makanan khas padang

Makanan Khas Padang

Posted on

makanan khas padang

Makanan Khas Padang – Masakan khas Padang memang terkenal mempunyai cita rasa yang lezat, nikmat dan tentunya sangat menggugah selera makan. Selain nasi padang, sebenarnya masih terdapat banyak kuliner khas Padang lainnya yang tidak kalah lezat untuk Anda cicipi.

Aneka masakan khas Padang memang diketahui mempunyai rasa yang khas serta kuat. Oleh karena itu, kebanyakan orang suka untuk menyantap masakan khas Padang. Beberapa hidangan seperti rendang ataupun sate padang adalah kuliner yang lebih dahulu populer di tengah masyarakat.

Untuk mencicipi masakan khas Padang sendiri juga tidak sulit, sebab banyak sekali warung masakan Padang yang menjualnya. Sehingga, kita tidak perlu pergi ke tempat asalnya terlebih dahulu ketika ingin mencicipinya.

Lantas, apa saja makanan khas Padang tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Padang menggugah selera yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Khas Padang yang Wajib untuk Anda Cicipi!

makanan khas padang

1. Rendang

Masakan khas Padang yang pertama yaitu rendang. Oleh CNN, masakan tradisional khas Padang ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, lho. Olahan daging sapi yang dimasak dengan perpaduan bumbu serta rempah ini pastinya tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

makanan khas padang

2. Sate Padang

Masakan khas Padang yang selanjutnya yaitu sate padang. Sate khas Padang merupakan kuliner tradisional ranah minang yang tidak kalah populer. Olahan dari daging sapi ini terkadang dicampurkan dengan usus dan lidah.

Masakan khas Padang ini dihidangkan dengan siraman saus kuah sate padang yang berwarna kekuningan serta bercita rasa gurih yang kaya akan rempah. Dijamin sate padang ini akan memanjakan lidah penikmatnya.

makanan khas padang

3. Dendeng Balado

Masakan khas Padang yang lainnya yaitu dendeng balado. Dendeng merupakan daging sapi yang dikeringkan sebagai metode pengawetan. Umumnya, orang Minang mengolah dendeng ini dengan bumbu balado pedas. Tentunya hidangan satu ini sangat cocok bagi Anda penggemar kuliner dengan cita rasa yang pedas.

Baca Juga: Makanan Korea Halal

makanan khas padang

4. Dendeng Batokok

Tidak hanya diolah dengan bumbu balado yang populer, masih ada hidangan dendeng khas Padang lainnya yang tidak kalah lezat, yakni dendeng Batokok. Proses pengolahan masakan satu ini yaitu dengan dipukul, yang dalam bahasa daerah Minang disebut batokok.

5. Soto Padang

Kebanyakan hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner soto dengan jenisnya yang berbeda-beda, tidak terkecuali juga soto padang.

Masakan khas Padang satu ini diolah dari irisan daging sapi dan mempunyai cita rasa gurih yang khas. Pastinya ada yang yang kurang jika ke Padang tanpa mencicipi kuliner khas Padang berkuah satu ini.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

6. Gulai Itiak

Apabila Anda seorang pencinta kuliner lezat yang berasal dari olahan daging bebek, maka hidangan khas Padang yang satu ini perlu Anda coba. Selain gurih dan kaya akan bumbu, gulai itiak ini juga tidak beraroma amis khas bebek. العاب ربح مال حقيقي

7. Gulai Tauco

Tidak hanya itik yang menjadi bahan dasar gulai khas hidangan Padang, hidangan khas Padang berikut ini yakni gulai tauco juga tidak kalah lezat. Gulai tauco diolah dari tauco yang dipadukan dengan beragam rempah-rempah khas makanan Padang. لعبه الروليت Hidangan ini juga dilengkapi dengan irisan buncis, tahu, serta udang.

Baca Juga: Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

8. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang adalah gulai sapi yang tidak kalah lezat dari Rendang. Sekilas memang tampak seperti rendang, namun yang membedakan kedua hidangan khas Padang ini yaitu kepekatan bumbunya. Selain itu, hidangan Kalio Dagiang juga lebih berkuah.

9. Cancang

Masakan khas Padang yang berikutnya yaitu cancang. Cancang merupakan olahan daging kambing yang dipotong dadu serta diolah dengan rempah dan santan yang mempunyai cita rasa pedas. Masakan satu ini cocok bagi Anda penggemar olahan daging kambing.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

10. Teh Talua

Berbicara mengenai masakan khas Padang, pastinya ada yang kurang apabila tidak ditambah dengan minuman. Berbeda dengan teh pada umumnya, sebab teh talua ini dikombinasikan dengan kuning telur dan juga air jeruk nipis serta gula yang akan menjadikan rasanya unik dan nikmat.

11. Lamang Tapai

Mempunyai cita rasa manis yang sangat khas, hidangan khas Padang dengan nama lamang tapal ini adalah makanan tradisional khas Minang yang diolah dari beras ketan. Rasanya yang manis serta teksturnya yang kenyal sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka.

Baca Juga: Makanan Awetan Nabati

12. Galamal

Makanan ringan manis khas Padang berikutnya yaitu Galamai yang populer berasal dari Payakumbuh. Hidangan khas Minang satu ini mempunyai rasa serta tekstur yang hampir sama dengan dodol yang terdapat di daerah Nusantara lainnya. لعبة الرهان الرياضي

13. Asam Padeh

Berbeda dengan masakan khas Padang lainnya, masakan Padang dengan nama asam padeh ini sama sekali tidak memakai santan dalam masakannya. Meskipun begitu, masakan satu ini masih tetap kaya akan bumbu serta rempah.

Bercitarasa pedas dan asam, masakan yang umumnya memakai ikan tongkol ini memberikan sensasi segar yang sangat menggugah selera.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

14. Ayam Pop

Hidangan khas Padang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi banyak orang. Apabila Anda tengah makan di warung makan Padang, tentu menu ini sudah menjadi andalan dan menjadi favorit banyak orang.

Ayam pop merupakan hidangan khas Padang lain yang sering dipesan di rumah makan Padang selain rendang. Tampak sederhana, namun ayam pop mempunyai cita rasa gurih yang kaya rempah serta sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan sambal Padang.

Itulah beberapa makanan khas Padang yang wajib Anda cicipi kelezatannya. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.

Baca juga  Makanan Khas Tangerang