Makanan Khas Kebumen

makanan khas kebumen

makanan khas kebumen

Makanan Khas Kebumen – Berwisata kuliner, mencicipi hidangan makanan khas di suatu daerah memang senantiasa menarik minat. Tidak hanya mencicipi beragam hidangan lezat, melakukan wisata kuliner saat berkunjung ke suatu kota pastinya akan menambah pengalaman semakin seru.

Tidak heran ini kerap menjadi agenda wajib yang senantiasa dilakukan oleh banyak orang saat tengah berlibur. Salah satu wisata kuliner Indonesia yang harus Anda coba yaitu wisata kuliner Kebumen. Kabupaten yang berbatasan dengan Wonosobo serta Banjarnegara ini memiliki aneka sajian khas yang menggugah selera.

Hidangan khas Kebumen ini pun beraneka macam. Seperti makanan yang diolah dari daging ayam, aneka sajian soto kuah gurih, sampai sajian khas yang cocok dinikmati sebagai menu sarapan, seperti nasi penggel. Tidak hanya itu, makanan khas Kebumen juga mencangkup aneka camilan lezat dan populer.

Seperti kerupuk lanting yang memiliki cita rasa gurih, bengkoang Kebumen, sampai jipang kacang manis. Aneka sajian khas Kebumen ini pastinya sayang jika dilewatkan saat Anda berkunjung ke daerah dengan julukan Kota Lawet ini.

Beragam hidangan khas Kebumen ini juga dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga tercinta ataupun teman. Apabila Anda penasaran, hidangan apa saja yang wajib Anda cicipi di Kebumen, maka sejumlah informasi berikut dapat menjadi rekomendasi Anda.

Lantas, apa saja makanan khas kota ini? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Kebumen yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Khas Kebumen yang Wajib Anda Cicipi!

makanan khas kebumen

1. Sate Ambal

Hidangan khas Kebumen yang pertama adalah Sate Ambal. Seperti dengan namanya, hidangan ini asalnya dari Kecamatan Ambal. Hidangan Sate Ambal ini diolah dari bahan dasar daging ayam yang selanjutnya dicampurkan dengan bumbu yang berasal dari tempe rebus yang dihaluskan.

Bumbu Sate Ambal yang dimasak dari bahan tempe ini memiliki tekstur yang encer berwarna kuning kecokelatan. Sate Ambal menjadi hidangan makanan dengan kombinasi cita rasa manis, gurih dan pedas yang menggugah selera.

Baca Juga: Makanan Khas Tangerang

makanan khas kebumen

2. Ayam Es Bening

Makanan khas Kebumen berikutnya yaitu Ayam Es Bening. Nama Es Bening berasal dari suatu desa di Kabupaten Kebumen, yakni Desa Es Bening. Ayam Es Bening adalah hidangan yang diolah dengan memanfaatkan daging ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rempah sampai meresap ke dalam.

Hidangan Ayam Es Bening ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Tidak hanya itu, Ayam Es Bening juga dapat disimpan ke dalam freezer supaya lebih awet dan dapat dikonsumsi sampai 5 bulan ke depan.

makanan khas kebumen

3. Soto Ayam Petanahan

Sajian khas Kebumen yang tidak kalah lezat selanjutnya yaitu Soto Ayam Petanahan. Soto ayam petanahan ini adalah makanan khas Kebumen yang sangat terkenal dan disukai banyak orang. Biasanya, soto Ayam Petanahan ini dihidangkan dengan potongan ketupat.

Kuah soto dengan warna kuning serta bertekstur kental memiliki cita rasa bumbu rempah yang kuat. Apabila Anda termasuk pecinta kuliner Nusantara, Soto Ayam Petanahan khas Kebumen, harus Anda coba.

Baca Juga: Makanan Khas Cianjur

makanan khas kebumen

4. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun juga masuk ke dalam salah satu daftar sajian khas Kebumen yang tidak kalah lezat. Sajian soto yang berasal dari daerah Tamanwinangun Kebumen ini memang terlihat seperti hidangan soto pada umumnya yakni berisi kubis, taoge, bihun, serta suwiran daging ayam.

