15 Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami

Kecantikan
Cara menghilangkan flek hitam di wajah
Cara menghilangkan flek hitam di wajah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sulit untuk diatasi. Flek hitam bisa terjadi karena beberapa penyebab diantaranya adalah bekas jerawat, sinar matahari, dan penuaan pada kulit wajah. Tidak semua perawatan medis bisa bekerja secara efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah tersebut, kalaupun bisa perawatan medis kadang memberikan efek samping yang tidak diinginkan sehingga banyak wanita yang mulai melirik menggunakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Selain itu, beberapa jenis perawatan medis untuk menghilangkan flek hitam seperti teknik laser dan Chemical Peeling juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi wanita untuk tidak melakukan prosedur medis tersebut.

Selain karena jerawat dan sinar matahari, beberapa faktor yang dapat menyebabkan flek hitam di antaranya stres yang berlebihan, kurang tidur, kekurangan vitamin dan penggunaan obat tertentu. Apapun penyebabnya flek hitam di wajah tentu sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri Anda sehingga tidak mengherankan jika banyak wanita yang segera ingin menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Jika anda sedang membutuhkan tips dan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat berikut tips dari caraprofesor.com :

1. Pepaya

Diantara salah satu bahan alami yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah adalah pepaya. Buah ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah.

  • Pertama-tama ambil buah pepaya yang sudah masak kemudian haluskan menggunakan blender.
  • Setelah itu, tambahkan sedikit jeruk nipis ke dalam adonan pepaya tadi kemudian aduk hingga merata
  • Jika sudah selesai terapkan ke kulit wajah anda dan biarkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.
  • Langkah terakhir bersihkan wajah anda menggunakan air.

 

2. Kunyit

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang lain adalah menggunakan kunyit. Bumbu dapur yang satu ini memang cukup terkenal dan sangat populer terutama di negara Asia Selatan seperti Pakistan dan India. Bukan hanya baik untuk kesehatan, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah di mana salah satunya adalah menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Penasaran Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan kunyit? Mari simak ulasannya berikut ini:

  • Yang harus anda lakukan untuk pertama kali adalah membuat pasta kental menggunakan jus lemon, susu, dan kunyit.
  • Gunakan kombinasi ketiga bahan tadi untuk diterapkan secara langsung ke area kulit wajah yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan selama lima menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat.
    Selain menggunakan lemon dan susu Anda juga bisa mencampur pasta kunyit dengan minyak zaitun dan madu kemudian gunakan untuk memijat kulit wajah anda secara lembut. Biarkan ramuan tadi tetap di wajah anda sampai mengering kemudian bersihkan seperti biasa.

 

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki beberapa sifat penyembuhan yang sangat hebat dan merupakan salah satu dari bahan perawatan kecantikan yang cukup efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Jika anda tertarik ingin menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lidah buaya berikut beberapa tipsnya untuk anda:

  • Siapkan gel lidah buaya atau jus lidah buaya untuk diterapkan secara langsung pada area wajah yang terdapat flek hitam.
  • Gunakan ujung jari untuk memijat area kulit wajah tersebut dengan lembut selama sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Lakukan tips ini satu sampai dua kali sehari selama sekitar 2 sampai 4 Minggu untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

 

4. Kentang

Bahan alami lainnya yang tidak kalah bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah kentang. Meskipun biasanya kentang hanya digunakan sebagai makanan pokok saja tetapi ternyata penggunaan kentang lebih dari itu. Kentang sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan yang cukup efektif dalam menyamarkan noda hitam di wajah sekaligus membuat wajah anda tampak cerah secara alami dan pastinya sangat minim efek samping. Jika anda tertarik untuk menggunakan kentang, berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan:

  • Langkah pertama haluskan kentang dengan cara diparut atau diblender untuk dibuat menjadi pasta kental.
  • Tambahkan madu kemudian gunakan sebagai masker wajah terutama pada area yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu Anda bisa membersihkannya.

Alternatif lainnya Anda bisa memotong kentang tipis-tipis kemudian menempelkan pada flek hitam di wajah. Biarkan potongan kentang tersebut selama 10 menit kemudian angkat dan cuci wajah anda.

