10 Manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat buah rambutan untuk kesehatan
manfaat buah rambutan untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Pastinya hampir semua dari kita mengenal buah rambutan, karena buah yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan di pasar-pasar di Indonesia. Buah rambutan merupakan buah yang memiliki nama Latin Niphelium Lappaceum di mana buah ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak.

Berapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah rambutan diantaranya seperti vitamin C, vitamin A, karbohidrat, serat, protein, dan beberapa mineral penting diantaranya seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan seng.

Kesemua nutrisi yang dikandung buah rambutan tersebut menjadikan buah rambutan sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui mengenai Apa saja manfaat buah rambutan untuk kesehatan anda bisa membacanya dalam artikel berikut ini:

1. Mencegah hipertensi

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah dan membantu meringankan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah rambutan memiliki kandungan kalium yang sangat berguna dalam menjaga detak jantung lebih stabil. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi. Anda sangat direkomendasikan mencukupi kebutuhan kalium dari buah-buahan yang anda konsumsi termasuk buah rambutan.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan, di mana penyakit ini memiliki tanda-tanda yang sulit dikenali. Penyakit jantung bisa disembuhkan dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi. Kandungan kalium dalam buah rambutan membantu dalam menjaga detak jantung agar tetap normal, sedangkan serat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang berkontribusi besar dalam mencegah penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit kanker

Buah rambutan memiliki beberapa kandungan antioksidan penting yang sangat berguna mencegah penyakit kanker. Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam buah rambutan adalah vitamin A dan C. Antioksidan sangat berguna mencegah efek merugikan radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan imunitas

Buah rambutan memiliki manfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh yang menjadi pertahanan pertama tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit. Manfaat buah rambutan untuk kesehatan ini didapat dari kandungan tembaga yang dimilikinya dimana tembaga sangat membantu dalam pembentukan sel darah putih. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sel darah putih berperan penting dalam melawan berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Selain mengandung tembaga, buah rambutan juga diperkaya dengan vitamin C yang juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Buah rambutan diperkaya dengan vitamin A yang mana vitamin jenis ini sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan mata secara alami. Anda direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin A dalam rangka menjaga agar mata tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit mata yang bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti buah rambutan diantaranya adalah katarak dan juga degenerasi makula.

6. Mencegah anemia

Sebenarnya buah rambutan bukan merupakan sumber utama zat besi akan tetapi buah rambutan bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian kita. Zat besi sangat dibutuhkan dalam memproduksi sel darah merah, yang mana kekurangan sel darah merah ini dapat menyebabkan anemia yang ditandai dengan cepat lelah, pusing, dan juga sulit berkonsentrasi.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Jika organ yang satu ini terganggu maka kesehatan tubuh bisa terganggu. Untuk itu menjaga kesehatan ginjal menjadi hal yang wajib dilakukan. Untungnya buah rambutan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal secara alami. Hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan fosfor yang berguna menetralisir racun sehingga akan mempermudah ginjal dalam pembuangan racun.

8. Mencegah sariawan

Buah rambutan memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang dipadukan dengan vitamin C sehingga membuatnya sangat baik untuk mencegah sariawan. Bukan hanya mencegah sariawan, kandungan vitamin C dalam buah rambutan juga sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan mulut termasuk kesehatan gigi dan gusi anda.

9. Membantu program diet

Buah rambutan menjadi salah satu makanan yang sangat baik sekali untuk membantu program diet Anda. Secara umum buah memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi meliputi mineral, vitamin, dan serat yang sangat baik dalam membuat kita kenyang lebih lama. Sedangkan nergi yang diberikan oleh buah bisa membuat kita merasa lebih bertenaga sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil. Jadi beberapa jenis buah seperti buah rambutan sangat baik sekali digunakan sebagai buah untuk diet sehat.

10. Membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kandungan kolesterol dalam darah dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung dan stroke. Untuk itu menjaga kestabilan kolesterol dalam darah sangat penting. Untungnya buah rambutan merupakan salah satu buah yang memiliki berbagai macam nutrisi yang dapat menurunkan kolesterol secara alami. Sehingga buah ini sangat baik sekali dikonsumsi oleh mereka yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit jantung dan stroke.

Demikian informasi mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan semoga dapat menambah wawasan Anda. Secara umum buah sangat baik untuk kesehatan sehingga jangan pernah mengabaikan untuk mengkonsumsinya.