kopi hitam terbaik

7 Jenis-jenis Kopi Hitam Terbaik yang Wajib untuk Dicoba

Posted on

Bagi pecinta kopi, kopi hitam menjadi minuman yang banyak dipilih karena memiliki efek dapat membantu menghilangkan kantuk, membuat badan terasa lebih segar, dan semangat kembali, terutama dikonsumsi pada pagi hari, apalagi kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, maka pilihlah kopi hitam terbaik.

7 Jenis-jenis Kopi Hitam Terbaik yang Wajib untuk Dicoba

Biji kopi yang terbaik bisa menjadi bubuk kopi yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan dan ada dua varian kopi yang dibudidayakan di Indonesia sampai sekarang adalah kopi arabika dan kopi robusta.   Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kopi, di sini ada berbagai ulasan  tentang jenis-jenis kopi, terutama kopi hitam yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Jenis-jenis Kopi Hitam yang Wajib Dicoba

  1. Espresso

    Espresso dikenal sebagai kopi hitam yang memiliki rasa pahit sedikit.  Espresso sendiri merupakan dasar dari seluruh menu kopi yang ada, dengan rasanya beraneka macam sesuai dengan biji kopi yang digunakan, seringkali dibuat minuman dengan menambahkan crema tebal, apalagi mempunyai rasa manis, halus, dan lembut, serta sedikit rasa pahit memberikan sensasi yang berbeda.

  2. Americano

    Jenis kopi hitam yang turunan dari espresso. Perbedaannya americano lebih versi encer dari espresso karena campuran espresso dengan air panas dan mempunyai rasa yang lebih segar, sehingga sangat cocok jika diminum dengan menambahkan es batu.

  3. Long Black

    Mungkin jenis kopi hitam yang satu ini masih terdengar asing, akan tetapi tidak berbeda jauh dengan americano, jenis kopi yang satu ini lagi wajib untuk dicoba bisa Anda coba.

  4. Doppio

    Doppio salah satu jenis kopi hitam yang sama seperti espresso. Doppio sendiri dapat  diartikan “double” jadi ketika memesan Doppio berarti sama dengan espresso yang disajikan untuk dua gelas.

  5. Tubruk

    Kopi tubruk termasuk jenis kopi hitam terbaik yang disajikan dengan cara tradisional. Kopi tubruk umumnya dibuat dengan menggunakan kopi bubuk yang telah digiling halus atau medium sesuai dengan selera. Pembuatan kopi tubruk cukup disiram dengan air panas mendidih dan aduk, kemudian diamkan sebentar agar ampasnya tenggelam ke dasar cangkir.

  6. Kothok

    Jenis kopi kothok termasuk kopi yang mempunyai rasa tradisional dan ini wajib untuk dicoba. Kopi kothok sendiri merupakan tumbukan biji kopi yang diseduh bersama gula dan air yang dapat menghasilkan rasa pekat, sehingga sangat  unik dan nikmat.

  7. Ristretto

    Ristretto salah satu jenis kopi hitam yang paling kuat karena takaran ekstrak kopi lebih banyak dibandingkan air panas dan ristretto biasanya disajikan dalam gelas ukuran lebih kecil dari espresso.

Ada berbagai jenis kopi hitam terbaik dari berbagai negara yang memang sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk kopi hitam dari Indonesia. Bagi pecinta kopi, baik berupa biji atau bubuk aroma kopi dapat memberikan rasa tenang dan nyaman ketika meminumnya.

Baca juga  Apakah Yang Dimaksud Dengan Teknologi Pangan