata dan diamkan sekitar 25 menit. Kemudian bilas dengan air hangat sampai tidak ada sisa masker putih telur di wajah.

4. Menghilangkan kelebihan minyak di wajah

Putih telur berguna mengontrol produksi sebum dan minyak berlebih di kulit wajah. Ini akan memberikan anda kulit yang lebih sehat. Sebum dan minyak berlebih dapat menyebabkan komedo dan jerawat yang sangat mengganggu penampilan. Dengan rutin menerapkan masker putih telur pada wajah, maka resiko kedua masalah kulit tersebut bisa diatasi. Sekaligus membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih dan terbebas dari minyak berlebih.

5. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat masker putih telur untuk wajah yang paling digemari adalah kemampuannya dalam membuat wajah tampak lebih halus dan lembut. Jika biasanya untuk mendapatkan kulit wajah seperti ini harus mengeluarkan banyak uang, maka sekarang ada putih telur dengan harga yang murah. Selain murah, masker putih telur juga relatif lebih mudah didapat. Usahakan untuk memilih telur ayam kampung agar manfaatnya lebih maksimal dalam merawat kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan masker putih telur tidaklah sulit, karena anda tidak membutuhkan bahan-bahan lainnya sebagai campuran. Cukup dengan mempersiapkan satu butir telur berukuran sedang lalu ambil putihnya. Kocok seperti biasa untuk membuat teksturnya lebih halus dan encer. Kemudian terapkan secara langsung pada area wajah dan leher. Tunggu hingga mengering kemudian bilas wajah anda sampai bersih.

6. Menghilangkan mata panda

Karena kesibukan, pola makan yang buruk, stres, dan juga kurangnya waktu tidur akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata. Selain membuat anda terlihat lelah, munculnya mata panda juga cukup mengganggu penampilan. Menerapkan lapisan tipis putih telur pada area bawah mata dapat membantu menghilangkan mata panda tersebut.

Kantung mata bisa muncul akibat kulit bagian bawah mata mengalami kekenduran akibat retensi air. Diantara manfaat putih telur untuk wajah adalah mengencangkan kulit sehingga hal ini akan membantu mengurangi kondisi mata panda. Cara menghilangkan mata panda secara alami menggunakan putih telur tidaklah sulit, pertama terapkan putih telur yang sudah dikocok terlebih dahulu pada bagian bawah mata. Tunggu sambil bersantai selama 30 menit hingga masker putih telur mulai mengering dengan sendirinya. Jika sudah selesai bilas dan bersihkan dengan air.

7. Menghilangkan komedo di hidung

Salah satu cara menghilangkan komedo putih di hidung yang cukup praktis adalah menggunakan putih telur. Putih telur merupakan perekat alami yang nantinya akan menarik keluar komedo dari hidung dan wajah anda. Selain menghilangkan komedo, menggunakan putih telur juga akan membuat kulit wajah tampak lebih kenyal dan sehat. Sehingga anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo di hidung adalah dengan membuatnya sebagai perekat. Pertama ambil satu buah tisu bersih lalu terapkan putih telur yang sudah dikocok terlebih dahulu di atasnya hingga merata. Tempelkan pada hidung atau daerah sekitarnya, kemudian tunggu hingga mengering. Jika sudah selesai angkat secara perlahan.

8. Mengatasi wajah berminyak

Putih telur dapat mengatasi kulit berminyak dengan cara mengontrol produksi sebum dan mengecilkan pori-pori kulit. Hal ini sangat baik sekali terutama untuk mencegah jerawat dan komedo. Manfaat masker putih telur untuk wajah yang satu ini sangat diperlukan terutama bagi Anda yang sering mengeluhkan mengenai wajah yang kotor akibat minyak berlebih. Cara membuat masker putih telur untuk menghilangkan kelebihan minyak cukup dengan mengocok putih telur agar teksturnya lebih encer. Kemudian langsung menerapkannya pada area wajah.

9. Merawat kulit gosong akibat sengatan matahari

Sinar matahari berlebih sangat berbahaya untuk kesehatan kulit anda karena dapat menyebabkan kerusakan seperti kulit menjadi merah atau gosong. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa memanfaatkan masker putih telur sebagai bahan alami. Caranya campur setengah sendok teh madu murni ke dalam mangkuk yang berisi 1 putih putih telur. Aduk-aduk kedua bahan tadi hingga tercampur dengan baik. Pastikan tidak ada gumpalan pada masker wajah ini untuk memudahkannya saat diterapkan pada kulit. Seperti biasa, anda harus membiarkannya di kulit wajah setidaknya 15 sampai 30 menit atau sampai masker putih telur mulai mengering.

