10 Manfaat lidah buaya untuk rambut dan cara menggunakannya

Rambut, tanaman
Manfaat lidah buaya untuk rambut
image from food.ndtv.com

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang sangat luar biasa. Serta informasi mengenai kandungan nutrisi di dalamnya dan bagaimana cara menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut. Lidah buaya merupakan tanaman sumper yang memiliki substansi seperti gelatin di dalamnya. Lidah buaya menjadi salah satu bahan utama nomor satu yang dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah pada rambut Anda. Lidah buaya merupakan tanaman semak dengan batang pendek yang memiliki duri di bagian samping.

 

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut sangat banyak sekali. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut mampu meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda secara alami. Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam lidah buaya yang berguna dalam meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut Anda:

Vitamin

Lidah buaya mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin C, E dan B12 yang kesemuanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda. Selain itu, lidah buaya juga diperkaya dengan betakaroten atau dalam istilah lain disebut vitamin A. Vitamin A dapat bertindak sebagai antioksidan yang berguna melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh debu dan polusi.

Mineral

Mineral membantu berbagai sistem enzim dalam tubuh kita untuk bisa berfungsi dengan baik. Hal ini pada gilirannya juga akan membuat kinerja organ-organ di dalam tubuh bisa berjalan dengan semestinya, tidak terkecuali rambut. Rambut membutuhkan asupan mineral untuk membuatnya tetap kuat dan sehat. Lidah buaya mengandung beberapa mineral seperti kalsium, zinc, kromium, magnesium, kalium dan sodium.

Asam lemak

Dalam lidah buaya terdapat banyak asam lemak seperti β-sisosterol, kolesterol, lupeol, dan campesterol yang kesemuanya sangat berguna dalam menunjang kesehatan rambut. Steroid tanaman ini memiliki sifat analgesik dan antiseptik yang berguna menyembuhkan luka. Hal ini sangat baik terutama bagi Anda yang memiliki masalah ketombe pada rambut atau luka di kulit kepala.

Enzim

Alasan utama kenapa manfaat lidah buaya untuk rambut sngat banyak adalah karena kandungan beberapa enzim di dalamnya. Beberapa enzim termasuk peroksidase, aliase, amilase, carboxypeptidase, alkalin fosfatase, bradikinase, dan katalis banyak ditemukan di tanaman lidah buaya. Bersama dengan asam lemak, enzim dalam lidah buaya berguna meningkatkan proses penyembuhan luka sekaligus mencegah peradangan.

 

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Dari ke semua kandungan nutrisinya tersebut, maka tidak mengherankan jika manfaat lidah buaya untuk rambut sangat mengagumkan. Untuk memperjelas mengenai Apa saja kegunaan lidah buaya, berikut informasinya untuk Anda:

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Lidah buaya memiliki beberapa komponen penting yang berguna meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Tanaman ini juga relatif lebih aman digunakan jangka panjang sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai efek sampingnya.

2. Mencegah ketombe di kulit kepala

Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti jamur yang berguna membunuh semua jenis jamur yang dapat meningkatkan resiko ketombe. Ketombe memang sangat mengganggu dan tentunya akan mengurangi penampilan seseorang. Lidah buaya bisa digunakan secara rutin untuk membantu Anda terbebas dari masalah rambut yang satu ini.

3. Mengurangi resiko rambut rontok

Masalah rambut rontok sering dialami oleh pria dan wanita. Rambut rontok bisa terjadi saat rambut mengalami kekurangan nutrisi dari dalam. Lidah buaya memiliki beberapa komponen penting seperti mineral, vitamin, dan enzim yang bermanfaat meningkatkan kekuatan rambut Anda sehingga mencegahnya dari kebotakan. Menggunakan lidah buaya setidaknya dua kali sebulan akan membantu mencegah rambut rontok.

4. Menebalkan rambut secara alami

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang tidak kalah pentingnya adalah berguna meningkatkan volume rambut. Rambut yang tebal adalah dambaan hampir semua wanita. Cara menebalkan rambut secara alami, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan melakukan perawatan mahal di salon. Karena ada bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menebalkan rambut dan bahan tersebut adalah lidah buaya. Lidah Buaya memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan bagi rambut untuk tumbuh lebih cepat sekaligus meningkatkan kualitasnya. Menggunakan lidah buaya secara rutin akan membuat rambut lebih tebal dan kuat sehingga terlihat tampak lebih sehat.