 

5. Kayu Cendana

Kayu cendana atau dalam bahasa Inggris disebut sandalwood merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki harga cukup mahal. Berbanding lurus dengan harga kayu ini ternyata kayu cendana memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kecantikan anda. Kayu cendana memiliki sifat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit termasuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan pastinya aman. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam menggunakan kayu cendana:

  • Siapkan gliserin dan bubuk kayu cendana kemudian campurkan kedua bahan tadi hingga menjadi sebuah pasta tebal.
  • Tambahkan madu atau susu dalam campuran kedua bahan tadi.
  • Gunakan pasta yang telah anda buat dari bubuk cendana tersebut sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam.
  • Biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit kemudian gunakan air hangat untuk membersihkan wajah anda.

 

6. Almond

Almond merupakan makanan yang memiliki nutrisi cukup baik diantaranya adalah protein dan lemak sehat. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kacang almond ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan flek hitam di wajah berkat sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dimilikinya. Cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan almond cukup mudah berikut tipsnya untuk anda:

  • Ambil 8-10 kacang almond dan rendam dalam susu
  • Setelah itu, biarkan selama semalaman
  • Keesokan paginya lepas kan kulit kacang almond Kemudian giling dengan halus.
  • Selanjutnya tambahkan setengah sendok teh madu dan 1 sendok teh bubuk cendana di dalamnya. Campur ke semua bahan tadi dengan baik untuk dijadikan sebuah pasta kental yang halus.
  • Gunakan pasta tadi untuk diterapkan ke kulit wajah yang terdapat flek hitam biarkan menempel di kulit wajah anda sekitar setengah jam.
  • Langkah terakhir bilas dengan air bersih.

 

7. Oatmeal

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Oatmeal dianggap sebagai salah satu ramuan yang cukup efektif untuk mengelupaskan kulit sehingga akan mempermudah dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan flek hitam menggunakan oatmeal tersebut berikut beberapa diantaranya:

  • Haluskan sekitar setengah cangkir oatmeal kemudian tambahkan 3-4 sendok makan jus lemon untuk dibuat menjadi sebuah pasta kental.
  • Gunakan ramuan antara oatmeal dan jus lemon tadi untuk diterapkan pada kulit wajah yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan selama beberapa menit kemudian gunakan air hangat untuk membersihkan wajah anda.

 

8. Buttermilk

Buttermilk sebenarnya sangat baik digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah anda secara alami mirip dengan jus lemon. Buttermilk bisa membantu menyamarkan bintik hitam secara efektif tanpa menimbulkan sensasi terbakar. Ada 4 langkah mudah yang harus anda ikuti untuk menggunakan buttermilk dalam menghilangkan flek hitam di wajah:

  • Langkah pertama ambil 4 sendok teh butter milk kemudian masukkan ke dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan dua sendok teh jus tomat segar ke dalam mangkuk yang berisi butter milk tadi dan campur kedua bahan hingga merata.
  • Oleskan langsung ke area kulit wajah yang terdapat flek hitam
  • Setelah 15 menit gunakan air bersih untuk mencuci wajah anda
  • Kedua bahan tersebut memiliki sifat pemutih yang sangat baik untuk mengurangi flek hitam di wajah.

 

9. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk mencerahkan kulit secara alami. Hal ini menjadikannya salah satu obat yang sangat mujarab untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Selain berguna menyamarkan flek hitam di wajah kandungan vitamin C dalam lemon juga bermanfaat untuk memutihkan kulit anda. Penggunaan lemon sangat mudah untuk wajah anda berikut caranya:

  • Persiapkan bola kapas yang bersih kemudian celupkan ke dalam jus lemon segar
  • Gunakan bola kapas tadi untuk menggosok secara lembut kulit wajah yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan sampai kering setelah itu bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini setidaknya selama 2 minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

10. Lobak dan air

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam adalah menggunakan lobak dan air. Campuran bahan tadi cukup efektif dalam membantu menyamarkan flek hitam di wajah anda. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan:

  • Pertama, giling sepotong lobak dan tambahkan sedikit air ke dalamnya untuk membuat pasta.
  • Setelah itu terapkan pasta ini ke kulit Anda secara langsung.
  • Biarkan sekitar 15 sampai 25 menit.
  • Kemudian cuci dengan air sampai bersih
  • Lakukan perawatan tadi setidaknya selama 2 sampai 3 kali per minggu.

 

11. Peterseli, madu dan lemon

Ekstrak peterseli sering digunakan pada produk kecantikan terutama untuk mengatasi berbagai macam perubahan warna kulit seperti flek hitam di wajah. Ramuan Ini mengandung tinggi vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen sekaligus membantu menghilangkan noda hitam di kulit wajah.

