12 Manfaat susu beruang, komposisi dan efek sampingnya

Manfaat susu beruang
Manfaat susu beruang

Mengkonsumsi susu itu sangat baik untuk kesehatan anda. Di dalam susu terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu jenis susu yang memiliki kualitas cukup baik adalah susu beruang.

Susu beruang atau bear brand merupakan produk susu yang dikeluarkan oleh nestle. Susu beruang belakangan ini sangat populer terutama dengan adanya orang yang menganggap bahwa susu beruang bisa mengatasi beberapa penyakit.

Selain itu, penggunaan susu beruang sebagai masker wajah juga mulai banyak digunakan oleh kaum hawa. Sehingga akan menambah panjang daftar manfaat susu beruang tersebut. 

Komposisi susu beruang

Susu beruang memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan. Dari nutrisi yang dikandungnya ini pulalah yang membuat susu beruang dipercaya sangat baik untuk perawatan kecantikan. 

Komposisi susu beruang sebagai berikut:  lemak, karbohidrat, protein, kalsium, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin A, D, C serta natrium. Selain susu murni, di dalam Bear Brand juga Terdapat campuran bahan lainnya seperti teh putih serta malt.

Dari kesemua komposisi susu beruang tersebut tentu membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat susu beruang untuk kesehatan

Setelah kita mengetahui komposisi susu beruang, sekarang kita akan melihat apa saja manfaatnya untuk kesehatan, berikut daftarnya di bawah ini:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium serta vitamin D dalam susu beruang membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Oleh sebab itu, mengkonsumsi susu beruang sangat dianjurkan terutama bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, orang yang beresiko tinggi mengalami osteoporosis juga sangat dianjurkan memperbanyak asupan kalsium serta vitamin D. Dimana kedua nutrisi ini bisa ditemukan dalam susu beruang.

2. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini meningkatkan daya tahan tubuh menjadi sebuah keharusan. Untungnya salah satu khasiat susu beruang untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem imun anda.

Dengan sistem imun tubuh yang kuat maka anda tidak mudah terserang penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi susu murni termasuk susu beruang.

3. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kemurniaan susu beruang diketahui mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Seperti yang sudah kita tahu di atas bahwa kandungan nutrisi susu beruang sangat banyak terutama mineral. 

Mineral sangat penting sekali dalam proses pembersihan tubuh dari racun. Selain itu, proses sterilisasi susu beruang juga berperan penting dalam mengoptimalkan manfaatnya.

4. Meningkatkan tenaga anda

Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi susu beruang. Kandungan vitamin B serta gold white malt dalam susu beruang diyakini sangat penting dalam meningkatkan tenaga.

Vitamin B memang diketahui merupakan sumber energi alami tubuh. Sehingga meningkatkan asupan vitamin B sangat penting sekali terutama bagi orang yang membutuhkan energi ekstra.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang terjadi akibat pengeroposan tulang. Pengeroposan tulang bisa terjadi jika seseorang mengalami kekurangan vitamin D serta kalsium. Jadi langkah pencegahan terbaik adalah dengan meningkatkan asupan kalsium serta vitamin D tersebut.

Kabar baiknya di antara sekian banyak kandungan nutrisi dalam susu beruang adalah vitamin D serta kalsium. Jadi rutin mengkonsumsi susu beruang telah dikaitkan dengan pencegahan osteoporosis.

6. Bantu cegah insomnia

Bagi anda yang memiliki masalah sulit untuk tidur atau insomnia cobalah rutin mengkonsumsi susu beruang. Pasalnya susu beruang diketahui dapat merelaksasi tubuh sehingga akan membuat seseorang lebih mudah tertidur.

Efek relaksasi ini mungkin juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang mengalami stres akibat pekerjaan menumpuk. Jadi mengkonsumsi susu beruang akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anda.

