Makanan Khas Sumatera Barat

makanan khas sumatera barat

makanan khas sumatera barat

Makanan Khas Sumatera Barat – Kuliner Sumatera Barat memang terkenal di Indonesia. Rumah makan Padang bisa kita temui di berbagai provinsi di Indonesia.

Rendang adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang dinyatakan sebagai makanan terlezat di dunia. Masakan dengan cita rasa rempah yang begitu kuat satu ini asalnya dari daerah Sumatera Barat, Indonesia.

Tidak hanya rendang yang dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terlezat di dunia, masih ada makanan khas Minang alias Sumatera Barat lain yang sayang untuk Anda lewatkan.

Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Sumatera Barat yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Anda Coba!

makanan khas sumatera barat

1. Rendang Paru

Hampir semua orang di Indonesia mengetahui bahwa rendang adalah salah satu kuliner khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

Anda pasti sudah biasa menjumpai masakan rendang daging di berbagai rumah makan Padang. Lalu, bagaimana dengan rendang paru? Pastinya sebagian dari Anda belum pernah mencoba masakan lezat yang satu ini.

Rendang paru sendiri memanfaatkan bumbu rendang seperti pada umumnya. Tetapi, penggunaan santannya 1,5 lebih banyak jika dibandingkan dengan rendang biasa.

Tidak hanya itu, bahan yang digunakan yakni paru paru sapi, sehingga warnanya lebih kecoklatan dan teksturnya sedikit lebih keras. Hidangan satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati rendang dengan sensasi berbeda.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

makanan khas sumatera barat

2. Sate Padang

Siapa yang tidak mengetahui sate padang? Rasanya menu sate dengan cita rasa yang dominan manis serta terdapat aroma khas pemanggangan ini telah menjadi ikon kuliner khas dari daerah Padang Sumatera Barat.

Sate padang umumnya memakai lidah dan daging sapi sebagai bahan utamanya, yang selanjutnya ditambah berbagai bumbu. Tidak hanya daging serta lidah sapi, banyak juga yang menggunakan jeroan seperti usus, jantung ataupun paru sebagai bahan dasar sate tersebut.

Para pedagang biasanya menyajikan sate padang ini dengan tambahan irisan ketupat, yang selanjutnya ditutup oleh bumbu kuah. Pastinya Anda juga dapat memilih nasi hangat, sebagai pendamping sate.

makanan khas sumatera barat

3. Sate Lokan

Makanan khas Sumatera Barat selanjutnya yakni sate lokan. Jika sate padang diolah dari bahan daging sapi, maka berbeda dengan kuliner sate yang satu ini.

Sate lokan menggunakan kerang hijau sebagai bahan dasar. Biasanya, masakan ini sangat mudah ditemukan di daerah pesisir, seperti Padang, Pesisir Selatan dan juga Pariaman.

Pada sate lokan, biasanya kerang akan melalui proses perebusan terlebih dahulu, baru selanjutnya ditusuk-tusuk dan dibakar sampai kecoklatan.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat bumbu dari sate tersebut yaitu jintan, tepung beras, kunyit, jahe, bawang merah, cabai merah, lengkuas, bawang putih, serai, ketumbar, serta merica.

Baca Juga: Makanan agar Haid Cepat Keluar

makanan khas sumatera barat

4. Nasi Kapau

Nasi kapau dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan nasi Padang. Untuk nasi Padang sendiri telah begitu populer dan sangat mudah ditemukan. Nasi kapau adalah menu kuliner khas daerah Bukittinggi. Perbedaan antara nasi kapau dengan nasi Padang ini, yaitu pada cara penyajiannya.

Sebab, lauk pauk dari nasi kapau biasanya akan langsung dipajang di atas meja. Selain itu, ada salah satu lauk pada nasi kapau yang cukup berbeda dengan nasi Padang dari segi rasa.

Lauk ini yaitu gulai kapau, yang diolah dari nangka, kol, dan juga kacang panjang. Gulai kapau ini mempunyai rasa sedikit asam dengan kuah yang berwarna kuning. Sedangkan untuk lauk lainnya, tidak jauh berbeda dengan yang tersedia pada nasi Padang.

makanan khas sumatera barat

5. Ayam Pop

Ayam pop adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang pastinya sudah kerap Anda dengar. Hal ini karena hidangan yang satu ini menjadi salah satu andalan di berbagai restoran Padang.

