Makanan Khas Tangerang

makanan khas tangerang

makanan khas tangerang

Makanan Khas Tangerang – Berbicara mengenai kuliner, Tangerang menjadi salah satu kawasan kota besar yang mempunyai hidangan khas. Terdapat banyak kuliner yang mempunyai rasa unik dan lezat yang tentunya bikin nagih.

Berbagai kuliner tersebut yaitu mulai dari hidangan pembuka, kudapan manis, sampai makanan utamanya. Jadi, jika Anda berencana berkunjung ke Kota Tangerang, maka Anda wajib untuk mencicipi aneka makanan khasnya.

Lantas, apa saja makanan khasnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Tangerang yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Makanan Khas Tangerang yang Wajib Anda Cicipi!

makanan khas tangerang

1. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum adalah salah satu kuliner khas Tangerang yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Terlebih bagi pecinta kuliner sumsum tulang, maka sajian ini wajib ada dalam daftar makanan yang akan Anda coba.

Nasi sumsum ini berasal dari bahan dasar nasi putih, lalu diberi tambahan sumsum yang berasal dari sapi atau kerbau. Makanan satu ini dimasak dengan proses yang lumayan panjang. Nasi perlu dimasak hingga matang, kemudian dipadukan dengan tambahan rempah-rempah.

Selanjutnya, nasi diberi tambahan sumsum daging lalu dibungkus dengan daun pisang. Supaya aromanya semakin harum, maka proses berikutnya nasi ini dibakar dengan memakai arang.

Baca Juga: Makanan Korea Halal

makanan khas tangerang

2. Garang Asem

Makanan berikutnya yang wajib Anda coba yakni Garang Asem. Makanan yang cocok dinikmati saat cuaca panas ini mempunyai cita rasa yang segar dari kuahnya karena rasa pedas dan ditambah asem.

Garang asem menjadi salah satu makanan favorit yang ada di Tangerang. Sebab, kelezatan rasanya yang berasal dari gurihnya santan serta belimbing sayur. Bahan dasar yang dipakai untuk memasak makanan khas Tangerang satu ini yaitu daging bebek serta daging ayam.

Selanjutnya, daging ini akan dimasak dengan memakai daun pisang lalu disiram dengan santan cair. Tetapi sebelumnya, santan cair tersebut dipadukan dengan bumbu. Kemudian, garang asem dikukus sampai matang dan siap dihidangkan.

makanan khas tangerang

3. Sate Bebek

Jika di daerah lain bebek dimasak menjadi lauk atau sajian berkuah, maka di Kota Tangerang bebek diolah menjadi hidangan yang berbeda. Di sini, bebek diolah sebagai menu sate yang sangat menggugah selera.

Bebek yang diketahui dengan dagingnya yang sedikit alot mampu dihidangkan dengan cara khusus, sehingga dagingnya lebih empuk dan rasanya lebih lezat.

Sate bebek diolah dengan beberapa proses. Proses pertama, yaitu daging bebek direndam terlebih dahulu sebelum masuk proses pembakaran. Selanjutnya, daging bebek perlu ditusuk memakai bambu khusus.

Daging bebek yang sudah ditusuk tersebut harus dibakar sampai setengah matang. Setelah itu, masukkan lagi ke bumbu yang sudah dicampur dengan kecap, kemudian bakar sampai matang.

Baca Juga: Makanan Khas Cianjur

makanan khas tangerang

4. Sate Bandeng

Tidak hanya sate bebek, ada juga kuliner khas Tangerang lainnya yang tidak dapat dijumpai di daerah lain yakni Sate Bandeng. Hidangan satu ini menjadi makanan terkenal yang senantiasa diburu oleh para wisatawan, sebab cita rasanya yang menggugah selera dan khas.

Bagaimana tidak, salah satu makanan khas Tangerang ini diolah dengan rempah-rempah serta menggunakan teknik memasak khusus. Sebelum diproses menjadi sate, duri ikan bandeng akan dibuang terlebih dahulu. Selanjutnya, bandeng tersebut dijepit dengan memakai bilah kayu atau bambu.

Supaya meresap, maka rempah-rempahnya perlu dimasukkan ke dalam kantung bandeng dengan bambu tersebut. Kemudian, sate bandeng siap dipanggang hingga matang.

makanan khas tangerang

5. Sayur Besan

Masakan khas Tangerang berikutnya yakni Sayur Besan. Sama dengan namanya, masakan satu ini juga mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Untuk mencicipi hidangan berkuah ini Anda tidak perlu khawatir kesusahan untuk menemukannya.

