15 Manfaat masker kopi untuk wajah serta kecantikan kulit lainnya

Manfaat masker kopi untuk wajah
Manfaat masker kopi untuk wajah
image from www.publicdomainpictures.net

Manfaat masker kopi untuk wajah, bibir, rambut dan kecantikan kulit lainnya yang sangat luar biasa serta cara membuat dan menggunakannya. Anda menyukai kopi? dan ingin menjelajahi lebih banyak cara untuk menggunakan kopi?. Dalam artikel ini kita akan melihat apa saja yang bisa kita lakukan menggunakan kopi untuk kecantikan.

Memang sedikit mengejutkan jika kopi yang memiliki warna hitam ini bisa digunakan sebagai masker wajah. Tapi kenyataannya memang demikian, kopi memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Meskipun ini terdengar aneh akan tetapi terkadang rahasia kecantikan yang disimpan paling baik memang tidak biasa.

 

Manfaat masker kopi untuk wajah

Jika anda masih penasaran mengenai Apa saja manfaat masker kopi untuk wajah berikut informasi selengkapnya:

1. Mengangkat sel kulit mati di wajah

Masker kopi bisa bertindak sebagai exfoliator alami yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati yang tidak segera dibersihkan dapat membuat kulit menjadi lebih kusam, sehingga Anda terlihat kurang bersemangat. Tekstur kopi yang kasar bersifat abrasif ringan yang berguna mengelupaskan sel-sel kulit mati yang masih menempel. Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan masker kopi sangat mudah.

Pertama ambil kopi bubuk lalu masukkan ke dalam sebuah wadah kaca. Tuangkan 1 sampai 2 sendok makan minyak zaitun ke dalamnya lalu terapkan ke kulit wajah. Gosok dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari secara lembut. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan sekaligus mengangkat sel kulit mati. Meskipun melakukan metode ini memiliki banyak manfaat untuk wajah, Akan tetapi anda tidak boleh melakukannya terlalu sering. Proses pengelupasan sel kulit mati tidak boleh dilakukan lebih dari 1 bulan sekali.

2. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Ya, memang kopi memiliki warna hitam akan tetapi itu tidak akan mengotori wajah anda. Justru penggunaan kopi dapat membuat kulit wajah tampak bersinar secara alami. Masker kopi dapat membersihkan sekaligus mengangkat kelebihan sel kulit mati yang menumpuk. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menutupi cahaya alami wajah anda. Jadi dengan melakukan proses scrubbing akan membuat wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat masker kopi untuk wajah ini berikut beberapa langkah penerapannya yang perlu diketahui. Langkah paling penting yaitu mempersiapkan 1 sampai 2 sendok bubuk kopi hitam. Setelah itu, masukkan ke dalam mangkuk kaca lalu tambahkan susu secukupnya sehingga keduanya tercampur menjadi sebuah pasta. Oleskan pada wajah anda secara dengan lembut lalu tinggalkan seperti itu selama kurang lebih setengah jam. Jika dirasa sudah cukup bersihkan wajah anda seperti biasa.

3. Membantu menghilangkan komedo di wajah

Manfaat masker kopi untuk wajah yang tidak kalah penting adalah kegunaannya dalam menyingkirkan komedo membandel. Komedo bisa muncul pada bagian hidung atau area sekitarnya. Masalah kulit ini memang cukup membuat risih karena sangat mengganggu penampilan. Untungnya kopi bisa dimanfaatkan sebagai penghilang komedo alami.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan kopi cukup mudah dan sederhana. Langkah pertama, ambil bubuk kopi lalu tambahkan dengan putih telur secukupnya. Kocok kedua bahan tadi hingga semuanya tercampur dengan rata. Aplikasikan menggunakan kuas ke bagian hidung atau area wajah yang terdapat komedo. Gosok dengan perlahan lalu diamkan setidaknya 15 menit. Jika masker kopi dan putih telur mulai mengering bersihkan dengan air.

4. Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Efek pencerah alami yang dimiliki oleh kopi benar-benar membantu menyingkirkan flek hitam bekas jerawat. Munculnya noda hitam ini sangat mengganggu sekali karena wajah anda yang tadinya putih bersih akan ternoda dengan munculnya flek hitam. Untungnya salah satu manfaat masker kopi untuk wajah adalah menyingkirkan masalah kulit tersebut.

Untuk menggunakannya persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu: 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok teh air lemon/jeruk nipis dan air matang secukupnya. Ambil satu mangkuk kaca lalu masukkan ke semua bahan tadi ke dalamnya dan aduk hingga merata. Gunakan sebagai masker wajah setidaknya 20 sampai 25 menit kemudian Anda bisa membersihkannya. Menerapkannya secara rutin akan sangat berguna dalam menyingkirkan noda hitam di wajah.

5. Memiliki efek antiperadangan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kopi memiliki kemampuan yang hampir sama dengan aspirin untuk mengatasi peradangan. Dari manfaatnya tersebut, tentu kita bisa melihat bahwa masker kopi sangat berpotensi baik dalam mengatasi masalah pada kulit wajah seperti jerawat.

6. Mencegah penuaan pada kulit

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kopi berperan aktif dalam mencegah penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Efek buruk dari radikal bebas yang tidak terkontrol akan menyebabkan kerusakan pada sel kulit anda. Hal ini pada akhirnya akan memicu kulit mengalami penuaan lebih awal. Untuk mendapatkan manfaat masker kopi yang satu ini, anda cukup menggunakannya secara rutin setidaknya 1 kali seminggu sebagai masker wajah.