7. Meningkatkan fungsi saraf

Fungsi saraf yang sehat sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Susu beruang diketahui dapat menjaga fungsi saraf otak sehingga membuatnya bisa bekerja dengan maksimal.

Khasiat susu beruang ini tentu akan sangat menguntungkan terutama saat dikonsumsi oleh anak-anak. Di mana pada masa anak-anak seseorang sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk otak mereka. 

8. Menjaga kadar kolesterol tubuh

Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap baik sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, konsumsi susu beruang ternyata berkhasiat menjaga kadar kolesterol tersebut agar berada pada level yang sehat. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi susu beruang secara rutin.

9. Meningkatkan kerja otak

Meningkatkan kecerdasan otak bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Ada banyak nutrisi penting dalam susu beruang yang diketahui mampu meningkatkan kinerja otak anda.

Manfaat susu beruang yang satu ini tentu sangat dirasakan terutama oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan pada masa anak-anak otak mereka masih berkembang dan membutuhkan banyak nutrisi.

Manfaat susu beruang untuk kecantikan

Selain dikonsumsi secara langsung, ternyata susu beruang juga sering digunakan sebagai masker wajah. Penggunaannya sebagai masker wajah diyakini memiliki banyak manfaat, bahkan tidak kalah dengan penggunaan produk kecantikan yang mahal. Lantas apa saja manfaat masker susu beruang tersebut: 

10. Menghaluskan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang halus tentu menjadi idaman semua wanita. Tetapi terkadang untuk mendapatkan kulit wajah halus tersebut membutuhkan banyak biaya. Tetapi untungnya diantara manfaat masker susu beruang adalah membantu anda mendapatkan kulit wajah yang halus secara alami.

Saat digunakan sebagai masker wajah susu beruang akan membantu memperbaiki tekstur kulit sehingga membuatnya lebih halus secara alami. 

11. Bantu samarkan bekas jerawat

Kemunculan bekas jerawat di wajah akan sangat mengganggu penampilan anda. Tapi anda tidak perlu resah karena penggunaan susu beruang diketahui mampu menyamarkan bekas jerawat tersebut.

Menerapkan susu beruang ke kulit wajah bisa berguna sebagai exfoliator alami yang membantu mengelupaskan sel kulit mati. Proses pengelupasan ini nantinya akan membuat kulit mengalami regenarasi sehingga bekas jerawat dikit demi sedikit akan tersamarkan.

12. Menjaga kelembaban kulit wajah

Kelembaban kulit wajah sering hilang terutama saat anda berada di bawah terik matahari. Kulit kering akan membuatnya tampak tidak sehat sehingga anda perlu untuk melembabkan nya.

Kandungan aha serta vitamin penting dalam susu beruang diketahui berguna menghidrasi kulit secara alami. Proses hidrasi kulit ini bukan hanya mencegahnya dari kekeringan tetapi juga membuatnya tampak lebih muda.

Efek samping susu beruang

Meskipun susu beruang memiliki banyak manfaat tetapi ada aturan yang harus anda taati agar terhindar dari efek samping yang bisa ditimbulkan nya. Berikut daftar efek samping susu beruang yang wajib anda tahu:

Risiko memperparah jerawat

Salah satu efek samping masker susu beruang adalah bisa memperparah jerawat. Kandungan lemak dalam susu beruang jika diterapkan pada kulit wajah berisiko dapat meningkatkan jerawatan. Hal ini terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif terhadap produk susu. Untuk itu sebaiknya nya kenali kulit wajah anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker susu beruang.

Perhatian bagi anda yang alergi pada susu

Bagi anda yang alergi dengan susu sapi sebaiknya mungkin juga menghindari susu beruang. Meskipun namanya susu beruang bukan maksudnya adalah berasal dari susu beruang tetapi sebenarnya komposisinya adalah susu sapi. Sebagai gantinya anda bisa memperoleh protein dari sumber nabati seperti susu kedelai.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai susu beruang mulai dari komposisi manfaat serta efek sampingnya. 

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →