racikan kopi hitam yang pas

Cara Menentukan Racikan Kopi Hitam Yang Pas Dan Aman Bagi Lambung

Posted on

Cara Menentukan Racikan Kopi Hitam – Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai cara memilih kopi hitam dengan kualitas terbaik, kali ini akan diuraikan mengenai racikan kopi hitam yang pas sehingga dapat menghasilkan  cita rasa terbaik sesuai selera.

Untuk mendapatkan segelas kopi hitam yang nikmat perlu ada aturan tertentu dalam proses pembuatannya. Beberapa orang akan lebih suka untuk menambahkan susu maupun cream dan lain lain . Soal rasa yang enak sebenarnya juga disesuaikan dengan selera bahkan beberapa orang mempunyai racikan kopi hitam yang pas yang disesuaikan dengan kondisi kesehatannya.

Dalam kondisi khusus misalnya bila Anda memiliki maag makan kopi yang Anda konsumsi harus disesuaikan dengan kondisi Anda dengan memilih jenis kopi dengan tingkat keasaman tang lebih rendah. Sebelum kopi tersebut diseduh hal yang harus diketahui adalah tingkat keasaman dari kopi tersebut agar tidak memberikan efek bagi kondisi kesehatan Anda.

Racikan Kopi Hitam Menurut Para Ahli Kopi

  • Seorang pemilik forty weight coffee roaster di Brooklyn Amerika Serikat, Mattew Marks memiliki rumusan racikan kopi hitam yang pas yang disesuaikan dengan konsumen di negaranya. Menurutnya seduhan kopi dengan air yang lebih banyak akan menjadikan kopi over over-extracted dan akan memiliki rasa yang pahit. Sebaliknya bila air yang diseduh justru terlalu sedikit maka kopi akan terasa hambar sehingga mengurangi kenikmatan dari kopi tersebut.
  • Menurutnya Marks, racikan kopi hitam yang pas untuk membuat 6 ons kopi akan dibutuhkan 11,25 gram kopi bubuk dengan air kira kira ¾ dari ukuran cangkir pada umumnya. Rumus takaran ini dianggap ideal dan sesuai standar dan mampu menghasilkan cita rasa kopi yang pas tanpa menguranginya. Takaran tersebut merupakan takaran yang sudah disesuaikan dengan standar industri kopi yang ada.
Baca juga  Cara Memakai Mobil Matic

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan suhu dari air seduhan kopi Anda untu menyempurnakan racikan kopi hitam yang pas dan nikmat.

Racikan Kopi Hitam untuk Penderita Maag

Bagi penderita maag tentunya untuk mendapatkan rumusan racikan kopi hitam yang pas akan disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Khusus untuk penderita maag, mereka tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi dengan level keasaman yang tinggi karena dapat mengakibatkan efek samping. Namun penambahan susu dan cream bisa menjadi solusi selain menambah cita rasa dari kopi tersebut sesuai selera.

Memastikan keasaman kopi bagi penderita maag tersebut sangatlah penting dan disesuaikan dengan kondisi lambung mereka. Bila Anda meneguk kopi setelah bangun tidur sebelum sempat mengonsumsi makanan apapun sebelumnya, kemudian bisa terasa mual maka itu sudah menunjukkan kadar tingginya asam dari kopi tersebut yang tidak sesuai dengan kondisi lambung Anda. Hal tersebut merupakan cara manual untuk mengetahui kadar asam dari kopi apakah sudah sesuai dengan lambung Anda atau tidak.

Demikian artikel singkat tentang Cara Menentukan Racikan Kopi Hitam Yang Pas Dan Aman Bagi Lambung, semoga bermanfaat, untuk informasi tentang kopi lainya bisa kunjungi Caraprofesor.com, Terimakasih atas kunjunganya.