cara mengatasi wajah berminyak

20 Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dan efektif

cara mengatasi wajah berminyak
image from food.ndtv.com

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami sekaligus informasi mengenai penyebab munculnya minyak di wajah yang perlu Anda ketahui untuk melakukan pencegahan. Memiliki wajah berminyak tentu sangat tidak mengenakkan. Selain mengganggu penampilan, wajah berminyak juga rentan mengalami jerawatan. Sebenarnya minyak di wajah anda memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah melembabkan kulit secara alami. Akan tetapi, jika produksi minyak berlebihan maka justru akan menyebabkan munculnya masalah pada kulit wajah diantaranya seperti jerawat komedo.

 

Penyebab wajah berminyak

1. Faktor keturunan

Salah satu yang menyebabkan wajah berminyak adalah faktor keturunan. Biasanya jika seseorang memiliki keturunan dengan wajah berminyak biasanya akan meningkatkan resiko dirinya juga memiliki wajah berminyak. Penyebab ini memang tidak bisa dihindari, akan tetapi saat tahu bahwa anda termasuk orang yang memiliki keturunan wajah berminyak, maka sebaiknya melakukan pencegahan.

2. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak

Apa yang kita makan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Hal ini tidak terkecuali pada kesehatan wajah. Makanan yang berminyak sudah barang tentu juga akan berpengaruh pada produksi minyak di kulit anda. Jadi, untuk mencegah wajah berminyak sebaiknya kurangi makanan seperti gorengan dan yang mengandung banyak santan.

3. Stres berlebih

Stres seringkali menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit. Munculnya jerawat dan minyak berlebih merupakan salah satu hasil dari stres. Jika kita dalam keadaan stres, maka kulit cenderung memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan biasanya. Untuk itu, menjaga mengatur tingkat stres sangatlah penting sekali untuk mengatasi wajah berminyak.

4. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan berubah-ubah seiring bertambahnya usia. Biasanya orang yang masih dalam masa remaja akan rentan mengalami beberapa masalah kulit seperti jerawat yang diakibatkan oleh produksi minyak berlebih. Minyak berlebih ini pada akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit karena akan menarik kotoran sehingga dapat menyebabkan jerawat.

5. Salah dalam memilih kosmetik

Kosmetik yang Anda gunakan bisa memicu kulit menjadi lebih berminyak. Jadi, sebelum anda melakukan langkah-langkah untuk mengatasi wajah berminyak sebaiknya pilih jenis kosmetik yang cocok untuk kulit wajah Anda. Ada beberapa kosmetik yang ternyata dapat meningkatkan produksi minyak dimana hal ini justru tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Jadi sebaiknya pilih kosmetik yang terdapat label non-comedogenic. Kosmetik semacam ini biasanya dirancang khusus untuk memicu munculnya minyak berlebih di wajah.

 

Cara mengatasi wajah berminyak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah berminyak secara alami. Diantaranya dengan menggunakan produk kecantikan yang sudah tersedia di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami. Menggunakan bahan-bahan alami sering dipilih karena memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik sekaligus aman digunakan jangka panjang.

Berikut rangkaian cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang insya Allah aman diterapkan jangka panjang:

1. Garam murni

Campur satu sendok teh garam laut dengan air untuk dibuat menjadi pasta yang halus. Oleskan ke wajah anda dan bagian leher yang berpotensi mengalami minyak berlebih. Setelah 5 sampai 10 menit cuci sampai bersih dengan air hangat.

Catatan: lakukan metode di atas tidak lebih dari 1 minggu sekali, karena terlalu sering dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

2. Baking soda

Cara mengatasi wajah berminyak dengan baking soda adalah: campurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam dua sampai tiga sendok makan air untuk membuat pasta yang halus. Oleskan pasta ini pada kulit wajah Anda kemudian cuci setelah mengering. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dimiliki baking soda dapat membantu mengurangi kelebihan minyak di wajah.

