14 Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut yang luar biasa

Masker wajah, Rambut
Manfaat lidah buaya untuk wajah
Manfaat lidah buaya untuk wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut agar membuatnya tampak lebih cantik dan sehat secara alami. Sekaligus cara menggunakan lidah buaya yang baik dan benar. Lidah buaya sering disebut sebagai tanaman ajaib karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang sangat mengesankan. Ke semua nutrisi ini sangat baik untuk perawatan kulit wajah dan rambut Anda. Penggunaan lidah buaya sangat luas mulai dari produk kecantikan, sampai meningkatkan kesehatan rambut.

 

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Berikut beberapa daftar manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah jerawat

Lidah Buaya memiliki sifat antiseptik, anti bakteri, dan anti jamur yang dapat membunuh kuman dan bakteri sehingga mencegah munculnya jerawat di wajah. Menggunakan lidah buaya juga relatif lebih aman sehingga bisa meminimalisir efek samping yang dapat menyebabkan iritasi. Selain mencegah jerawat, menggunakan lidah buaya secara topikal juga dapat menghilangkan jerawat di wajah. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya:

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan diantaranya: 2 sendok teh gel lidah buaya, dan satu genggam daun kemangi suci. Haluskan ke semua bahan tadi menggunakan blender kemudian campur hingga merata. Oleskan pada area wajah yang terdapat jerawat dan tunggu hingga mengering. Setelah selesai bilas wajah anda dengan air hangat.

2. Membantu menghilangkan komedo

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut yang tidak kalah penting adalah menghilangkan debu, kotoran, dan minyak berlebihan yang dapat menyebabkan komedo. Bagi Anda yang berkomedo menggunakan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena bahan ini bekerja cukup efektif dan aman untuk kesehatan wajah anda.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan lidah buaya: Campur satu sendok makan gula pasir yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan gel lidah Buaya. Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik, kemudian pijatkan secara lembut ke kulit wajah anda selama 3 sampai 4 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

3. Lidah buaya untuk mencerahkan kulit wajah secara alami

Ingin memiliki kulit cerah secara alami? menggunakan lidah buaya dan pepaya bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kedua bahan ini merupakan masker alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Pepaya memiliki kandungan vitamin yang berguna mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, sedangkan lidah buaya berguna sebagai pelembab yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan lidah buaya sangatlah mudah. Pertama ambil satu potong pepaya yang sudah masak kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan dengan 2 sendok makan lidah buaya ke dalamnya setelah itu haluskan sampai berbentuk pasta. Balurkan ke seluruh wajah dan leher secara merata kemudian lakukan pemijatan ringan selama 5 menit. Biarkan sambil bersantai setidaknya 20 menit kemudian cuci wajah anda hingga bersih dengan air dingin.

4. Menghilangkan flek hitam di wajah

Munculnya flek hitam di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Karena wajah anda yang tadinya bersih akan terlihat menjadi kotor karena hadirnya bintik-bintik hitam tersebut. Untuk menghilangkannya, Anda memerlukan bahan yang aman sekaligus bekerja cukup efektif. Diantara bahan tersebut adalah lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini memang patut diperhitungkan. Untuk menggunakannya, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

Campur antara satu 2 sdm di lidah buaya, 1 sdm bubuk kulit jeruk, dan 1 sdm jus lemon. Campur kesemua bahan tadi hingga menjadi pasta yang halus lalu terapkan pada wajah anda yang terdapat flek hitam. Biarkan selama 15 menit kemudian cuci seperti biasa. Untuk mempercepat proses penghapusan flek hitam di wajah anda, lakukan secara rutin setidaknya dua kali seminggu.

5. Lidah buaya mampu mengatasi kulit kering secara alami

Lidah buaya memiliki efek pelembab yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi pada kulit yang menyebabkan kekeringan. Kulit yang kering akan membuatnya tampak kusam dan rapuh sehingga terlihat tidak sehat. Bagi Anda yang ingin mencoba mengatasi masalah kulit kering tersebut, berikut tips penggunaan lidah buaya untuk melembabkan kulit anda.