10. Menghilangkan noda hitam di wajah

Penggunaan putih telur akan membantu menghilangkan noda hitam di kulit wajah sehingga membuatnya tampak lebih halus dan bersih. Cara membuat masker putih telur untuk menghilangkan flek hitam: langkah pertama gabungkan antara satu sendok teh madu dan putih telur ke dalam sebuah mangkuk. Aduk kedua bahan tadi sampai tidak ada gumpalan. Setelah itu, terapkan secara merata pada bagian wajah anda. Diamkan hingga masker putih telur dan minyak zaitun kering lalu bersihkan wajah anda dengan air dingin.

11. Mengurangi kerutan di wajah

Kita semua tahu bahwa di antara manfaat putih telur untuk wajah adalah membuatnya lebih kencang dan kenyal. Hal ini tentunya juga akan mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus yang merupakan tanda-tanda penuaan. Keduanya bisa muncul Akibat polusi atau sinar matahari.

12. Mencegah jerawat di wajah

Berbicara mengenai jerawat tampaknya tidak akan ada habisnya. Masalah kulit yang paling mengganggu ini memang sering dikeluhkan oleh pria maupun wanita. Manfaat putih telur ini bisa didapat dari kemampuannya dalam menghilangkan kelebihan minyak yang menjadi penyebab umum munculnya jerawat. Selain mencegah jerawat, putih telur juga berguna mencegah flek hitam bekas jerawat yang terkadang dapat muncul setelah jerawat mereda.

13. Mengelupaskan sel kulit mati

Menerapkan masker putih telur ternyata juga dapat melepaskan sel kulit mati yang masih menempel di wajah. Proses pengangkatan sel kulit mati sangat diperlukan agar membuatnya tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, terkadang sel kulit mati yang menumpuk juga membuat wajah menjadi lebih kusam dan terlihat kering.

 

Manfaat masker putih telur untuk rambut

Manfaat masker putih telur ternyata bukan hanya untuk wajah, tetapi juga rambut Anda. Penerapan putih telur pada rambut akan memberikan banyak manfaat yang tidak terduga. Bahkan penggunaan putih telur dapat menggantikan conditioner alami. Jika Anda penasaran mengenai Apa saja manfaat putih telur untuk rambut berikut informasi selengkapnya:

1. Menebalkan rambut secara alami

Putih telur berguna membuat rambut anda lebih tebal dan kuat. Rambut yang tebal dianggap sebagai rambut yang sehat. Maka tidak heran jika banyak wanita yang menginginkan rambut seperti ini. Jika anda tertarik untuk memilikinya, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan putih telur lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Tunggu selama 30 menit lalu bilas dengan shampo. Ulangi metode ini paling tidak satu minggu sekali untuk meningkatkan volume rambut Anda.

2. Menghaluskan rambut secara alami

Putih telur memiliki sifat pelembut alami sehingga membuat rambut anda tampak halus dan terawat. Cara membuat masker putih telur untuk rambut sangat mudah. Pertama, campur satu sendok teh minyak zaitun atau minyak almond dengan satu putih telur. Aduk hingga merata lalu oleskan pada rambut secara menyeluruh. Tunggu selama 45 menit kemudian bilas rambut Anda seperti biasa.

3. Menghilangkan kelebihan minyak di rambut

Manfaat masker putih telur untuk rambut yang tidak kalah hebat adalah mampu membantu membersihkan minyak berlebih pada rambut. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhannya. Minyak berlebih pada rambut akan membuatnya tampak lepek. Selain itu, kelebihan minyak juga membuat rambut menjadi mudah kotor sehingga dapat menutupi kilau alami rambut Anda.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan kelebihan minyak di rambut: pertama kocok putih telur terlebih dahulu lalu aplikasikan ke rambut. Tutupi dengan topi mandi lalu biarkan selama 30 menit. Langkah terakhir bilas rambut Anda dengan sampo sampai bersih. Lanjutkan proses ini secara teratur untuk mendapatkan rambut sehat dan bercahaya. Putih telur dapat menghilangkan kelebihan minyak dengan cara menariknya keluar dari kulit kepala. Setelah itu,

4. Meningkatkan cahaya rambut Anda

Rambut kusam dan berminyak bisa membuat frustasi terutama bagi wanita. Untungnya putih telur bisa dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk membuat rambut anda lebih bersinar dan sehat. Caranya kocok putih telur lalu oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Untuk mendapat manfaat yang lebih, tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dalam masker putih telur tersebut. Penambahan lemon juga bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada putih telur.

Sekian informasi mengenai manfaat putih telur untuk wajah dan rambut. Setelah mengetahui begitu banyak kegunaan dari putih telur di atas, Apakah anda tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan?.