3. Bubuk kopi

Langkah pertama campurkan kopi bubuk dengan madu. Setelah itu gunakan pada wajah anda sambil sedikit menggosoknya dengan lembut. Jika sudah selesai langsung bilas dengan air hangat. Scrub wajah ini membantu mengelupaskan kulit sehingga sangat baik sekali untuk mencerahkan kulit sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih.

4. Santan kelapa

Santan kelapa adalah bahan alami yang cukup baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Penggunaan santan kelapa pada wajah secara rutin juga relatif aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.
Cara mengatasi wajah berminyak secara alami menggunakan santan kelapa cukup mudah. Langkah pertama, oleskan santan kelapa langsung pada bagian wajah dan leher. Selan membersihkan wajah dari minyak santan kelapa juga mampu menghilangkan kotoran sekaligus menghaluskan kulit secara alami.

5. Putih telur

Persiapkan 2 butir telur setelah itu pisahkan putih telur dari kuningnya. Kocok hingga berbusa kemudian aplikasikan ke kulit. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sampai mengering. Jika sudah selesai bersihkan wajah anda dengan air.

Alternatif lainnya campur jus lemon dengan putih telur kemudian aduk hingga merata. Oleskan di wajah anda dan biarkan selama 20 menit, setelah selesai bersihkan dengan air hangat.

6. Yoghurt

Kandungan asam laktat yang terdapat dalam yoghurt membantu mengelupaskan kulit, sehingga akan mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah. Cara mengatasi wajah berminyak dengan yoghurt: pertama oleskan 1 sendok makan yoghurt di wajah anda kemudian biarkan selama beberapa waktu sampai benar-benar kering. Lakukan secara rutin untuk membantu mencegah dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

7. Tomat

Tomat dikenal sebagai buah yang mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan penting lainnya. Dari kandungan nutrisinya tersebut membuat tomat sangat baik untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah menghilangkan minyak berlebih.

Caranya: haruskan buah tomat hingga benar-benar memiliki tekstur seperti pasta. Terapkan ke wajah anda dan tunggu hingga kering. Lakukan secara rutin untuk membantu Anda mengatasi wajah berminyak secara alami.
yang dapat menyebabkan jerawat.

8. Cuka sari apel

Campur ¼ cangkir cuka sari apel dan ¾ cangkir air. Gunakan untuk membasuh wajah anda. Kandungan asam Alfa hidroksi dalam cuka sari apel membantu melembabkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di wajah. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan satu sendok makan cuka sari apel dalam satu gelas air. Setelah itu, minum ramuan ini setiap hari sebelum tidur. Manfaat cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga mengurangi produksi minyak di wajah.

9. Susu

Untuk mengurangi minyak berlebih di wajah caranya: campurkan 2 sampai 3 tetes minyak lavender dalam setengah cangkir susu, kemudian oleskan ke wajah anda. Pijat selama 2 sampai 3 menit kemudian diamkan setidaknya selama 1 jam. Jika sudah selesai, Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat. Cara ini harus dilakukan secara rutin hingga minyak di wajah anda mulai berkurang.

10. Madu

Oleskan madu di wajah anda kemudian biarkan selama 15 menit. Cuci menggunakan air dingin. Madu memiliki sifat exfoliating yang dapat mengurangi kelebihan minyak di wajah. Selain itu, madu juga berguna membuka pori-pori sekaligus mencegah munculnya kerutan.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan madu yang lainnya adalah: campur beberapa kacang almond dengan madu. Setelah itu aplikasikan ke wajah Anda sambil sedikit memijatnya dengan lembut. Biarkan selama 5 sampai 10 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air hangat. Melakukannya secara rutin selain mengurangi kelebihan minyak di wajah, juga membantu meningkatkan elastisitas dan kesehatan kulit anda secara keseluruhan.

11. Mentimun

Cara mengatasi wajah berminyak dengan mentimun adalah: potong mentimun menjadi bagian yang tipis kemudian gosokkan ke wajah anda sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk membantu mengurangi kelebihan minyak di wajah. Cara lainnya: campur setengah parutan mentimun dengan setengah jus lemon. Oleskan ke wajah anda secara rutin selama beberapa hari. Campuran kedua bahan tadi merupakan obat rumahan yang cukup efektif untuk mengurangi minyak berlebih

12. Masker tanah liat

Ambil satu sendok makan tanah liat bentonit kemudian tambahkan dua sendok makan witch hazel, dan 2 tetes minyak lemon. Campur semua bahan tadi dengan benar hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama 10 menit sampai kering dengan sendirinya. Langkah terakhir, bersihkan wajah anda dengan air dingin.