Hal ini karena sayur Besan mudah untuk ditemukan di warung-warung yang terdapat di Tangerang. Dijamin, ketika menyantapnya Anda akan ketagihan. Sebab, sayur besan diolah dari beberapa kombinasi bahan, seperti santan, bunga tepu, dan rempah-rempah.

Tidak hanya, ada juga bahan lainnya yang dipadukan di dalam seporsi makanan ini, yaitu seperti kentang, kembang kol, dan soun. Sayur ini dapat dijadikan sebagai hidangan pendamping ataupun disantap langsung.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

6. Gecom

Gejom juga merupakan salah satu hidangan yang masuk dalam daftar makanan yang perlu Anda coba saat berkunjung ke kota Tangerang. Hidangan satu ini sangat unik dan tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Makanan ini terbuat dari tauge dan oncom, kemudian diolah dengan bumbu rempah-rempah pilihan yang lezat.

Dalam seporsi Gecom umumnya dihidangkan dengan kecap khas Tangerang. Proses memasaknya pun cukup unik, sebab memakai wajan datar dan serok. Alat tersebut dipakai untuk meracik toge dan mie. Selanjutnya, racikan mie serta tauge ini disiram dengan saus yang berasal dari rempah-rempah, oncom, serta kecap khas Tangerang.

7. Laksa Tangerang

Bagi Anda penggemar kuliner mie, maka Anda perlu mencicipi makanan Laksa Tangerang. Makanan sepinggan ini diolah dari tepung beras yang dikreasikan menjadi mie. Sehingga, teksturnya sendiri sedikit lebih kasar.

Penyajian hidangan Laksa Tangerang ini diberi tambahan pelengkap seperti kuah bumbu kuning, daging ayam, telur ayam dan taburan daun kucai.

Baca Juga: Makanan Khas Padang

8. Pindang Bandeng

Tidak hanya sate bandeng, ada lagi hidangan dari bahan dasar ikan Bandeng khas Tangerang yakni Pindang Bandeng. Walaupun memiliki duri yang banyak, tetapi kuliner ini mampu diolah menjadi daging yang gurih dan lembut.

Pindang bandeng diolah dengan memanfaatkan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, daun salam, dan kunyit. Tidak heran apabila rasanya menggugah selera.

9. Ceplis

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Tangerang dan ingin membawa oleh-oleh, maka Anda dapat memilih Ceplis. Kudapan yang termasuk dalam daftar makanan khas Tangerang ini mempunyai rasa manis serta gurih.

Bahan dasar makanan ini yaitu melinjo, sehingga cita rasa yang dihasilkan cukup khas. Anda dapat dengan mudah menemukan kudapan ini di pusat oleh-oleh yang ada di Tangerang.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

10. Pecak Gabus

Seperti dengan namanya, hidangan ini diolah dari ikan gabus sebagai bahan utamanya. Sebagai alasan tersebut, Pecak Gabus senantiasa menjadi favorit banyak orang untuk disantap.

Rasanya yang gurih dan pedas membuat siapa saja ketagihan. Terlebih apabila makanan ini dinikmati saat makan siang bersama dengan nasi dan lalapan.

11. Kue Gipang

Apabila Anda ingin mencicipi kudapan manis, Kue Gipang dapat dipilih. Mempunyai tekstur renyah dan rasa manis, kue satu ini menjadi makanan yang senantiasa diburu para wisatawan.

Rasa manis Kue Gipang terbuat dari air gula yang dipadukan dengan ketan. Walaupun diolah dari bahan sederhana, rasanya begitu menggoda selera.

Baca Juga: Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

12. Ketan Bintul

Tidak hanya kue Gipang, ada lagi kudapan tradisional Tangerang yang diolah dari ketan. Hidangan ini bernama Kental Bintul. Biasanya, jajanan ini dihidangkan di atas daun pisang, lalu diberi kelapa parut.

Bagi Anda yang hendak mencicipi Ketan Bintul, maka Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau pedagang yang ada di pinggir jalan.

13. Kue Jorong

Bagi penyuka makanan tradisional, makanan satu ini pastinya akan membuat ketagihan. Kue ini mempunyai rasa yang manis, sebab penyajiannya disiram dengan gula merah cair. Uniknya lagi, kue Jorong dicetak memakai daun pisang. Sehingga, memiliki aroma lebih khas apabila disantap.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Tangerang yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Selain mengunjungi tempat wisata yang terdapat di kota tersebut, tidak ada salahnya juga mencoba makanan khasnya. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan Anda.