5. Mengurangi kelebihan minyak pada rambut

Produksi minyak berlebih pada rambut terkadang akan menghalangi jalur pita rambut sehingga membuatnya menjadi lebih kotor. Hal ini dapat memicu masalah rambut rontok. Untungnya lidah buaya mampu mengatasi masalah tersebut sehingga akan mengurangi kemungkinan munculnya berbagai macam masalah pada rambut. Kelebihan minyak pada rambut juga akan membuat penumpukan sel-sel kulit mati yang kemungkinan besar akan menghambat pertumbuhan rambut.

6. Menghitamkan rambut secara alami

Saya tidak pernah tahu kenapa banyak orang ingin memiliki rambut yang hitam. Mungkin mereka menganggap bahwa rambut yang hitam adalah rambut yang sehat. Jika anda termasuk orang yang ingin memiliki rambut hitam dan lebat, menggunakan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang baik. Lidah buaya mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut yang bukan hanya membuatnya lebih tebal dan kuat tetapi juga tampak hitam berkilau.

7. Menguatkan akar rambut

Untuk mendapatkan rambut yang kuat secara alami, hal yang paling penting adalah meningkatkan kekuatan akar rambut. Seperti halnya pohon, akar merupakan bagian yang sangat penting sekali dalam menjaga rambut agar tidak mudah rontok. Lidah buaya berguna melembabkan kulit kepala sehingga mencegah kekeringan. Kekeringan ini dapat membuat akar rambut menjadi lemah sehingga mudah mengalami kerontokan. Kandungan beberapa mineral penting dalam lidah buaya akan menutrisi rambut dari ujung sampai ke akar.

8. Menghaluskan rambut

Jika anda ingin memiliki rambut yang halus secara alami, penggunaan lidah buaya bisa menjadi pilihan yang tepat. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Menggunakan lidah buaya secara rutin setidaknya dua kali seminggu akan membantu Anda mendapatkan rambut yang lebat dan lembut.

9. Mengatasi rambut yang kusam

Rambut yang kusam membuatnya tampak tidak sehat. Untuk mengembalikan kilau alami rambut, yang anda butuhkan adalah melakukan perawatan menggunakan lidah buaya.

10. Melindungi rambut dari kerusakan

Kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, penipisan, dan uban menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Anda bisa mencegah kerusakan tersebut dengan menggunakan masker lidah buaya. Lidah Buaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan ini mampu melindungi rambut dari efek buruk radikal bebas.

 

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut

Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk rambut, sekarang mari kita mencoba membuat masker dari lidah buaya. Berikut beberapa metode penggunaan lidah buaya untuk rambut Anda:

1. Sebagai masker rambut

Langkah pertama, potong satu daun lidah buaya berukuran besar kemudian belah menjadi dua. Ambil gel dalam lidah buaya tersebut lalu masukkan ke dalam blender. Haluskan hingga teksturnya lebih encer, setelah anda mendapatkan pasta dari lidah buaya tadi, terapkan secara merata ke rambut dan kulit kepala anda. Cara ini cukup efektif untuk menghidrasi dan menyeimbangkan PH pada rambut.

2. Menggunakan lidah buaya sebagai shampo

Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai campuran sampo yang berguna memaksimalkan proses pembersihan kulit kepala dari kotoran dan minyak berlebih. Caranya cukup mudah, anda tinggal memijatkannya pada kulit kepala dengan seksama.

3. Lidah buaya sebagai conditioner alami

Efek pelembab yang dimiliki oleh lidah buaya mampu membuatnya menjadi conditioner alami yang cukup baik dalam melembabkan dan menghaluskan rambut anda. Caranya: terapkan gel lidah buaya pada rambut kemudian diamkan selama 15 menit. Jika sudah selesai bilas rambut Anda dengan sampo.

4. Masker lidah buaya dan minyak zaitun

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampur lidah buaya dengan minyak zaitun. Penggunaan kedua bahan ini akan merangsang folikel rambut di kulit kepala sehingga membuatnya tumbuh lebih cepat, lebat, dan hitam secara alami.

Cara agar rambut cepat panjang dengan lidah buaya adalah: pertama ambil gel lidah buaya yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Gunakan sebagai masker wajah dengan menerapkannya ke kulit kepala dan rambut dari akar hingga ke ujung. Tutupi kepala Anda dengan topi mandi lalu biarkan selama 20 menit. Langkah terakhir bilas sampai bersih.

Nah sekian informasi seputar manfaat lidah buaya untuk rambut dan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat mengagumkan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda seputar penggunaan lidah buaya.