7. Mengencangkan kulit wajah

Mengaplikasikan masker kopi secara rutin dan konsisten ternyata sangat baik sekali untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki kulit kencang dan sehat secara alami penggunaan masker kopi tidak boleh dilupakan. Mengambil kopi sebagai masker wajah relatif lebih murah dibandingkan harus membeli produk perawatan yang mahal. Belum lagi, efek samping dari masker kopi juga bisa ditekan sehingga Anda tidak perlu khawatir.

8. Menghilangkan kantung mata

Bangun dengan mata yang bengkak akan membuat risih karena anda akan terlihat kurang bersemangat. Kantung mata yang sangat mengganggu ini ternyata bisa dihilangkan dengan mudah hanya menggunakan masker kopi. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kopi sangat membantu dalam mengurangi pembengkakan pada area bawah mata.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami memanfaatkan masker kopi tidaklah sulit. Ambil bubuk kopi secukupnya lalu tambahkan dengan air sebagai bahan campuran. Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Jika keduanya sudah memiliki tekstur seperti pasta oleskan pada area bawah mata.

Diamkan selama kurang lebih setengah jam untuk membuat sifat anti-inflamasi dalam kopi bekerja dengan baik. Selain menerapkan metode di atas, Ada cara lain yang lebih sederhana yaitu menerapkan ampas kopi pada kantung mata. Cara ini juga bekerja cukup efektif dalam menghilangkan kantung mata yang menghitam.

9. Mengobati sengatan sinar matahari pada kulit

Sengatan sinar matahari secara langsung yang mengenai kulit akan membuatnya menghitam dan gosong. Hal ini bisa terjadi karena sinar UV akan membakar permukaan kulit anda. Untuk mengurangi efek buruk sinar matahari tersebut, Anda bisa memanfaatkan masker kopi. Kopi memiliki sifat antiperadangan sehingga mampu meredakan efek merugikan dari sengatan matahari. Sedangkan kandungan antioksidan yang kuat di dalamnya dapat mengurangi resiko kanker kulit yang biasanya terjadi akibat sengatan sinar matahari berlebih.

10. Menghaluskan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang bersih, halus, dan terawat tentu menjadi keinginan hampir semua wanita di seluruh dunia. Bahkan, tak jarang untuk mendapatkan kulit impiannya tersebut banyak wanita yang harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon yang mahal. Tapi sebelum anda melakukannya, sebaiknya cobalah menggunakan bahan di sekitar Anda seperti kopi.

Hal ini dikarenakan salah satu manfaat masker kopi untuk wajah adalah membuatnya tampak lebih halus dan cerah. Kemampuan kopi ini didapat dari kegunaannya sebagai exfoliator alami yang bukan hanya mengangkat sel kulit mati tetapi juga membuat kulit wajah lebih halus. Sel kulit mati yang menumpuk selain menutupi kecerahan kulit juga membuatnya lebih kasar.

 

Manfaat kopi untuk kecantikan lainnya

11. Menghilangkan selulit

Selulit merupakan sebuah gumpalan yang biasanya muncul pada kulit bagian perut dan paha. Munculnya selulit akan sangat mengganggu sekali karena kulit anda akan terlihat lebih kasar. Anda bisa menghilangkan selulit dengan cara menerapkannya ke kulit secara rutin. Kopi memiliki banyak nutrisi penting yang berguna menghilangkan masalah kulit yang satu ini dengan efektif dan cepat.

12. Mengubah warna rambut Anda

Jika anda ingin sensasi baru dengan memiliki rambut yang berwarna coklat, menggunakan kopi bisa dijadikan pilihan. Memanfaatkan kopi sebagai pewarna rambut tentu sangat mudah dan aman dibandingkan menggunakan pewarna rambut berbahan kimia.

Selain dapat mengubah warna rambut Anda, menggunakan kopi juga berpotensi baik dalam melindungi rambut dari kerusakan karena efek antioksidan yang dimilikinya. Cara menggunakannya: seduh kopi seperti biasa lalu ambil ampasnya kemudian terapkan pada rambut. Tutupi kepala anda dengan topi mandi dan biarkan selama setengah jam, langkah terakhir bilas seperti biasa.

13. Membuat bibir lebih halus

Anda ingin memiliki bibir yang lembut dan halus? cobalah menggunakan ampas kopi sebagai bahan perawatannya. Caranya ambil kopi bubuk secukupnya lalu tambahkan dengan minyak zaitun. Campur kesemua bahan tadi hingga berbentuk pasta yang halus lalu oleskan pada bagian bibir. Lakukan pemijatan ringan untuk melembutkan bibir dengan cara mengangkat sel kulit mati.

14. Membuat bibir tampak merah merona

Selain membuat bibir tampak lebih halus dan lembut penggunaan scrub kopi ternyata juga berguna memerahkan bibir anda. Caranya sama dengan langkah di atas. Sebagai bahan campuran Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau madu.

15. Mencegah ketombe dan gatal di kulit kepala

Siapa yang menyangka jika masker kopi ternyata bisa berguna untuk mencegah ketombe di kulit kepala. Kemampuan masker kopi dalam menghilangkan sel kulit mati ternyata berperan penting untuk mencegah ketombe dan gatal di kulit kepala.

Cara menggunakan masker kopi untuk mencegah ketombe: pertama ambil ampas kopi lalu tambahkan dengan madu atau minyak zaitun. Penambahan bahan ini dimaksudkan agar teksturnya lebih halus sehingga mudah digunakan. Pijatan pada area kulit kepala selama sekitar 5 menit Jika sudah selesai diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan sampo.

Bagaimana, manfaat masker kopi untuk wajah dan kecantikan lainnya sangat banyak bukan?. Apakah anda tertarik menggunakan kopi sebagai bahan perawatan kecantikan?. Tidak ada salahnya untuk mencobanya.