13. Kulit jeruk

Kulit jeruk bukan hanya berguna mengusir nyamuk secara alami, tetapi juga membantu mengatasi wajah berminyak dengan mudah. Ambil beberapa kulit jeruk kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering haluskan menggunakan blender. Bubuk inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengatasi wajah berminyak secara alami.

Untuk menggunakannya, pertama campurkan 1- 2 sdm bubuk kulit jeruk dengan susu murni secukupnya. Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai bersihkan seperti biasa.

14. Es batu

Bungkus es batu dengan kain katun tipis kemudian gosokkan ke wajah Anda untuk menghilangkan minyak berlebih. Cara ini biasanya digunakan sebelum merias wajah agar make up lebih tahan lama.

15. Tepung maizena

Tepung maizena atau tepung jagung adalah bahan alami yang juga cukup baik digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Ambil beberapa sendok tepung maizena kemudian tambahkan dengan air secukupnya. Gosokkan ke kulit wajah anda dan cuci setelah 10 menit. Pasta tadi membantu mengurangi minyak di kulit wajah anda sekaligus membuatnya tampak bersinar alami. Baca juga Top 30 Cara memutihkan wajah secara alami, cepat dan efektif

 

Masker buah untuk wajah berminyak

16. Buah apel

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah menggunakan buah apel. Caranya: oleskan potongan buah apel ke wajah anda. Biarkan di wajah anda selama sekitar 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Metode lainnya, campurkan buah apel yang sudah dihaluskan dengan sedikit yoghurt dan jus lemon. Balurkan ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air dingin.

17. Jus lemon

Cara mengatasi wajah berminyak dengan lemon adalah: campur satu sendok makan jus lemon dengan dua sendok makan air. Aduk hingga tercampur dengan baik setelah itu aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih.

Atau Anda bisa mencampurkan satu sendok makan jus lemon, setengah sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu. Oleskan pasta ini ke wajah anda dan tinggalkan selama 15 menit. Jika sudah selesai, bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

18. Masker mangga

Mangga adalah buah-buahan yang diperkaya dengan vitamin C plus beberapa mineral penting lainnya. Kombinasi keduanya sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan kulit sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, masker mangga juga berguna memutihkan wajah secara alami. Jadi mangga merupakan paket yang lengkap untuk kecantikan wajah anda.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan mangga: haluskan mangga dengan cara ditumbuk atau diblender. Oleskan ke wajah anda dan pijat selama 5 menit. Mangga memiliki efek pendingin sehingga sangat baik digunakan pada wajah berminyak.

Artikel menarik: 16+ Cara menghilangkan komedo putih di hidung secara alami

19. Pepaya

Manfaat pepaya untuk wajah sangat banyak sekali, selain berguna menghilangkan komedo secara alami, pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan penghilang minyak berlebih. Caranya: campur pepaya yang sudah dihaluskan dengan oatmeal. Gosokkan secara lembut pada wajah anda selama 2 sampai 3 menit.
Melakukannya secara rutin bukan hanya membantu anda mendapatkan kulit wajah yang terbebas dari minyak berlebih, tetapi juga membuatnya tampak cerah secara alami.

20. Buah pisang

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dengan pisang tidak lah sulit. Caranya: haluskan setengah buah pisang berukuran sedang, setelah itu tambahkan dengan 1 sdt madu. Aduk kedua bahan tadi hingga berbentuk pasta kental. Gunakan sebagai masker wajah, dan bilas setelah 10 menit. Lakukan secara rutin, agar wajah anda terbebas dari minyak berlebih.

Demikian tadi cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bisa berguna untuk anda. Jika anda suka dengan artikel di atas, jangan sungkan untuk share ke teman-teman anda.