Pengertian Dan Manfaat Penting Biji Kopi Robusta Bagi Kesehatan

Posted on

Simak pengertian dan manfaat penting biji kopi robusta bagi kesehatan – Minum kopi sepertinya sudah menjadi salah satu tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab dengan cita rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan anak muda zaman sekarang. Berbicara mengenai kopi, salah satu jenis kopi kekinian yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat yakni biji kopi robusta. Namun yang jadi pertanyaannya disini adalah, apa sebenarnya kopi rubusta tersebut dan apa saja kira – kira manfaatnya bagi kesehatan?

Sekilas tentang biji kopi robusta

Tahukah Anda, bahwa kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat saat ini. Dimana, kopi jenis ini dikenal sebagai turunan dari spesies Coffea canephora. Kopi robusta jenis ini biasanya sering kali tumbuh di daerah dataran rendah. Akan tetapi, lokasi yang paling baik untuk membudidayakan tanaman ini yakni pada ketinggian kurang lebih sekitar 400 – 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sekadar informasi saja, bahwa biji kopi berkualitas robusta ini sendiri berasal dari kata ‘robust’ yang memiliki arti kuat, dengan kata lain yakni memiliki tingkat kekentalan yang kuat. Adapun untuk suhu terbaik untuk membudidayakan kopi jenis robusta ini sendiri adalah sekitar 24 – 30 derajat Celcius dengan tingkat curah hujan sekitar 2.000 – 3.000 mm per tahun.

Bukan hanya itu saja, jenis kopi robusta ini juga dinilai cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Biasanya, tanaman ini akan berbuah ketika sudah berumur 2 sampai 5 tahun. Sementara itu, untuk bisa menghasilkan buah yang baik, maka disarankan agar tanaman ini memerlukan waktu pengeringan selama kurang lebih 3 – 4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan.

Apakah perbedaan biji kopi asli robusta dan kopi arabika?

Banyaknya para pecinta kopi seperti sekarang ini, sering kali dijadikan sebagai peluang bagi para pebisnis untuk membuka usaha warung kopi. Selain dinilai menguntungkan, usaha warung kopi sendiri juga terbilang mudah untuk dilakukan. Adapun kopi yang biasanya disajikan disini yakni jenis kopi robusta dan kopi arabika.
Meskipun kedua kopi tersebut sama – sama paling banyak diminati dan sering kali menjadi jenis biji kopi untuk espresso, akan tetapi kedua jenis kopi tersebut juga ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satunya yakni kopi robusta dinilai cenderung lebih pahit jika dibandingkan dengan jenis kopi arabika. Selain itu, ada juga perbedaan lainnya antara kopi robusta dan kopi arabika yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh semua orang.

Oleh karena itu, di pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih detail terkait perbedaan antara kopi robusta dengan kopi arabika. Dimana, perbedaan – perbedaan tersebut bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

• Perbedaan kopi dari segi perawatan

Salah satu perbedaan yang bisa Anda lihat dari kopi robusta berkualitas dan kopi arabika bisa dilihat dari segi perawatannya. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya tanaman umumnya tidak bisa terhindar dari penyakit ataupun hama. Apalagi penyakit tanaman ini nantinya bisa berpengaruh pada kopi yang dihasilkan. Pada kopi jenis robusta umumnya akan bersifat lebih tahan terhadap hama jika dibandingkan dengan kopi jenis arabika.
Bahkan jika dilihat dari segi perawatannya sendiri, kopi jenis robusta ini lebih gampang. Hal ini dikarenakan, buah arabika lebih mudah rontok dari tangkainya ketika sudah matang, sehingga perlu berhati – hati saat memanen. Berbeda dengan kopi robusta yang matang akan cenderung tetap menempel kuat di tangkainya.

• Perbedaan kopi robusta vs kopi arabika dari segi ukuran

Selain dari segi perawatan, perbedaan antara biji kopi enak robusta dan kopi arabika juga bisa terlihat dari segi ukurannya. Dalam hal ini, Anda bisa melihat ukuran dari kedua jenis kopi tersebut yang memiliki perbedaan cukup jauh sehingga mudah untuk dikenali. Yakni mana yang merupakan kopi robusta dan mana yang merupakan kopi arabika.

Untuk kopi robusta, biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis kopi arabika yang memiliki ukuran besar. Bahkan, bentuk biji kopi robusta ini sendiri juga berbentuk cenderung membulang, sedangkan biji kopi arabika terlihat lonjong.

• Perbedaan kopi dari segi aroma dan cita rasa yang dihasilkan

Perbedaan lain antara kopi robusta berkualitas dengan kopi arabika juga bisa Anda lihat dari segi aroma dan juga cita rasa yang dihasilkan. Bagi para pecinta kopi pastinya sudah sangat mengenal mengenai perbedaan antara kedua jenis kopi tersebut, bukan? Namun, hal ini pastinya tidak berlaku bagi seseorang yang mungkin tidak terlalu mengenai kedua jenis kopi tersebut.

Pada kopi robusta sendiri, umumnya memiliki cita rasa yang dikatakan hampir mirip dengan jenis kacang – kacangan dengan rasa yang lebih pahit dan kasar. Sementara itu, pada kopi jenis arabika sendiri memiliki cita rasa sedikit asam dan warna yang tidak terlalu pekat.

Manfaat biji kopi robusta bagi kesehatan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa ternyata mengonsumsi biji kopi espresso seperti halnya kopi robusta memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Apalagi bagi seseorang penikmat kopi robusta pasti akan sangat diuntungkan ketika mengonsumsi kopi jenis robusta tersebut. Agar Anda tidak penasaran mengenai khasiat / manfaat kopi robusta, berikut akan kita ulas satu persatu.

• Menghambat terjadinya tanda – tanda penuaan dini

Salah satu manfaat dari mengonsumsi biji kopi espresso terbaik jenis robusta yakni dapat menghambat terjadinya tanda – tanda penuaan dini. Dimana dalam hal ini, seseorang yang meminum kopi sebanyak 2 – 3 setiap harinya bisa menghambat proses penuaan dini sebanyak 10% jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya. Tentu saja, ini akan sangat menguntungkan bagi seseorang yang ingin terlihat awet muda meskipun usianya terbilang matang, bukan?

• Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Manfaat lain dari mengonsumsi kopi robusta ini juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan, di dalam biji kopi jenis robusta terdapat asam antioksidan yang mampu memproteksi tubuh dari kanker serta beberapa penyakit lainnya. Dengan mengonsumsi kopi robusta, maka penyakit kanker bisa Anda minimalisir dengan baik.

• Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung bagi seseorang

Adapun manfaat lain dari kopi robusta sendiri juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Ini dikarenakan, khasiatnya mampu berperan sebagai pelindung kardiovaskuler dalam tubuh. Sehingga ketika seseorang mengonsumi biji kopi yang cocok untuk espresso jenis robusta, maka hal ini akan dapat mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung bagi seseorang.

• Dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah

Kandungan kafein pada kopi robusta juga dapat berperan penting untuk membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Bahkan, adanya kandungan nitrit oksida dalam endothelium juga diklaim mampu memperkuat sistem otot.

Demikianlah pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai pengertian dan juga manfaat penting biji kopi robusta untuk kesehatan tubuh. Baca juga artikel menarik lainya di caraprofesor.com yaa… Terimakasih.