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan diantaranya: 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 buah pisang berukuran kecil, dan 3 sendok teh minyak almond. Haluskan pisang terlebih dahulu kemudian tambahkan dengan minyak almond dan gel lidah buaya ke dalam mangkuk. Aduk hingga merata lalu oleskan pada daerah wajah dan leher yang memerlukan pelembab. Biarkan selama setengah jam lalu hapus masker lidah buaya tadi dengan menggosoknya secara lembut dengan air.

6. Pigmentasi pada kulit

Pigmentasi bisa terjadi karena banyak hal seperti sengatan matahari berlebih dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan lidah buaya secara rutin sebagai masker wajah. Manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini memang cukup mengagumkan, karena penggunaannya bisa dengan cepat mengembalikan warna alami kulit anda.

Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk wajah anda: haluskan 2 sendok makan lidah buaya dengan blender kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan dengan beberapa sendok mentimun yang sudah dihaluskan, dan 2 sampai 3 tetes air mawar. Seperti biasa, aduk semua bahan tadi hingga menyatu dengan baik lalu terapkan pada kulit gelap akibat pigmentasi tidak normal. Diamkan selama 25 menit lalu gunakan air hangat untuk mencuci wajah anda.

7. Lidah buaya berguna menghilangkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat dapat mengganggu penampilan kulit anda. Beberapa diantara bekas jerawat yang paling mengganggu adalah flek hitam dan kemerahan. Untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut Anda bisa memanfaatkan tomat dan lidah buaya sebagai masker wajah. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan Agar mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini:

Langkah pertama, persiapkan bahan-bahan seperti 2 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan mangkuk sebagai wadah. Masukkan kedua bahan tadi ke dalam mangkuk tersebut lalu campur dengan baik sehingga Anda mendapatkan pasta yang halus dan kental. Pijatkan pada kulit wajah anda selama 2 sampai 3 menit lalu biarkan duduk setidaknya 20 menit. Langkah terakhir bilas wajah anda hingga bersih sampai tidak ada masker lidah buaya yang tersisa.

8. Mencegah penuaan pada kulit

Munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah merupakan akibat dari proses penuaan. Proses ini sebenarnya hal yang wajar, akan tetapi bisa diminimalisir dengan melakukan perawatan yang tepat, tentunya menggunakan bahan yang alami. Salah satu bahan yang berpotensi cukup baik untuk menghilangkan kerutan di wajah adalah lidah buaya. Lidah buaya mampu melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya kerutan di wajah lebih cepat.

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan cepat menggunakan lidah buaya cukup gampang. Langkah pertama persiapan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 2 sendok makan lidah buaya dan 1 butir telur. Pisahkan putih telur dari kuningnya karena yang kita ambil dalam perawatan ini adalah bagian putihnya saja. Masukkan keduanya ke dalam sebuah wadah kaca lalu kocok hingga kedua belahan tadi menyatu dengan baik. Olsekan pada daerah wajah dan leher selama 15 menit, jika sudah selesai bersihkan wajah anda dari masker lidah buaya menggunakan air dingin.

9. Mengatasi wajah berminyak dengan lidah buaya

Produksi minyak yang berlebihan di kulit wajah dapat membuatnya tampak kusam dan kotor. Hal ini dikarenakan minyak akan menyerap kotoran sehingga menempel pada kulit wajah. Selain membuat kulit tampak kusam, hal ini juga berakibat kulit lebih rentan mengalami jerawat. Oleh karena itu, menghilangkan kelebihan minyak sangatlah penting untuk menjaga kesehatan wajah anda. Untungnya, salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dengan lidah buaya sangat sederhana. Anda cukup mengoleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ke kulit wajah anda yang berminyak. Biarkan hingga nutrisi dalam lidah buaya menyerap ke kulit wajah lalu bersihkan seperti biasa. Rutin melakukan perawatan ini setidaknya 3 kali seminggu akan membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang bersih dan terbebas dari jerawat.

