Makanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah

makanan khas jawa tengah

Makanan Khas Jawa Tengah – Jika berkunjung ke suatu daerah, makanan khas memang menjadi salah satu daya tarik yang sangat menggoda untuk dicicipi. Kurang lengkap rasanya jika sudah tiba di suatu tempat, namun kita tidak mencoba makanan khasnya.

Setiap daerah, tentu mempunyai cita rasa tersendiri, sehingga setiap daerah mempunyai tradisi kuliner yang berbeda-beda. Bagi wisatawan, hal ini mungkin menjadi sebuah pengalaman tersendiri untuk coba mencicipi makanan daerah tersebut.

Salah satu daerah yang akan kami ulas kali ini yaitu Provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya memiliki tempat wisata yang keren, Provinsi Jawa Tengah juga mempunyai makanan khas daerah yang lezat dan tentunya bikin nagih. Jawa Tengah terdiri dari sejumlah daerah dan setiap daerah memiliki makanan khasnya yang sangat memanjakan lidah. 

Lantas, apa saja makanan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan kelezatannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Jawa Tengah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Khas Jawa Tengah yang Perlu Anda Coba!

makanan khas jawa tengah

1. Lumpia

Lumpia adalah makanan khas Jawa Tengah dari Semarang. Makanan satu ini sangat cocok dimakan ketika masih hangat, terlebih dengan cabai.

Umumnya, isian dari lumpia khas Semarang berupa rebung (bambu muda). Tetapi, isian lumpia di setiap daerah dapat berbeda, ada yang isinya daging ayam, telur, udang, maupun sayuran.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

makanan khas jawa tengah

2. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting gepuk adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Salatiga. Bahan dasar untuk membuat makanan satu ini yaitu kacang tanah yang ditumbuk atau digepuk lalu dipadatkan. Namun, sebelumnya telah dicampur dengan gula jawa terlebih dahulu supaya semua menyatu.

makanan khas jawa tengah

3. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah kuliner khas Jawa Tengah yang berasal dari Pati. Biasanya, nasi gandul ini dihidangkan di daun pisang dengan lauk daging sapi yang kemudian disiram kuah segar. Dijamin kelezatannya akan membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Vitamin E

makanan khas jawa tengah

4. Nasi Tiwul

Nasi tiwul adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Solo. Makanan satu ini berupa nasi liwet yang dihidangkan dengan potongan ayam dan labu siam.

makanan khas jawa tengah

5. Rondo Royal

Rondo royal adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari olahan tape singkong yang digoreng dengan adonan tepung. Makanan rondo royal ini memiliki rasa yang manis serta gurih. Tentunya makanan satu ini unik sekali karena tidak ada di daerah lain.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati

6. Soto Kudus

Sesuai dengan namanya, soto Kudus adalah kuliner khas Jawa Tengah yang merupakan sajian khas Kota Kudus. Sekarang Soto Kudus terdapat banyak variasi, ada yang menggunakan daging sapi ataupun daging ayam.

7. Gethuk

Makanan khas Jawa Tengah ini merupakan makanan yang bahan dasarnya singkong. Warna asli gethuk ini yaitu putih, namun kini sudah tersedia aneka warna supaya lebih menarik.

Baca Juga: Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

8. Wajik

Wajik diolah dari beras ketan yang dimasak dengan campuran gula jawa. Umumnya, rasa manis wajik ini karena menggunakan gula jawa, sehingga menjadikan rasanya khas.

Namun sekarang banyak wajik yang warnanya beraneka macam, ada pink, hijau, merah serta warna lainnya. Jika wajik yang warna-warni, biasanya pemanisnya tidak memakai gula jawa, namun gula pasir.

9. Mangut Beong

Makanan khas Magelang ini mempunyai rasa yang lezat. Masakan satu ini terbuat dari daging ikan beong yang tidak mudah hancur diolah dan tidak begitu lembut.

Baca Juga: Manfaat Minuman Yakult

10. Brekecek

Brekecek adalah makanan khas dari daerah Cilacap. Meskipun namanya sedikit aneh, namun jika sudah mencicipi rasanya, mungkin Anda bakal ketagihan.

11. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang merupakan nasi dengan kuah yang lebih banyak daripada isinya. Hal inilah yang menjadikan makanan satu ini disebut grombyang-grombyang. Umumnya, nasi Grombyang ini terdiri dari nasi, daging sapi dan kuah.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

12. Getuk Goreng

Getuk goreng merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Makanan getuk goreng ini memiliki rasa yang manis-manis gurih. Untuk membuat getuk goreng ini, bahannya yaitu singkong. Sedangkan rasa manisnya berasal dari gula Jawa ataupun gula merah.

Secara tidak sengaja, Sanpirngad pertama kali menemukan getuk goreng ini pada tahun 1918. Beliau adalah seorang penjual nasi. Tidak hanya nasi, beliau juga menjual getuk, namun getuk yang dijualnya tidak laku.

Alhasil, Sanpirngad memutar otak. Beliau kemudian menggoreng gethuk yang tidak laku tersebut. Ternyata, getuk yang digoreng tadi justru diminati oleh masyarakat.

13. Jenang Kudus

Biasanya, jenang Kudus ini dijadikan oleh-oleh khas pada saat sedang bepergian ke Kota Kudus. Penyajian penjualan jenang Kudus umumnya dalam bentuk memanjang serta dibungkus memakai plastik bening.

Anda dapat membeli dalam kiloan atau yang telah dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Jenang Kudus ini mempunyai rasa manis serta berteksturnya legit. Kelezatan rasa dari jenang telah populer, bahkan sampai mancanegara.

Baca Juga: Buah untuk Darah Tinggi

14. Mie Ongklok

Mie Ongklok adalah mie yang direbus serta diracik bersama kol. Tidak hanya itu, terdapat potongan daun kucai. Kuahnya sendiri menggunakan kanji, sehingga lebih kental dari mie kuah biasanya.

Kenapa dinamai mie ongklok? Sebab, menggunakan ongklok atau sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu dan digunakan untuk merebus mie ke dalam kuahnya.

15. Garang Asem

Garang asem adalah kuliner khas Jawa Tengah yang berbahan dasar daging ayam. Makanan satu ini dimasak bersama santan serta memanfaatkan daun pisang sebagai bungkusnya. Rasa dari garang asem ini yaitu asam pedas.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

16. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer di daerah Banyumas dan Purwokerto. Bahkan, sebagian besar warung yang terdapat di daerah Jawa Tengah menjual gorengan tempe mendoan ini.

Orang Purwokerto dan Banyumas hingga sekarang jika menyebut tempe yang digoreng tepung sampai garing pun juga disebut mendoan.

Itulah berbagai makanan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan kelezatannya yang wajib Anda cicipi. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.