Manfaat Strawberry buat Ibu Hamil

manfaat strawberry buat ibu hamil

Manfaat strawberry buat ibu hamil – Makan buah selama kehamilan, seperti stroberi, sangat dianjurkan. Selain cita rasanya yang cukup lezat, buah ini juga bisa sangat bermanfaat untuk wanita hamil. Ingin tahu apa saja manfaat stroberi untuk ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

Didalam buah strawberry terdapat berbagai nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu serta janin yang ada dalam kandungan seperti vitamin C, gula, karbohidrat, antioksidan, serat, kalsium, kalium, asam folat, dan juga magnesium. Oleh karena itu, buah ini sangat cocok untuk digunakan sebagai snack sehat untuk wanita hamil.

Buah yang memiliki Latin Fragaria ananassa dapat dikonsumsi langsung oleh wanita hamil atau berubah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti jus atau smoothie, salad buah, es krim, pancake, kue, ataupun Jelly.

Nah, di sini adalah review lengkap manfaat strawberry buat ibu hamil yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi stroberi dengan rutin.

Baca juga: 12 Manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil

1. Manfaat Strawberry untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

manfaat strawberry buat ibu hamil
Sumber: https://genbest.id/

Selama kehamilan, kekebalan tubuh akan cenderung berkurang, sehingga ibu hamil sangat rentan terhadap berbagai infeksi penyakit. Nah, vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam stroberi dapat meningkatkan kekuatan sel-sel kekebalan tubuh dan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit pada wanita hamil.

2. Manfaat Strawberry untuk Mencegah Janin Cacat

Asam folat (vitamin B9) diperlukan oleh tubuh selama kehamilan, karena vitamin ini memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin normal. Dengan teratur mengkonsumsi stroberi segar setiap hari, wanita hamil dapat menghindari risiko kecacatan dan lapisan palsu.

3. Manfaat Strawberry untuk Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Wanita hamil sangat rentan terhadap anemia atau pengalaman darah kurang karena jumlah sel darah merah yang diperlukan untuk perkembangan janin. Kondisi ini tidak dapat dianggap diabaikan karena dapat menyebabkan bahaya bagi ibu hamil dan janin jika mereka ditinggalkan.

Bahaya yang mungkin terjadi meliputi risiko tumbuh kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, depresi postpartum dan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi salah satunya yaitu buah strawberry. Selain itu, Bumil juga harus mengkonsumsi vitamin prenatal yang teratur sesuai dengan saran dari dokter.

4. Manfaat Strawberry Sebagai Sumber Energi pada Ibu Hamil

Sebagai usia janin tumbuh, meningkat beratnya. Menyediakan kehamilan yang memiliki lebih banyak dan lebih pasti akan mampu mengalirkan kekuatan tubuh dan menyebabkan wanita hamil kelelahan.

Dalam kondisi seperti itu, stroberi dapat bertindak sebagai sumber energi karena mengandung banyak karbohidrat dan gula. Bumil dapat mencampur stroberi dengan sumber energi dan nutrisi lainnya, seperti pisang, kenari, oatmeal dan ubi jalar.

Baca juga: 22 Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil, kesehatan dan kecantikan

manfaat strawberry buat ibu hamil
Sumber: https://awsimages.detik.net.id/

5. Manfaat Strawberry untuk Menurunkan Tekanan Darah Ibu Hamil

Beberapa wanita hamil menjalani tekanan darah tinggi selama kehamilan. Tekanan darah yang terus meningkat selama kehamilan harus segera diobati, karena jika tidak, berisiko tinggi pra-sekolah pengalaman pra-sekolah.

Kandungan potasium pada stroberi tampaknya dapat membantu mengurangi tekanan darah ibu hamil. Selain itu, kalium juga memainkan peran penting dalam mengatasi kram pada kaki yang sering dialami ibu hamil.

6. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat stroberi lainnya dapat mengontrol kadar gula darah. Stroberi dikonsumsi oleh wanita hamil yang menderita diabetes gestasional, karena ini buah merah dapat memperlambat penyerapan gula usus dan mengurangi munculnya dorong insulin setelah makanan kaya karbohidrat biaya dibesarkan.

7. Menghidrasi Selama Kehamilan

Wanita hamil rentan terhadap dehidrasi karena kali ini kebutuhan cairan meningkat. Selain dengan mengkonsumsi cukup air, dengan makan strawberry dengan rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian ibu hamil. Bahkan, 90% dari buah-buahan ini adalah air sehingga sangat menyegarkan saat dikonsumsi.

8. Mengatasi sembelit

Sembelit saat sedang hamil adalah keluhan umum yang memanglah sering terjadi. Untuk membantu mangatasinya, ibu yang sedang hamil sangatlah dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi akan serat salah satunya adalah buah strawberry.

Baca juga: 17 Manfaat jamur untuk kesehatan dan ibu hamil

Demikianlah beberapa manfaat strawberry buat ibu hamil yang harus kamu ketahui. Namun selain mengkonsumsi buah stroberi, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang lainnya yaitu berbagai jenis buah, sumber lemak dan protein, sayuran, serta kacang-kacangan.