Walau demikian, hidangan Soto Tamanwinangun ini memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Tidak heran, apabila banyak masyarakat lokal ataupun luar daerah berkunjung untuk menikmati lezatnya Soto Tamanwinangun.

makanan khas kebumen

5. Soto Tahu

Sajian khas Kebumen yang berupa soto selanjutnya yaitu Soto Tahu. Sajian Soto Tahu ini diolah dari beragam bahan seperti tauge, engkol serta tahu khas Kebumen, yang selanjutnya disiram dengan kuah sambal kacang.

Makanan ini juga tergolong kuliner yang cukup terkenal di daerah Petanahan. Meski demikian, sekarang ini kuliner Soto Tahu sudah jarang dijumpai. Pastinya, soto tahu ini menjadi makanan wajib yang harus Anda coba saat bertandang ke Petanahan, Kabupaten Kebumen.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

6. Nasi Penggel

Sajian khas Kebumen yang tidak kalah terkenal berikutnya yaitu Nasi Penggel. Biasanya, sajian Nasi Penggel ini dinikmati sebagai menu sarapan pagi bagi masyarakat lokal. Hidangan Nasi Penggel isinya berupa nasi hangat yang disajikan bersama sayur lodeh, olahan jeroan, potongan nangka muda, babat kikil, dan tetelan.

Sajian ini semakin khas karena dihidangkan dengan daun pisang pincuk. Apabila Anda bertandang ke Kebumen, maka Anda perlu mencicipi menu sarapan lezat Nasi Penggel khas Kebumen ini.

7. Yutuk Goreng

Sajian Yutuk Goreng juga menjadi salah satu daftar makanan khas Kebumen yang terkenal dan lezat. Yutuk adalah jenis hewan laut yang umumnya banyak dijumpai di pesisir pantai. Bentuk hewan ini hampir sama seperti undur-undur tetapi mempunyai cangkang.

Yutuk biasanya diolah menjadi bakwan, camilan peyek, atau aneka camilan lainnya. Tidak hanya itu, yutuk juga kerap diolah dengan cara digoreng dan dihidangkan sebagai lauk makanan.

Baca Juga: Makanan Khas Padang

8. Jipang Kacang

Sajian khas Kebumen berikutnya berupa camilan Jipang Kacang. Jipang Kacang adalah camilan yang diolah dari bahan kacang tanah serta gula merah. Terlebih dahulu Kacang tanah terlebih dahulu disangrai dengan pasir lalu ditumbuk kasar kemudian dicampur dengan gula merah cair.

Selanjutnya, Jipang dibentuk kotak kemudian dibungkus dengan daun pisang. Jipang kacang menjadi salah satu camilan yang kerap dijadikan oleh-oleh khas Kebumen.

9. Lanting

Sajian lanting juga tergolong camilan ataupun makanan khas Kebumen yang tidak kalah menarik. Lanting adalah camilan yang diolah dari bahan singkong serta dibentuk dua bulatan seperti angka delapan.

Lanting mempunyai tekstur yang renyah dan cita rasa gurih. Tidak hanya dikonsumsi sebagai camilan, lanting juga sangat cocok dinikmati sebagai lauk pendamping untuk beragam menu makanan. Apabila Anda berkunjung ke Kebumen, lanting dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

10. Bengkoang Kebumen

Sajian khas Kebumen yang terakhir yaitu bengkoang. Perlu diketahui, bahwa Kabupaten Kebumen populer sebagai daerah yang menghasilkan buah bengkoang unggulan.

Bengkoang Kebumen populer dengan kulitnya yang berwarna putih dan manis. Buah ini juga dapat menjadi salah satu oleh-oleh sajian khas Kebumen yang dapat Anda bawa pulang ke rumah.

Itulah beberapa makanan khas Kebumen yang wajib untuk Anda cicipi ketika berkunjung ke daerah ini. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.