Selain itu, kandungan vitamin C yang melimpah dalam peterseli juga berguna meningkatkan elastisitas kulit anda secara alami. Selain vitamin C, kandungan vitamin A yang dimilikinya juga memiliki efek antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut beberapa resep yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan jus lemon, madu, dan peterseli:

  • Pertama cuci peterseli menggunakan air hangat sampai bersih
  • Kemudian potong peterseli dan haluskan menggunakan blender
  • Tambahkan jus lemon dan madu ke dalam pasta peterseli yang anda buat tadi setelah itu aduk dengan baik.
  • Sebelum menggunakan ramuan ini cuci wajah anda terlebih dahulu sampai bersih.
  • Jika dirasa cukup terapkan masker peterseli, jus lemon, dan madu tadi ke kulit wajah anda dan Diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Jika sudah selesai Anda bisa mencuci wajah anda.

 

12. Lemon dan gula

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Asam ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menumbuhkan sel baru yang akan membuat kulit anda lebih cerah.
Oh ya, Perlu anda perhatikan jika menggunakan lemon ke kulit wajah biasanya memiliki efek samping berupa kulit sedikit memerah sehingga Anda perlu melakukan tes terlebih dahulu ke kulit tangan anda untuk melihat apakah ada reaksi atau tidak, jika tidak Anda bisa melanjutkan perawatan.

Jika tidak ada reaksi apapun maka anda bisa menggunakan lemon ke kulit wajah anda. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lemon:

  • Campur jus lemon dan gula kemudian aduk hingga kedua bahan tadi tercampur dengan baik.
  • Terapkan kedua bahan tadi ke flek hitam di wajah anda sampai merata setelah itu tinggalkan selama sekitar 20 sampai 30 menit.
  • Jika sudah selesai bilas dengan air seperti biasa.

 

13. Minyak Jarak dan minyak kelapa

Minyak jarak adalah salah satu minyak yang memiliki khasiat untuk penyembuhan karena memiliki sifat antiinflamasi yang cukup baik. Sedangkan minyak kelapa seperti yang sudah anda ketahui bahwa minyak ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi mencampurkan kedua bahan tadi bisa memberikan efek yang cukup baik dalam mengurangi bintik hitam di wajah anda.

Berikut cara mudah untuk menghilangkan flek hitam menggunakan minyak jarak dan minyak kelapa:

  • Pertama campuran minyak kelapa dan minyak jarak sampai merata. • Setelah itu celupkan bola kapas ke dalam campuran kedua minyak tadi.
  • Terapkan bola kapas ke flek hitam di wajah anda sambil memijatnya dengan lembut selama beberapa menit.
  • Jika sudah selesai biarkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air bersih.

 

14. Buttermilk dan tomat

Buttermilk memiliki kandungan asam laktat yang bisa membantu mengelupaskan kulit untuk menghilangkan noda dan bercak hitam di kulit wajah, serta membuatnya tampak cerah alami. Sedangkan tomat merupakan sayuran segar yang memiliki kandungan vitamin C dan likopen yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dihasilkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga merupakan nutrisi yang dapat mencerahkan kulit secara alami sehingga dapat menyamarkan noda hitam di wajah.

Berikut penggunaan butter Milk dan tomat untuk menghilangkan flek hitam di wajah:

  • Langkah pertama campur buttermilk dan jus tomat.
  • Kemudian terapkan campuran ini ke flek hitam di wajah Anda.
  • Diamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit setelah itu bilas wajah anda sampai bersih.

 

15. Kentang, lemon, dan susu

Kentang memiliki banyak nutrisi penting diantaranya seperti mineral vitamin, asam lemak esensial, dan fitokimia seperti polifenol dan karotenoid. Selain nutrisi tersebut kentang juga masih memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, seng, dan fosfor yang dapat meningkatkan sintesis kolagen dan elastin. Sedangkan susu dan madu dapat membantu mencerahkan dan meningkatkan elastisitas kulit secara alami. Jadi menggunakan ketiga bahan tadi merupakan cara yang cukup baik untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami menggunakan madu susu dan kentang:

  • Pertama parut kentang hingga halus kemudian ambil airnya menggunakan saringan atau kain.
  • Jika sudah selesai tambahkan madu dan susu ke dalam wadah yang berisi ekstrak kentang tadi.
  • Aduk hingga merata kemudian terapkan ke kulit wajah yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit kemudian Cuci wajah anda sampai bersih.

 

Demikian tadi rangkaian 15 cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Mungkin anda tidak bisa menerapkan ke semua cara di atas, jadi anda hanya bisa mengambil satu metode yang paling cocok dan paling bisa anda lakukan.