Bahan baku hidangan ini yaitu ayam kampung, yang selanjutnya diberi bumbu seperti lengkuas, bawang putih, bawang merah, garam, daun salam, jeruk nipis, serta juga tambahan air kelapa.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

6. Gulai Paku

Seperti dengan namanya, makanan unik satu ini menggunakan tumbuhan paku atau pakis sebagai bahan utamanya. Tumbuhan paku yang menjadi pilihan yaitu tumbuhan paku muda dengan jenis seperti semanggi, bracken dan ostrich fern. Umumnya, menu gulai ini akan dihidangkan bersama dengan tambahan ikan asin jambal, ikan teri dan udang.

7. Gulai Gajebo

Makanan khas Sumatera Barat memang banyak yang terdiri dari gulai, salah satunya yang juga tidak kalah lezatnya yaitu gulai gajebo.

Kuliner satu ini memiliki kuah layaknya gulai pada umumnya serta memakai berbagai potongan daging berlemak. Perbedaannya dengan gulai lainnya yaitu pada gajebo tidak memakai santan dalam pembuatan kuahnya.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Vitamin E

8. Soto Padang

Soto padang juga menjadi salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang sudah populer di seantero negeri. Pada dasarnya, soto memang menjadi salah satu masakan dari Indonesia yang terdapat di berbagai daerah.

Perbedaan soto Padang dengan soto jenis lainnya, yakni daging sapi yang dipakai terlebih dahulu digoreng kering baru selanjutnya dipotong kecil kecil (biasa disebut dendeng).

9. Nasi Sala

Nasi sala merupakan makanan yang berasal dari daerah Pariaman. Kuliner khas Sumatera Barat satu ini berupa nasi dengan lauk ikan. Hal ini mengingat bahwa Pariaman sendiri adalah kawasan pantai.

Tidak heran apabila kuliner khasnya juga tidak jauh-jauh dari hasil laut. Biasanya satu porsi nasi sala akan dibungkus memakai daun pisang, berisi nasi ikan kembung serta sambal.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

10. Dendeng Balado

Dendeng adalah masakan berupa daging sapi yang sudah dikeringkan. Pertama-tama, daging sapi akan dipotong kecil-kecil lalu dikeringkan, kemudian selanjutnya diberi bumbu balado.

Karena telah dikeringkan, makanan satu ini dapat dikatakan cukup kuat dan bisa bertahan berhari-hari. Oleh sebab itu, terkadang para wisatawan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

11. Kalio

Mungkin nama makanan kalio belum terlalu familiar bagi beberapa orang. Padahal kemungkinan makanan satu ini sudah cukup kerap Anda temui. Kalio sendiri adalah rendang setengah jadi, sebab waktu masaknya jauh lebih singkat.

Mempunyai sedikit perbedaan dari rendang biasa, yakni pada warna dan teksturnya. Kalio ini mempunyai tekstur yang empuk serta basah dengan warna coklat.

Baca Juga: Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

12. Asem Padeh Daging

Makanan khas Sumatera Barat selanjutnya yakni asem padeh daging, yang umumnya banyak disajikan dalam acara adat seperti pernikahan.

Walau biasanya memakai bahan daging sapi, tetapi ada juga yang membuat menu ini dengan memakai ikan atau daging ayam. Masakan dengan rasa pedas serta asam ini jika diperhatikan secara sekilas akan tampak seperti rendang.

13. Martabak Kubang

Penamaan martabak satu ini sesuai dengan daerah asalnya yakni Nagari Kubang. Isi dari martabak kubang sendiri yakni rendang atau daging sapi cacah yang selanjutnya diberi tambahan daun bawang.

Ukurannya dapat dikatakan jauh lebih besar jika dibandingkan martabak pada umumnya. Tidak hanya itu, menu ini juga dihidangkan bersama kuah dengan rasa manis asam pedas.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati

14. Gulai Itiak Lado Mudo

Satu lagi gulai yang dimasak tanpa memakai santan yakni gulai itiak lado mudo. Hidangan satu ini adalah gulai yang terbuat dari daging bebek muda yang selanjutnya diberi tambahan cacahan cabai hijau. Dikarenakan memakai daging bebek muda, Anda akan memperoleh tekstur daging yang lebih empuk.

15. Gulai Banak

Masakan gulai banak adalah salah satu kuliner khas Sumatera Barat. Dari segi bumbu, gulai banak memang tidak berbeda jauh dengan gulai pada umumnya.

Namun, bila umumnya gulai memakai daging ayam atau daging sapi, maka gulai banak memilih memakai bahan dari otak sapi. Sehingga tekstur yang dimilikinya yang lembut dan juga lezat.

Baca Juga: Buah untuk Darah Tinggi

Sebagai dataran yang mempunyai salah satu kuliner terlezat di dunia, maka tidak heran apabila Sumatera Barat juga memiliki aneka menu andalan lezat lainnya yang begitu khas.

Itulah berbagai makanan khas Sumatera Barat yang wajib Anda coba. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan.