bagaimana cara merawat tanaman dalam pot

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot?

Posted on

bagaimana cara merawat tanaman dalam pot

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot? – Umumnya, jenis pot yang menjadi wadah tidak akan mempengaruhi sebuah tanaman. Tanaman hanya memerlukan ruang yang cukup untuk mengembangkan akarnya, dan sejumlah lubang drainase yang baik guna mengalirkan kelebihan air.

Pot tersedia dalam beragam bahan, seperti keramik, kayu, terakota dan plastik. Pot terakota lebih cenderung cepat mengering dibanding pot keramik dan plastik, sehingga perlu lebih sering disiram.

Apabila Anda membeli pot terakota baru, Anda disarankan untuk merendam dalam ember yang isinya air. Rendam selama satu atau dua hari untuk melembabkan pot sebelum diisi dengan tanah. ivermectin for human use for sale

Namun, sejumlah pot plastik mungkin memerlukan lubang drainase yang dibor di bagian bawah. Lubang harus mempunyai lebar paling tidak setengah iinci, karena lubang yang lebih kecil bisa menyumbat tanah serta mencegah air mengalir.

Supaya tanaman bisa tumbuh subur di dalam pot dengan baik, maka terdapat beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara merawat tanaman dalam pot yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot?

1. Pilih Tanah yang Tepat

Isi pot Anda dengan tanah pot komersial yang berkualitas. Hindari memakai tanah langsung dari kebun karena jika kering akan menjadi massa yang kokoh serta mengeras. Tanah pot yang berkualitas harus mencakup pupuk kandang yang membusuk, kompos, perlit, lumut gambut, atau vermikulit.

2. Pilih Tanaman yang Sehat

Segala tanaman mungkin dapat ditanam di dalam wadah yang diharapkan. Kebanyakan orang gemar menanam sayuran, bunga, atau tumbuhan untuk ditaruh di beranda rumah atau teras.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu memastikan bahwa tanaman yang dipilih mampu tumbuh baik di bawah sinar matahari atau dalam kondisi teduh.

Tidak hanya itu, tanaman yang memerlukan keteduhan jangan dicampur dalam pot yang sama dengan tanaman yang memerlukan sinar matahari.

Seperti kalibrachoa, petunia, geranium dan verbena yang menyukai sinar matahari serta sejumlah tanaman tahunan yang baik untuk naungan termasuk begonia, impatiens, caladium, dan Torenia. Semua sayuran dan herba memerlukan sinar matahari penuh.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Mencegah Polusi

3. Tanam Berlapis

Untuk tampilan tanam berlapis yang cantik, maka pastikan untuk memasukkan tanaman dengan ukuran sedang yang lebat (pengisi), tanaman yang mencolok (thriller) dan tinggi, serta tanaman yang tengah mekar (spiller) di dalam pot.

Pilihlah varietas yang dapat saling melengkapi dalam bentuk serta warna daun juga. Terdapat banyak tanaman yang lebih dihargai karena dedaunannya yang indah dibanding karena bunganya.

bagaimana cara merawat tanaman dalam pot

4. Penyiraman

Dibanding tanaman yang tumbuh langsung di kebun, tanaman yang ditanam di dalam pot akan lebih sering memerlukan penyiraman. Siram setiap kali permukaan tanah sudah terasa kering ketika disentuh.

Tanaman mungkin harus disiram setiap hari selama musim panas. Hal ini juga berlaku untuk tanaman dalam pot gantung, karena tanaman pot gantung lebih cepat mengering akibat diterpa angin.

Anda bisa memakai selang taman, kaleng penyiram, atau memasang sistem irigasi tetes yang menyirami tanaman dengan pengatur waktu secara otomatis setiap hari. how to use ivermectin pour on for goats

Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan

5. Beri Pupuk Secara Teratur

Untuk menjaga sayuran dan bunga dalam keadaan prima selama musim panas, Anda perlu memupuknya. Sebagian tanah pot telah tercampur dengan pupuk lepas-lambat. Namun, ada baiknya tambahkan beberapa tetes pupuk cair setiap kali ketika menyiram.

6. Pangkas

Pangkas bunga yang sudah tua dan pudar, supaya tampilan bunga di dalam pot tetap cantik. Proses ini dinamakan deadheading yang akan menunjang terbentuknya tanaman bunga baru.

Pada spesies yang lebih besar, misalnya geranium, Anda hanya perlu memotong kepala bunga yang mati dengan gunting setek atau jari.

Sedangkan untuk tanaman semusim dengan bunga kecil, misalnya sweet alyssum, maka Anda dapat menggunting semua tanaman sekitar sepertiga dengan gunting rumput atau gunting biasa.

bagaimana cara merawat tanaman dalam pot

7. Perbarui dan Ganti Pot

Bahkan dengan perawatan yang sangat baik, sejumlah tanaman akan mulai tampak layu pada akhir musim panas. Daripada Anda mencoba menghidupkannya kembali, maka lebih baik Anda mengeluarkan tanaman dengan hati-hati dari pot

Selanjutnya, masukkan satu atau dua pengganti supaya tanaman dapat tetap hidup di dalam pot. Disarankan untuk melakukan penggantian tanaman di pertengahan sampai akhir musim panas.

Itulah cara merawat tanaman dalam pot yang dapat Anda  ikuti langkah-langkahnya. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah pengetahuan Anda dalam merawat tanaman. ivermectin and tape worms in dogs

Baca juga  Urutan Pertama Dalam kegiatan Budidaya Tanaman Pangan Adalah