10. Mengencangkan kulit wajah

Efek pelembab alami yang dimiliki oleh lidah buaya berguna mengencangkan kulit wajah anda secara alami. Selain efek pelembab alami, lidah buaya juga dapat membantu regenarasi sel kulit sehingga membuatnya lebih kenyal dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya yang satu ini, anda diharuskan melakukan perawatan dengan rutin dan konsisten. Berikut cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan lidah buaya:

Pertama masukkan lidah buaya ke dalam blender lalu haluskan sampai teksturnya lebih encer sehingga mudah untuk diterapkan pada kulit wajah. Tuangkan ke dalam mangkuk kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Gunakan sebagai masker wajah dengan cara mengoleskannya secara merata. Seperti biasa, anda harus membiarkan masker wajah ini di kulit selama 30 menit untuk memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dalam lidah buaya dan madu.

 

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Setelah mengetahui lebih banyak mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah, sekarang kita akan melihat apa saja yang bisa dilakukan lidah buaya untuk rambut Anda. Penasaran, mari simak ulasannya di bawah ini:

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Lidah buaya adalah bahan yang sangat sempurna untuk merawat rambut Anda. Penerapan lidah buaya secara rutin berguna meningkatkan pertumbuhan rambut. Bagi Anda yang khawatir mengalami kebotakan akibat rambut rontok, menggunakan lidah buaya secara rutin bisa dijadikan solusi. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut, Anda tinggal menerapkan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan secara merata pada rambut Anda. Lakukan setelah keramas kemudian bilas sampai bersih.

2. Mencegah ketombe

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang tidak kalah penting adalah membantu mencegah munculnya ketombe dan kulit kepala gatal. Masalah gatal pada kulit kepala merupakan hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan oleh jamur, hal ini bisa terjadi jika kulit kepala mengalami kekeringan. Lidah buaya memiliki efek pelembab yang berguna mencegah munculnya jamur di kulit kepala. Anda bisa mengaplikasikannya secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Menghitamkan rambut secara alami

Ingin memiliki rambut yang hitam secara alami? tidak usah menggunakan pewarna pada rambut. Cukup dengan mengaplikasikan lidah buaya secara rutin. Selain aman, penggunaan lidah buaya juga mampu memberikan hasil maksimal. Cara menggunakan lidah buaya untuk menghitamkan rambut sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya pada rambut Anda secara merata kemudian biarkan selama 1 jam. Jika sudah selesai bisa sampai bersih hingga tidak ada gel lidah buaya yang masih menempel.

4. Menebalkan rambut secara alami

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut yang tidak kalah penting adalah membantu melebatkan dan menyehatkan rambut Anda. Rambut yang tipis membuatnya mudah rontok dan rapuh. Untungnya, lidah buaya bisa digunakan sebagai masker rambut yang berguna membuatnya tampak lebih tebal dan hitam. Penggunaan lidah buaya setidaknya dua kali sebulan akan membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat, halus, dan kuat.

 

Efek samping lidah buaya

Meskipun lidah buaya aman untuk sebagian besar orang, akan tetapi penerapan lidah buaya secara topikal di kulit wajah atau mengkonsumsinya secara langsung ternyata memiliki efek samping. Efek samping ini sangat jarang sekali dialami, Akan tetapi anda tetap perlu memperhatikannya.

Bagi Anda yang sedikit ragu menggunakan lidah buaya, sebaiknya lakukan tes kepekaan kulit terlebih dahulu dengan cara menerapkan lidah buaya ke kulit tangan anda. Biarkan selama 1 jam untuk melihat apakah kulit anda bereaksi buruk pada lidah buaya atau tidak. Jika tidak ada Anda bisa meneruskan penggunaannya pada kulit wajah atau rambut.

Selain itu, penggunaan lidah buaya secara internal juga harus mendapatkan perhatian khusus. Bagi Anda yang tidak pernah mengkonsumsi lidah buaya sama sekali, sebaiknya jangan terlalu banyak. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari efek buruk lebih parah jika anda termasuk orang yang alergi terhadap lidah buaya. Reaksi alergi yang ditimbulkan oleh lidah buaya pada wajah biasanya ditandai dengan ruam pada kulit. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera hentikan penggunaan lidah buaya.

Demikian tadi beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut Anda. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bagi anda bahwa memanfaatkan bahan alami sangat diperlukan dibandingkan terus menerus menggunakan produk kimia sebagai bahan perawatan kulit wajah dan rambut.